Tips Mengendarai Mobil Agar Pandangan Lebih Jelas

Mengendarai mobil dengan aman dan nyaman tentunya menjadi harapan bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan, apalagi perjalanan jauh. Untuk bisa mendapatkan rasa aman dalam mengemudi tentunya terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, mulai dari hal kecil sampai hal besar. Tentunya Anda yang sudah terbiasa mengendarai mobil sudah memahami yang dimaksud dengan mengendarai mobil dengan aman. Selain kemampuan dalam mengemudi yang baik, keselamatan berkendara juga ditentukan oleh pandangan yang sempurna. Terinspirasi dengan hal tersebut, maka di bawah ini akan disampaikan tips mengendarai mobil agar pandangan lebih jelas.

Tips Mengendarai Mobil Agar Pandangan Lebih Jelas
Mengendarai mobil dengan pandangan yang jelas (Foto: playnj.com)

Mendapatkan jarak pandang yang sempurna bagi sebagian orang dianggap hal kecil atau hal sepele, namun hal tersebut menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena kondisi lingkungan, keadaan jalan dan cuaca sering membuat pandangan pengemudi mobil menjadi terbatas atau merasa terganggu.

Cara Aman Mengendarai Mobil Agar Pandangan Lebih Jelas 

Salah satu cara agar selalu aman dalam melakukan hal apa pun termasuk dalam mengemudikan mobil adalah tidak menyepelekan hal kecil. Bisa diakui bahwa tidak jarang kecelakaan terjadi disebabkan karena faktor menyepelekan hal kecil tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan pandangan yang jelas saat mengendarai mobil, antara lain:

  1. Memastikan kaca mobil tetap terjaga kondisi dan kebersihannya. 
  2. Selalu periksa kondisi wiper mobil.
  3. Pastikan lampu depan mobil selalu dalam keadaan baik.
  4. Setelah semua hal tersebut dirasa aman, maka yang harus dijaga adalah mata sang pengendara agar tidak bermasalah.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Waktu Malam.

1. Memastikan kaca mobil tetap terjaga kondisi dan kebersihannya. Kaca yang mengalami retak, berdebu dan terdapat serangga yang menempel, sering mengganggu pandangan saat berkendara. Begitu pula saat Anda akan memasang kaca film, pilihlah kaca film yang tidak terlalu gelap, agar kondisi jalan terlihat dengan jernih khususnya pada malam hari.

Segera lakukan perbaikan segala kerusakan pada kaca mobil, karena kalau dibiarkan, maka kerusakan akan terjadi semakin membesar dan semakin mengganggu pandangan. Hal ini berlaku juga untuk kaca spion mobil.

2. Selalu periksa kondisi wiper mobil. Wiper menjadi hal yang sangat penting, khususnya pada musim penghujan. Apabila wiper tidak bisa digunakan lagi untuk membersihkan kaca dengan sempurna, maka segera ganti dengan wiper yang baru. Pilihlah karet wiper yang bisa menyapu air hujan dengan baik.

Periksalah wiper secara rutin, temperatur yang tinggi, senyawa kimia yang beterbangan di jalan dan juga cuaca yang tidak menentu bisa menjadi penyebab usia wiper menjadi cepat rusak. 

3. Pastikan lampu depan mobil selalu dalam keadaan baik. Apabila kaca lampu sudah mulai buram atau bahkan mengalami keretakan, maka segeralah ganti, karena bagaimanapun sinar lampu yang baik akan sangat membantu saat berkendara pada malam hari atau di tengah cuaca yang buruk.

Hal ini berlaku pula dengan lampu belakang dan lampu sein, karena yang menjadi inti utama bukanlah bagaimana agar jarak pandang aman, namun juga bagaimana agar pengendara lainnya bisa melihat Anda dengan aman.

4. Setelah semua hal tersebut dirasa aman, maka yang harus dijaga adalah mata sang pengendara agar tidak bermasalah. Hal ini merupakan faktor utama dan yang harus dijaga setelah faktor dari kondisi mobil diperhatikan. Karena akan menjadi percuma apabila kaca dan lampu mobil sudah diganti namun mata sang pengendara terganggu.

Itu dia sedikit “tips mengendarai mobil agar pandangan lebih jelas”, semoga bermanfaat dan Anda selalu bisa mengendarai mobil dengan aman dan nyaman.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengendarai Mobil Agar Pandangan Lebih Jelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel