Tips Mengendarai Mobil Di Dalam Kota

Saat ini mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan, apalagi di dalam kota, kebutuhan akan rasa aman dan nyaman menjadi hal utama dalam memilih mobil, khususnya untuk Anda yang setiap hari selalu menggunakan mobil saat pergi bekerja, mungkin tidak hanya untuk bekerja saja, namun banyak kebutuhan lainnya yang harus Anda lakukan dengan mengendarai mobil, entah hanya sekedar menikmati jalan-jalan atau sekedar menikmati waktu senggang. Karena sudah menjadi kebutuhan tentunya memiliki tips mengendarai mobil di dalam kota dengan aman menjadi hal yang harus dilakukan, tidak hanya sekedar tips saja, namun catatan ini bisa menjadi pedoman apalagi untuk Anda yang selalu menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan.

Tips Mengendarai Mobil Di Dalam Kota
Mengendarai mobil di dalam kota (Sumber gambar: gettyimages.com)

Memiliki dan memilih mobil saat ini tidak hanya sebagai sebuah gengsi saja, namun bagi Anda yang harus menggunakan mobil karena kekhawatiran belum bisa mengemudikan motor, mobil menjadi sebuah pilihan dan menjadi kebutuhan utama. Apalagi mengendarai mobil di kota besar, seperti di Jakarta atau di Surabaya yang membutuhkan kesabaran dan memiliki tantangan tersendiri. Kondisi lalu lintas yang padat, polusi ditambah dengan kekhawatiran tindak kejahatan menjadi hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa aman dalam mengemudi.

Cara Mengendarai Mobil dengan Aman di Dalam Kota

Menggunakan kendaraan, khususnya mobil dengan aman, apalagi untuk kebutuhan berkendaran di dalam kota yang cenderung padat, maka memilih mobil dengan ukuran yang lebih kecil sepertinya menjadi pilihan yang tepat, selain agar lebih gesit di jalan raya, juga terdapat hal lain yang harus menjadi pertimbangan saat mengendarai mobil di dalam kota.

Baca juga: Tips Mengendarai Mobil Agar Pandangan Lebih Jelas.

Terdapat beberapa tips mengendarai mobil di dalam kota, yang bisa menjadi pedoman untuk Anda agar bisa mengemudikan mobil dengan aman dan nyaman, antara lain:

  1. Periksalah selalu persediaan bahan bakar, khususnya bagi Anda yang tidak memiliki jadwal pembelian bahan bakar. Apabila diperkirakan bahan bakar yang ada kurang dari seperempat tangki maka alangkah baiknya Anda segera menambah dan mengisi bahan bakar untuk mengantisipasi jika terjebak dalam kemacetan. Apabila mobil yang digunakan digunakan pada rute yang sama setiap harinya, alangkah baiknya Anda segera mencari jalan alternatif yang lebih pendek dan juga mencari jalan yang tidak terlalu macet. Selain bisa menghemat waktu, juga bisa menghemat pemakaian bahan bakar.
  2. Selalu menjaga sikap saat mengemudi, salah satunya adalah dengan tidak memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Hal ini selain tidak membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi bisa membahayakan keselamatan Anda dan juga orang lain, mengingat padatnya lalu lintas di daerah perkotaan. Yang perlu diperhatikan adalah agar tidak sembarangan dalam pindah jalur, selain harus sabar, juga Anda harus memikirkan para pengguna jalan yang lain.
  3. Sesekali bunyikan atau setel gelombang radio yang menyiarkan informasi seputar kondisi lalu lintas. Kalau bisa simpanlah nomor gelombang radio dalam memori tape agar mudah mencarinya kembali. Informasi tersebut biasanya akan menginformasikan tentang kemacetan jalan, penutupan jalan karena pembangunan tentu akan sangat berguna saat mengemudi di kota besar seperti di Jakarta.
  4. Jangan mudah terpancing emosi, karena mengemudikan mobil sangat akrab dengan kemacetan. Emosi tidak akan membawa Anda keluar dari masalah, malah akan menimbulkan masalah baru dengan pengendara lainnya. 
  5. Jangan lupa untuk memasang perangkat keamananan mobil lainnya, seperti alarm dan kunci setang untuk menghindari mobil dari tangan-tangan jahil.

Itu dia sedikit “tips mengendarai mobil di dalam kota”, semoga Anda bisa mengendarai mobil dengan aman dan nyaman.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengendarai Mobil Di Dalam Kota"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel