DESAIN RUMAH SEDERHANA KHAS MAJAPAHIT

Memiliki mimpi untuk membangun rumah sendiri dengan desain yang menarik dan bagus menjadi impian semua orang. Pasti anda berkeinginan memiliki bentuk rumah dengan desain yang berbeda dibanding dengan rumah yang ada disebelah anda. Berbagai bentuk rumah memang banyak sekali, anda tinggal memilih desain yang sesuai dengan keinginan anda. Namun kalau anda belum memiliki bahan atau desain yang cocok, anda bisa mencoba melakukan perjalanan ke daerah Trowulan Mojokerto, disitu anda akan menemukan desain rumah sederhana khas Majapahit yang menarik. Bentuknya memang terlihat kecil dan sederhana, dengan nuansa coklat agak kemerahan dari bata dan genting di sepanjang jalan By Pass Trowulan Mojokerto.

Saya sendiri pun tertarik dengan bentuk rumah dengan arsitektur khas Majapahit ini, karena memiliki desain yang berbeda dibanding bentuk rumah yang selama ini saya lihat. Kalau anda tertarik untuk melihat bentuk rumah model Majapahit ini, anda bisa menuju ke daerah Trowulan, anda akan menemukan rumah dengan arsitektur Majapahit berdiri di sepanjang jalan, dengan dinding bata merah yag disusun, seperti tanpa semen, dengan atap limas berbentuk persegi panjang dengan genting wuwung yang melengkung. Yang menarik disini, pagar rumah menggunakan bata merah dengan hiasan ornamen khas kraton dan emblem Surya Majapahit.

Desain Rumah Bagus Berarsitektur Khas Majapahit

Arsitektur rumah dengan model Majapahit ini memang baru beberapa tahun dibuat, sekitar tahun 2016, yang merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk membuat rumah warga didaerah Trowulan ini dengan menjadikan rumah warga ala kawula Majapahit. Rumah ala Majapahit ini memang dibuat denga bentuk yang kecil, dengan ukuran 5x3 meter.

Desain Rumah Bagus Berarsitektur Khas Majapahit (Sumber Gambar: newswantara)
Untuk melihat desain rumah khas Majapahit ini, anda bisa melihatnya lebih banyak di Desa Bejijong, Mojokerto. Lokasinya sangat mudah ditemukan, lebih tepatnya ke arah Mahavira Majapaht, di tempat patung Buddha Tidur. Di Desa Bejijong, rata-rata rumah sudah dibangun model Majapahit.

Desain Rumah Tampak Depan Majapahit

Menarik sekali melihat desain khas Majapahit ini. Berbicara tentang rumah model Majapahit, tidak bisa lepas dengan proses membangkitkan Kutaraja Majapahit. Terdapat empat tempat  yang menjadi sasaran proyek untuk membangun Kutaraja selain Bejijong, yaitu Jatipasar, Sentonorejo, Temon dan Kraton.

Baca Juga: Ringin Contong Jombang, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi, memang bentuk rumah Majapahit masih banyak perdebatan, karena tidak terdapat rumah yang bisa ditemukan dan bisa dijadikan bukti. Hal ini disebabkan potensi hancurnya Kutaraja yang disebabkan banyak hal, mulai perang sampai dengan bencana alam.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel