Tips Aman Mengemudi di Waktu Malam

Kesibukan dan padatnya aktivitas, tidak jarang membuat seseorang harus menyeleaikan pekerjaannya sampai larut malam, hal ini mengakibatkan mereka harus pulang ke rumah pada malam hari, apalagi bagi mereka yang bekerja di kota besar. Selain untuk menghindari macet dan menyelesaikan pekerjaan, pulang malam memang sangat sering dilakukan agar perjalanan bisa dilakukan dengan lancar. Namun, terdapat hal-hal yang harus dipahami dan diperhatikan saat menegndarai kendaraan di malam hari, apalagi bagi Anda yang hidup di kota besar, seperti di Jakarta. Oleh karena itu, tips aman mengemudi di waktu malam, sengaja dibagikan untuk saling mengingatkan dan bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Tips Aman Mengemudi di Waktu Malam
Foto: driving-tests.org

Berkendara di waktu malam, saat ini memang sudah tidak bisa dihindari dan bagi Anda yang bekerja di kota besar sudah menjadi hal biasa. Bagi pengendara mobil, hal ini menjadi sebuah pilihan dan juga menjadi hal yang wajar mengingat antrian kendaraan yang panjang dan sering membuat emosi para pengemudi mobil menjadi tidak terkendali.

Tips Mengendarai Mobil Malam Hari

Seiring dengan berkurangnya intensitas cahaya, yang harus disadari adalah terdapat bahaya yang turut mengintai, apalagi bagi mereka yang kurang cermat dalam mengemudi.

Baca juga: Tips Mencegah Kehilangan Mobil.

Di bawah ini akan disampaikan hal-hal yang harus dilakukan sebelum dan saat mengendarai mobil pada malam hari agar selamat sampai tujuan, antara lain:

  1. Bersihkan kaca jendela. Kaca yang kotor akan mengurangi jarak pandang pengendara, maka yang harus dilakukan adalah membersihkan kaca secara teratur dan juga menjaga penampungan air pembersih kaca tetap penuh menjadi hal yang harus dilakukan.
  2. Meluruskan arah sorot lampu utama, agar bisa mendapatkan pandangan yang optimal. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara mengganti bohlam lampu biasa dengan lampu halogen atau bisa juga dengan melengkapinya dengan satu set lampu kabut untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Hal yang sama bisa dilakukan dengan menambahkan lampu rem dengan tujuan untuk mengurangi risiko tertabrak dari belakang.
  3. Simpan selalu pembersih kaca dan juga lap di mobil yang bisa digunakan setiap saat untuk membersihkan semua lampu.
  4. Bersihkan selalu mobil Anda, mobil yang bersih akan bisa memantulkan cahaya lebih baik. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menambahkan “mata kucing” pada sisi bemper atau disisi mobil, yang membantu, selain itu bisa menjaga jarak bagi para pengendara.
  5. Saat mobil tiba-tiba mogok, segera hidupkan lampu segitiga dan juga pasang segitiga pengaman.
  6. Selalu waspada. Setelah seharian menjalani aktivita yang sibuk, maka reflek dan reaksi menjadi berkurang. Hal ini diperparah dengan timbulnya rasa kantuk. Apabila mengantuk, beristirahatlah sejenak dan jangan lupa untuk membawa makanan sebagai pengganjal perut.
  7. Kurangi kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

Itu dia sedikit tips aman mengemudi di waktu malam. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi untk Anda dalam mengemudi di malam hari.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Mengemudi di Waktu Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel