Virus Corona Bermutasi dan Langkah Pencegahannya

Sudah setahun wabah pandemi virus corona Covid-19 ini belum segera beranjak dari kehidupan, dan sepertinya bukan bertambah selesai malah muncul varian baru yang membuat kita sebagai masyarakat Indonesia tetap harus menjaga protokol kesehatan. Sebagai masyarakat awam yang tidak tahu secara pasti tentang virus ini, tentunya akan patuh pada segala aturan dan anjuran untuk selalu menjaga kesehatan, tidak hanya itu, yang membuat khawatir adalah hadirnya virus corona yang telah bermutasi dan beberapa kabar terbaru menyebutkan, virus mutasi juga menyebar sampai ke Indonesia. Untuk itulah, beberapa tulisan kali ini tentang virus corona bermutasi dan langkah pencegahannya sengaja dibagikan, agar kita semua bisa mengantisipasi untuk mencegah dan menjaga kesehatan tubuh agar virus ini tidak sampai menyerang kita.

Siapa yang tidak takut dan tidak khawatir akan serangan virus ini? Mungkin hanya orang yang benar-benar tidak tahu informasi yang tidak takut akan hadirnya virus ini. Beberapa teman dan sahabat sudah meninggalkan kita akibat serangan wabah ini, terlepas terkena karena efek corona ditambah penyakit bawaan, tetap kita harus menjaga diri, dengan berhati-hati agar virus corona tidak sampai menyerang kita dan keluarga.

Virus Corona Bermutasi dan Langkah Pencegahannya;
Virus Corona B.1.1.7 Hasil Mutasi Covid-19 (Foto: focustech.it)

Virus Corona B.1.1.7 Hasil Mutasi Covid-19

Kalau tidak karena beberapa teman, bahkan saudara sendiri yang terkena dan tertular virus ini, mungkin saya dan kawan-kawan tidak akan menginformasikan apa sebenarnya virus corona itu dan selalu mengingatkan untuk tetap mengikuti prokes (protokol kesehatan). Bahkan yang membuat khawatir adalah informasi dari beberapa media, seperti dari kontan.co.id tanggal 4 Maret 2021 kemarin, yang menyebutkan bahwa kasus Covid-19 yang disebabkan virus corona hasil mutasi di Inggris, B.1.17 sudah menyebar sampai ke Indonesia.

Yang perlu diantisipasi adalah virus corona hasil mutasi ternyata lebih cepat menular dibanding virus corona jenis sebelumya. Dan masuknya varian baru corona hasil mutasi di Inggris juga dikonfirmasi oleh Wamen (Wakil Menteri) Kesehatan Dante Saksono Harbuwono yang juga disiarkan di kanal Youtube Kemenristek/Brin.

Baca juga: Cara Mengalahkan Virus Corona.

Mutasi virus corona yang lebih menyeramkan dan menular ini pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020. Bahkan para ilmuwan juga menyampaikan bahwa mutasi B.1.7 INI, 70% lebih menular daripada virus sebelumnya. Yang harus menjadi perhatian adalah varian mutasi corona di Inggris ini bisa menularkan dalam jumlah besar, dan hal ini berisiko pada orang-orang di sekitar orang yang sudah terkena virus tersebut.

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona Mutasi Inggris B.1.17

Sama halnya dengan virus corona Covid-19 sebelumnya, virus corona hasil mutasi yang ditemukan di Inggris ini menyebar dengan cara yang sama dan dengan cara yang cepat. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona mutasi Inggris B.1.17, dengan mengutip dari kesehatan.kontan.co.id, antara lain:

  1. Selalu gunakan masker dua sampai tiga lapis.
  2. Jangan berkumpul di dalam ruangan dan menghabiskan waktu dengan orang yang bukan dari rumah Anda.
  3. Selalu hindari keramaian dan tetap menjaga jarak.
  4. Sering mencuci tangan dan hindarilah menyentuh wajah.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya melakukan segala upaya dan pencegahan, serta mengantisipasi agar tidak terkena risiko penularan virus hasil mutasi ini.

Baru-baru ini dan masih terus berlangsung, Pemerintah terus memberikan kebijakan untuk melakukan vaksinasi masal secara bertahap, dan hal ini harus didukung agar virus corona ini bisa musnah, dan kita semua bisa kembali pada kehidupan normal.

Semoga informasi “virus corona bermutasi dan langkah pencegahannya” ini bermanfaat dan menjadikan kita tetap menjaga kesehatan dan tetap mengikuti protokol kesehatan, karena tidak ada cara yang lebih baik untuk saat ini selain mencegah agar tidak tertular virus yang belum ada obat dan cara memusnahkannya ini.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Virus Corona Bermutasi dan Langkah Pencegahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel