Tips Menjaga Kulkas Tetap Higienis

Saat ini barang elektronik sudah menjadi kebutuhan hidup, bisa dibayangkan kalau saat ini tidak ada listrik yang bisa menyalurkan alat elektronik, tentunya semua tidak akan ada gunanya. Begitu pula dengan alat elektonik, bagaimana jadinya kalau saat ini tidak ada berbagai barang yang bisa membatu segala aktivitas harian, tentu sangat merepotkan. Dan bagaimana juga bila bahan makanan dan makanan yang ada hanya bisa digunakan sekali pakai, tentu akan membuat hidup menjadi boros, hal inilah yang menjadikan kulkas atau mesin pendingin menjadi sangat dibutuhkan. Namun, untuk menjaga agar  kulkas tetap bersih, maka di bawah ini akan disampaikan tips menjaga kulkas tetap higienis.

Tips Menjaga Kulkas Tetap Higienis
Foto: housekeeping.

Kulkas, barang eletronik ini sudah tidak menjadi barang elektronik mewah yang tidak bisa dijangkau masyarakat, sepertinya memiliki kulkas sudah menjadi hal biasa bahkan menjadi salah satu barang wajib yang harus ada di rumah. Sebagai tempat untuk menyimpan makanan dan jugan bahan-bahan makanan, tentu saja Anda harus selalu menjadi kebersihan kulkas. Hal ini disebabkan aroma makanan yang disimpan di dalam kulkas bisa mengendap dan menjadikan bagian di dalam kulkas menjadi berbau atau bahkan bisa mencemari makanan lainnya.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tetap Higienis

Fungsi kulkas sebagai tempat untuk menyimpan makanan menjadikan kita harus memperhatikan dan merawatnya dengan baik. Hal ini tidak saja dilakukan agar kulkas bisa tahan lama, namun juga untuk menghindari kontaminasi makanan yang disebabkan oleh suhu yang tidak dingin atau bahkan bagian dalam kulkas yang kotor.

Baca juga: Tips Mendeteksi Kerusakan pada Freezer.

Untuk itu agar kulkas tetap higienis, maka harus dibersihkan secara berkala, dengan cara sebagai berikut:

  1. Matikanlah aliran listrik pada kulkas sebelum membersihkan bagian dalam kulkas. Sambil menunggu bunga es pada freezer dan pada dinding kulkas mencair, keluarkan seluruh isi makanan dari dalam kulkas. Periksalah kembali seluruh makanan yang ada dan periksa tanggal kadaluwarsanya. Buanglah makanan dan sayuran yang sudah membusuk, karena bisa menimbulkan bakteri yang hidup di dalam kulkas.
  2. Bersihkan bunga es di dalam freezer agar keseimbangan suhu kulkas bisa tetap terjaga dan bisa beroperasi dengan baik. Saat membersihkan bunga es yang keras, jangan menggunakan benda yang tajam untuk mengangkatnya, karena bisa merusak lapisan freezer. Sebelum membersihkan kulkas, Anda bisa menekan defrosting agar bunga es mencair.
  3. Bersihkan bagian laci dan juga rak pada kulkas dengan menggunakan sabun sampai bersih, kemudian keringkan. Jangan lupa untuk membersihkan tumpahan makanan yang ada, karena bisa mengotori permukaan plastik secara permanen.
  4. Yang perlu diperhatikan juga adalah jangan lupa membersihkan bagian luar kulkas. Untuk membersihkan bagian luar kulkas, Anda bisa menggunakan larutan busa dengan sabun lunak atau bisa juga menggunakan deterjen dengan suhu hangat dan basuhlah dengan kain lap basah, baru kemudian keringkan.
  5. Dari berbagai hal di atas yang harus dilakukan, hal utama yang harus dilakukan adalah usahakan agar kulkas selalu beroperasi dalam keadaan sempurna. Perhatikan pula suhu kulkas, karena bila tidak dingin bisa merusak makanan dan bisa menimbulkan bakteri maupun bau yang tidak diundang. Olah karena itu, aturlah suhu kulkas pada posisi yang tepat dan jangan menempatkan kulkas terlalu dekat dengan sinar matahari, dinding atau bahkan sumber panas yang lain. Suhu kulkas yang tidak dingin bisa jugadisebabkan karena sering membiarkan pintu kulkas terbuka, terlalu banyak makanan yang disimpan atau bisa juga karena freon yang habis.

Itu dia sedikit informasi dan tips menjaga kulkas tetap higienis. Semoga dengan melakukan perawatan dan membersihkan secara berkala, kulkas bisa tetap bekerja dengan sempurna dan higienis sehingga kondisi dan kesegaran makanan selalu terjaga.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kulkas Tetap Higienis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel