Operasi Plastik dan Tips Sehatnya

Operasi Plastik dan Tips Sehatnya - Memiliki wajah menawan, baik cantik ataupun ganteng sepertinya menjadi dambaaan setiap orang, bahkan tidak sedikit mereka yang rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk bisa mendapatkan wajah rupawan tersebut. Tidak hanya artis bahkan para pesohor negeri ini rela melakukan permak wajah dan tubuhnya agar terlihat menjadi menawan. Coba lihat seperti deretan artis ini, Nikita Mirzani, Bella Shofie, Femmy Permatasari, bahkan selebgram terkenal seperti Awkarin rela merogoh uangnya untuk melakukan operasi plastik. Masih ingat dengan artis Becky Tumewu yang melakukan operasi plastik pada payudaranya? Ternyata operasi plastik tidak melulu dilakukan pada wajah saja ya. 

Terinspirasi dari berbagai pertanyaan yang hinggap di benak kita, dan juga sedikit pertanyaan sepele, dan juga berbagai tulisan di mediam salah satunya di Intisari Edisi No. 543 yang ditulis oleh M. Sholekhudin yang membahas tentang “Jangan asal operasi plastik”, maka berbagai tulisan di bawah ini akan memberikan gambaran umum tentang operasi plastik yang sebenarnya boleh dilakukan.

Operasi Plastik adalah Rekonstruksi yang Dilakukan untuk Perbaikan Kualitas Fisik Tubuh

Berbicara tentang operasi plastik saat ini, tentunya akan sangat berbeda bila membicarakan dengan tema ini pada jaman dahulu. Operasi plastik pada jaman dahulu dianggap tabu, namun berbeda dengan sekarang yang sudah menganggap operasi plastik sebagai hal biasa, apalagi yang bertujuan untuk kecantikan atau yang disebut dengan bedah plastic estetik. Hal ini bisa Anda lihat diberbagai media gossip baik, di media elektronik, digital dan media cetak, yang sudah semakin banyak para artis yang terang-terangan melakukan operasi plastik dengan tujuan agar bisa tampil lebih cantik atau lebih ganteng.

Operasi Plastik dan Tips Sehatnya
Operasi plastik (Sumber gambar: thefix)

Mengambil definisi operasi plastik dari docdoc.com yang menyampaikan bahwa operasi plastik merupakan sebuah tindakan kedokteran yang fokus dengan menitikberatkan pada rekonstruksi atau perbaikan cacat dan juga kekurangan fungsional pada fisik pasien yang disebabkan karena penyakit, cedera, penyakit bawaan dan pembedahan yang pernah dijalaninya.

Tujuan utama dilakukannya operasi plastik adalah untuk mengembalikan fungsi tengkorak, kulit dan juga struktur rahang wajah, sistem otot tulang belakang, payudara, kaki, tangan dan juga alat kelamin melalui sebuah bedah perbaikan. Dalam hal ini, bedah plastik yang dilakukan juga meliputi rekosntruksi estetika dan juga tindakan bedah dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas fisik yang tidak diharapkan atau tidak diinginkan dari struktur tubuh normal.

Baca juga: Virus Corona Bermutasi dan Langkah Pencegahannya.

Memang terdapat beberapa pengalaman setelah melakukan bedah plastik, ada yang lebih percaya diri, namun ada juga yang menyesal. Salah satu artis yang merasa lebih nyaman setelah melakukan operasi plastic adalah Becky Tumewu. Becky melakukan operasi plastik di payudara, Becky juga pernah mengatakan bahwa sejak remaja  Becky merasa kurang nyaman dengan payudaranya yang besar sebelah, meskipun dokter mengatakan bahwa perbedaan itu masih dalam taraf normal. Saat menjadi artis, Becky dituntut untuk sering menggunakan pakaian yang sesuai dengan perannya, namun perbedaan ukuran payudara kerap menimbulkan masalah. Berbagai cara dilakukannya mulai dari akupuntur sampai menyumpal bra yang digunakannya. Akhirnya berbekal informasi yang dikumpulkannya, Becky memutuskan untuk melakukan operasi plastik. 

Tips Sehat Operasi Plastik

Sebagai salah satu cara untuk memperbaiki penampilan, tentunya banyak hal yang harus dipahami dan dimengerti oleh Anda yang ingin merubah penampilan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah operasi plastik adalah salah satu operasi yang sangat mahal, bahkan rentang biayanya bervariasi dari yang beberapa juta sampai dengan miliar rupiah. Besarnya biaya ini dipengaruhi oleh sedikit banyaknya operasi yang dilakukan.

Bahkan menurut dr Chaula Luthfia Sukasah, Sp.B, Sp.BP (K) yang pernah menjadi Kepala Divisi Bedah Plastik, FKUI /RSUPN Cipto Mangunkusumo, yang menyampikan, “Tidak jarang karena ingin tampil cantik secara instan dan murah, banyak orang pergi ke salon untuk menjalani suntik silikon. Mereka kebanyakan menyamakan urusan permak badan ini dengan creambath atau pedicure-manicure. Padahal urusan permak tubuh ini hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah. Dan hal ini tidak semua dokter bedah. Harus dokter bedah plastik. Hal in bisa dilihat dari gelar dibelakangnya yaitu Sp.BP (Spesialis Bedah Plastik). Diluar itu jangan!!!”.

Tips sehat operasi plastik yang dinukil dari Intisari, antara lain:

  1. Tekankan bahwa perubahan fisik  melalui operasi plastik, bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan self esteem.
  2. Jika sudah mantab, pastikan motivasi untuk melakukan operasi plastik sudah benar. Keinginan untuk melakukan operasi harus dari diri sendiri. Bukan karena ikut-ikutan atau paksaan dari orang lain.
  3. Setelah memiliki niat dan keyakinan yang kuat, maka kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin sebelum melakukan keputusan untuk operasi plastik.
  4. Pastikanlah untuk pergi ke tempat operasi plastik yang terpercaya (Rumah sakit besar biasanya memiliki spesialis dokter bedah plastik).
  5. Kalau belum terkumpul cukup uang, maka kumpulkan dan tabunglah tabungan sampai cukup.
  6. Jangan pernah sekalipun untuk tergiur melakukan operasi plastik dengan harga murah apalagi tidak legal. Taruhannya adalah nyawa. Operasi plastik, baik operasi plastik estetik hanya boleh dikerjakan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Mendapatkan wajah dan tubuh yang menarik adalah harapan semua orang tidak hanya wanita saja. Semoga informasi tentang “Operasi Plastik dan Tips Sehatnya” memberikan manfaat dan juga mengingatkan hal terbaik bila Anda menginginkan perbaikan tubuh. Namun yang menjadi catatan adalah selalu bersyukur atas kenikmatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Terbaik menjadi hal utama untuk selalu mensyukuri nikmat Tuhan. Terima kasih dan salam sehat selalu.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Operasi Plastik dan Tips Sehatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel