Resensi Novel “Usai” Buku 1

Satu lagi karya terbaik Ra Amalia yang disuguhkan bagi para pecinta novel Indonesia. Sama seperti novel sebelumnya, kali ini novel yang disajikan adalah novel yang berlatar kisah cinta dua anak manusia yang tentunya akan menghibur pembaca setianya. “Usai” menjadi sebuah judul novel terbaru yang memberikan kisah menarik, dengan berbagai alur yang akan membuat Anda para pecinta novel karya Ra Amalia penasaran untuk menghabiskan novel menarik ini. Sebenarnya terdapat dua buku yang saling berkelanjutan yaitu “Usai” buku 1 dan buku 2. Tentunya cerita didalamnya meberikan kisah yang berbeda dengan alur yang sama. Pada kesempatan kali ini resensi novel “Usai” buku 1 ingin menunjukkan pada Anda, pembaca setia novel karya Ra Amalia bahwa novel ini wajib Anda miliki.

Usai menjadi judul yang singkat dengan alur cerita yang penuh tanda tanya. TIdak seperti novel karya Ra Amalia sebelumnya dengan alur biasa kemudian menjadi menegangkan. “Usai” memberikan kisah tanda tanya di awalnya, bahkan bisa dikatakan membingungkan, baru kemudian di tengah cerita, Anda akan memahami bagaimana kisah cerita novel ini.

Resensi Novel “Usai” Buku 1;
Novel “Usai” Buku 1

Identitas Buku:

  • Judul buku: Usai – Buku 1
  • Nama pengarang: Ra Amalia
  • Penerbit: Karos Publisher.
  • Tahun terbit: 2021. 
  • Ketebalan: 415 halaman.
  • Nomor edisi buku: 978-623-6947-31-9.

Resensi Buku “Usai” Karya Ra Amalia

Berbeda dengan novel karya Ra Amalia sebelumnya. Usai menjadi sebuah kisah dua anak manusia, yaitu Kasyea Rora dan Bahran Aizar. Bahkan karena sangat dekatnya, menjadikan keluarga Rora dan Aizar sering menikmati waktu bersama. Di awal bab, mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cerita dalam alur ini, karena hanya menceritakan masa kecil Rora dan Aizar, yang dipenuhi dengan kisah cinta monyet yang lucu dan menggemaskan. 

Sampai pada suatu ketika, terjadi hal yang menyedihkan saat Juliana tertabrak dan meninggal yang menjadi terbukanya tabir kisah sedih yang memutar balik kisah dalam novel “Usai”. Cerita damai menjadi cerita yang mengagetkan, ternyata Juliana adalah buah terlarang antara Faiha (Ibu Aizar) dan Fahmi(Ayah Rora). Hal ini pula yang menjadi pukulan berat bagi Aizar saat mengetahui ayahnya Pak Hardi bunuh diri dengan meminum sebotol obat tidur. 

Baca juga: Resensi Novel “Ruang”.

Yang mengakibatkan Aizar tumbuh rasa kebencian luar biasa, dan menculik Rora dan menikahinya dengan cara yang belum tahu benar atau salahnya, yang penting terdapat wali dan saksi. Sampai pada akhirnya tumbuh janin dalam perut Rora, yang mengakibatkan Pak Fahmi sebagai hakim terkenal di kotanya memutuskanuntuk pindah ke kota lain, karena rasa malu atas apa yang terjadi pada Rora.

Resensi Novel “Usai” Buku 1;Resensi Buku “Usai” Karya Ra Amalia;
Novel “Usai” Buku 1

Kebencian, dendam dan ingin membalaskan sakit hatinya atas kehilangan ayahnya selalu muncul dalam hati seorang Aizar, hingga tujuh tahun kemudian saat Aizar berhasil melacak dan menemukan Rora yang dianggapnya menjadi istrinya, dan Aizar sudah menjadi seorang Jaksa yang sangat disegani di kota dimana Rora tinggal. Hingga pada suatu saat Aizar mengetahui bahwa Pak Fahmi sangat menderita karena kanker paru dan hanya memiliki satu kaki, yang membuat Aizar menurunkan rasa dendam dan memahami bahwa Pak Fahmi bukan lagi musuhnya.

Untuk kisah menarik selanjutnya Anda bisa membaca selengkapnya pada “Usai” Buku 1 dan kelanjutannya pada Buku 2 yang dalam proses pembeliannya harus dibeli menjadi satu.

Kelebihan Novel “Usai”

Sama halnya kisah cerita dalam novel yang ditulis Ra Amalia yang memiliki pelajaran dalam setiap kisahnya. Bahkan beberapa hal buruk yang ditutupi pun akhirnya terbuka dengan sendirinya saat meninggalnya Juliana. Hubungan gelap antara Pah Fahmi (Ayah Rora) dan Ibu Faiha (Ibu Aizar) ketahuan Pak Hardi suami Ibu Faiha yang menjadikan Pak Hardi bunuh diri.

Baca juga: Resensi Novel “Pekat”.

Bahkan berbaik sangka atas takdir juga menjadi pelajaran terbaik, saat cuplikan kisah pada halaman 376, yang dikisahkan oleh Rora, “… kita tidak bisa memilih takdir, tapi bisa belajar untuk menerima ketentuan Tuhan”.

Kekurangan Novel “Usai ”

Berbiacara tentang kekurangan, tentunya semua karya pasti memiliki kekurangan. Yang menjadi kekurangan hanyalah pada saat kisah mulai terbuka, cerita mulai menarik, harus dilanjutkan pada buku ke dua. 

Itu dia sedikit resensi novel “Usai” buku 1 yang memberikan informasi untuk anda, yang ingin mendapatkan novel menarik karya Ra Amalia.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Novel “Usai” Buku 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel