Tips Agar Rumah Tidak Gerah

Memiliki rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan tentunya menjadi harapan siapa pun yang ingin membeli rumah baru atau yang ingin membangun rumah. Tentunya banyak hal yang harus dilakukan agar rasa nyaman didapatkan di rumah. Tentunya hal ini kembali lagi pada jenis iklim, begitu pula Indonesia yang merupakan negara yang memiliki iklim tropis lembab yang khas. Iklim ini tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan para penghuni rumah. Iklim tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi dalam setahunnya menuntut desain rumah tinggal harus lebih adaptif. Hal ini pula yang memberikan banyak inspirasi, begitu pula dengan tips agar rumah tidak gerah agar para penghuni bisa tinggal di rumah dengan betah dan nyaman.

Dengan perkembangan teknologi termasuk desain rumah, hal ini pada akhirnya melahirkan desain rumah tropis yang sangat adaptif dan menyenangkan yang dilakukan dengan memanfaatkan elemen udara dengan tujuan agar tetap nyaman saat berada di dalam rumah.

Cara Membuat Rumah Sejuk Alami

Sedikit terinspirasi dengan yang disampaikan Ir. Uniek Praptiningrum dalam bahasan arsitektur dalam Majalah Mossaik, arti rasa nyaman dalam hubungannya dengan udara, berarti dua hal, antara lain:

  1. Nyaman dikarenakan udara yang didapat merupakan udara yang bersih, sehingga membuat para penghuni rumah menjadi sehat dan nyaman.
  2. Nyaman yang disebabkan udara yang menerpa cukup nikmat untuk dirasakan tubuh, hal ini disebabkan hembusan udara pada tubuh.

Rasa nyaman yang timbul di sebuah rumah, disebabkan karena: 

  • Udara yang mengisi ruang-ruangan memadai.
  • Pergantian udara didalamnya terjadi dengan baik.

Untuk itu, dibutuhkan sirkulasi udara yang ideal, tentunya dengan cara-cara yang alami, pada prinsipnya harus ada perbedaan suhu, dari dingin ke suhu panas atau perbedaan tekanan udara dari yang bertekanan rendah ke tempat yang bertekanan tinggi. Agar udara bisa terus mengalir maka harus ada perbedaaan  suhu atau tekanan tersebut, karena apabila tidak terdapat perbedaan suhu maka tidak akan ada aliran yang timbul yaitu suhu yang makin panas, karena udara yang diam tersebut.

Tips Agar Rumah Tidak Gerah
Foto: www.air-control.co.uk

Untuk itu, sebagai solusi maka upaya praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan  menggunakan peralatan yang sedikit banyak bisa membantu seperti memasang kipas angin atau bahkan AC, namun untuk bisa membantu aliran uadara, bisa juga dibuatkan lubang untuk menggerakkan udara.

Hal yang paling mudah dan bisa dilakukan adalah membuat aliran udara secara alami yang dimaksudkan agar udara mengalir keluar masuk secara optimal di dalam rumah yaitu dengan cara memberikan jalan agar udara tersebut bisa bergerak. Namun pada kenyataannya, kebanyakan rumah ukuran menengah  yang ada sering hanya dijumpai memiliki satu pintu sebagai satu-satunya bukaan.

Baca juga: Rumah Impian.

Yang ideal adalah ruangan untuk rumah membutuhkan bukaan yang optimal, yang setidaknya memenuhi cross ventilation. Seperti dalam membuat ruang yang digunakan sebagai pusat pertemuan dari penghuni rumah, yang otomatis membutuhkan aliran sirkulasi udara yang lebih besar. 

Dari berbagai bangunan yang mungkin sering Anda kunjungi, tentunya Anda bisa membandingkan ada yang berbeda, contohnya desain rumah peninggalan jaman kolonial yang memiliki ciri khas, yaitu selain bentuk bangunannya yang tinggi, juga pada beberapa bagian memperlihatkan sisi bagian yaitu yang sangat memperhatikan sirkulasi udara, hal ini dilakukan untuk kebutuhan sirkulasi udara dalam mengatasi iklim tropis.

Contoh yang bisa dilihat dengan rumah model kuno jaman kolonial adalah di bagian bawah atap, sering dijumpai lubang-lubang angin yang merupakan bukaan untuk sirkulasi udara dalam ruang antara atap rumah dengan plafon. Hal ini menjadi sangat bermanfaat, mengingat panas yang menerpa atap atau genteng merambat turun, sehingga akan membuat para penghuni dibawahnya akan merasa gerah dengan suhu tinggi di dalam rumah. Maka dengan adanya lubang di ruang bawah atap akan membantu mengurangi suhu tinggi yang ada didalamnya. Dari lubang tersebut akan masuk udara dan membawanya keluar melalui lubang yang lain. Hasilnya, suhu udara akan turun di dalam rumah menjadi relatif lebih dingin. 

Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah

Mendapatkan rasa nyaman dan tenang bisa didapatkan dengan adanya sirkulasi udara yang maksimal di dalam rumah. Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mengatur aliran udara dalam rumah, seperti dikutip dari Majalah Mossaik, antara lain:

  • Perhatikan luas ruang di dalam rumah. Idealnya  untuk mendapatkan rasa nyaman maka harus memenuhi persyaratan  sesuai kebutuhan fungsi  dari rumah tersebut.  Pembukaan untuk rumah tinggal idealnya adalah 1/3 dari luas ruang.
  • Perhatikan letak perabotan yang diletakkan di ruang tersebut. Perabot yang ada pada suatu ruang juga berpengaruh terhadap aliran udara di ruang tersebut, semakin banyak perabot akan membuat udara menjadi semakin lambat, yang membuat pergantian udara menjadi semakin lambat.
  • Perhatikan prinsip keseimbangan aliran udara. Udara yang masuk menuju suatu ruangan harus diupayakan reaktif mendapatkan jalan keluar yang sama dengan jalan masuknya udara tersebut. 
  • Perhatikan pula elemen pendukung hadirnya udara dengan suhu rendah yang bisa masuk ke dalam rumah. Seperti, apakah terdapat tanaman yang rindang di sekitar rumah, hal ini akan mampu memberikan efek teduh pada rumah tempat tinggal.
  • Perhatikan pula pemakaian tritisan. Sekilas penggunaan tritisan atau sosoran tidak ada hubungannya dengan sirkulasi udara, namun dengan adanya tritisan akan bisa mempengaruhi keberadaannya dalam menghasilkan udara dingin untuk mengganti hawa panas di dalam rumah. 

Memberikan sirkulasi udara yang tepat di dalam rumah akan memberikan rasa nyaman bagi para penghuni rumah dan mengatur bentuk ruang menjadi yang pas sangat berperan poenting dalam membentuk sirkulasi udara dalam rumah.

Baca juga: Desain sederhana rumah khas Majapahit.

Semoga sedikit informasi tentang “tips agar rumah tidak gerah” tersebut bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun dan memiliki rumah dengan kesegaran alami yang bisa memberikan rasa nyaman pada seluruh anggota keluarga di rumah.   


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Rumah Tidak Gerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel