Tips Memilih Rumah Tinggal

Sebagai keluarga baru atau baru saja memulai bekerja, maka memutuskan untuk bisa memiliki rumah adalah sebuah keputusan terbaik. Memang di perkotaan sangat banyak properti yang disewakan mulai dari rumah kost, kontrakan, atau bahkan apartemet. Namun, agar lebih bebas dalam menikmati hunian tersebut maka memiliki rumah sendiri pasti sudah menjadi idaman dan harapan Anda. Memang sangat tidak mudah dalam memilih rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan harapan, banyak hal yang harus diperhatikan, oleh karena itu pada kesempatan ini akan disampaikan sedikit tips memilih rumah tinggal untuk Anda agar sedikit banyak rumah yang Anda pilih sesuai dengan harapan dan impian.

Pengalaman membuktikan saat pertama kali bekerja, kemudian menikah dan memutuskan hidup bersama di kota, hal yang paling sulit dan membingungkan adalah mendapatkan rumah terbaik namun sesuai dengan kemampuan dalam memperolehnya, apakah dari sisi proses mendapatkannya atau nanti kalau harus membeli rumah dengan bantuan pihak ketiga, faktor pendanaan menjadi salah satu unsur terpenting di awal yang harus diperhatikan.

Tips Memilih Tempat Tinggal yang Harus Diperhatikan

Rumah adalah sebuah tempat untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas, rumah yang dipilih tersebut haruslah aman, nyaman dan tentram. Memang tidak mudah memilih rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal utama, apalagi selain harganya yang setiap tahun terus mengalami kenaikan, juga rumah yang sesuai dengan harapan dipastikan sangat terbatas, entah karena faktor dana yang belum mencukupi atau faktor lainnya.

Tips Memilih Rumah Tinggal;Tips Memilih Tempat Tinggal yang Harus Diperhatikan;
Mencari & memilih rumah tinggal (Foto: istockphoto.com Credit: LIgorko)

Terdapat beberapa yang harus diperhatikan dalam memjilih rumah, apalagi rumah yang baru dibangun oleh developer perumahan (Wibowo Ps dalam Intisari Edisi 543), antara lain:

  1. Lokasi
  2. Kondisi lahan atau kondisi tanah.
  3. Infrastruktur yang memadai.
  4. Kualitas bangunan.
  5. Dokumen atau surat-surat.
  6. Harga.

Baca juga: Tips Agar Rumah Tidak Gerah.

1. Lokasi. Cari dan pilihlah lokasi yang mudah untuk dicapai dengan transportasi umum dan juga aman. Selain itu juga tidak rawan banjir, tanah longsor, gempa dan bukan daerah industri. Untuk yang masih keluarga muda, hal yang harus dipertimbangkan adalah apakah rumah yang dipilih tersebut sudah dekat dengan fasilitas penididikan, minimal TK dan atau SD dalam radius sekitar 1 kilometer. Juga minimal terdapat fasilitas lainnya misalnya tempat ibadah, Puskesmas atau rumah sakit, pasar, lapangan olahraga dan juga ruang terbuka hijau.

2. Kondisi lahan atau kondisi tanah. Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah apakah kondisi lahan atau tanah  tersebut memiliki kontur yang datar atau miring. Untuk anda keluarga muda yang masih memiliki balita sebaiknya tidak memilih lahan yang miring.

3. Infrastruktur yang memadai. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah apakah terdapat jalan menuju dan juga di dalam lokasi jalan sudah cukup baik dan juga lebar, dan juga setidaknya bisa dilalui dua kendaraan roda empat. Dan juga yang harus diperhatikan adalah ketersediaan jaringan listrik, sumber air bersih dan juga telepon. Yang harus dicek yaitu tentang kelancaran saluran pembuangan air kotor atau limbah dari masing-masing rumah ke luar lingkungan.

4. Kualitas bangunan. Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah apakah bangunan yang ditawarkan sudah sesuai dengan brosur yang ditawarkan, hal ini menjadikan Anda harus datang lagsung ke lokasi.

5. Dokumen atau surat-surat. Setelah merasa cocok dengan semua bangunan termasuk lokasi dan lingkungan, maka langkah selanjutnya adalah meneliti tentang status tanah tersebut apakah SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) atau SHM (Sertifkat Hak Milik) dan juga perizinan lainnya, termasuk proses pembebasan tanah.

6. Harga. Langkah ini menjadi hal utama apakah rumah tersebut sesuai dengan anggaran dana yang sudah dipersiapkan, termasuk apabila untuk mendapatkan rumah tersebut dengan pembiayaan dari pihak ketiga, pastikan nilai atau jumlah angsuran tidak mengganggu perputaran dana bulanan Anda.

Itu dia sedikit tips tentang “tips memilih rumah tinggal” semoga bermanfaat, khususnya untuk Anda keluarga muda yang baru pertama mencari rumah tempat tinggal.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Rumah Tinggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel