Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen

Makanan Khas Jember yang Biking Kangen - Ada yang berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 kali ini. Kalau tahun kemarin meskipun masih pandemi, masih bisa sedikit berkumpul meskipun di lain waktu. Namun pada edisi lebaran kali ini, sepertinya anjuran dan larangan mudik benar-benar dipatuhi masyarakat, hal ini agar tidak merebak dan terjadinya penularan virus Covid-19 secara massif seperti yang terjadi di negara lain. Dengan dipatuhinya anjuran tersebut praktis banyak masyarakat yang tetap tinggal di rumah. Namun bagaimana bila kangen dengan daerah asal atau rindu keluarga? Tentunya dijaman digital dan dijaman serba online semua bisa teratasi, silaturahmi bisa dilakukan dengan video call dan kangen jajanan atau makanan tertentu bia diorder di marketplace. Memang masih belum mengobati rasa kangen namun minimal bisa diatasi bukan?

Jember…. Siapa yang mengira daerah di derah timur Jawa Timur ini bisa membuat kangen. Terlepas masih ada sanak famili yang ada di Jember, makanan dan berbagai ragam kuliner Jember mampu membuat para pecinta kuliner untuk datang dan menikmati sajian nikmat kuliner. Diantara berbagai ragam kuliner terdapat beberapa makanan khas Jember yang selalu ingin dinikmati. Untungnya saat ini jaman sudah berganti, efek teknologi digital dan online memberikan kemudahn bagi mereka termasuk Anda yang kangen sajian makanan lezat khas Jember.

Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen
Suwar suwir (Sumber gambar: memontum.com)

Kebanyakan masyarakat masih menganggap makanan khas Jember hanya suwar suwir, padahal selain suwar suwir masih banyak olahan makanan nikmat yang saat ini menjadi sajian khas makanan atau kuliner Jember, baik sebagai sajian kuliner atau pun sebagai oleh-oleh khas Jember.

Makanan Khas Jember dan Ciri-cirinya

Bisa diakui, dahulu sekitar 10 tahun yang lalu, memang suwar suwir menjadi sajian olahan utama khas Jember, namun seiring dengan berkembangnya waktu dan cara pengolahan sajian kuliner menjadikan Jember memiliki banyak kekayaan khas kuliner. Apalagi produk makanan tersebut dibuat dengan bahan yang sarat akan kandungan lokal, sehingga makanan ini memiliki alasan yang kuat bila disebut dengan makanan khas kota tembakau.

Bila dipilah-pilah, jenis makanan khas Jember ini bermcam-mcam. Ada yang merupakan hasil kreasi dalam bentuk olahan dengan berbagai kemasan, seperti suwar-suwir, dodol berbahan dasar tape, sirsak, nangka dan juga durian. Atau bahkan kripik berbahan dasar nangka dan juga ceker ayam.

Baca juga: 10 Top Kuliner Jember.

Untuk pelengkap, yaitu sajian minuman, Anda bisa menikmati jajanan tersebut dengan menikmati sruputan kopi, jus jambu atau bisa juga minuman yang terbuat dari lidah buaya yang memiliki cita rasa yang khas atau disebut dengan superaloe. Yang menarik, berbagai jajanan atau makanan yang akan dibahas disini  bisa diperoleh di toko oleh-oleh yang bisa Anda temukan diberbagai sudut Kota Jember.

Terdapat beberapa jenis makanan yang akan dibahas disini sebagai makanan khas Jember, antara lain:

  1. Suwar-suwir.
  2. Dodol.
  3. Keripik.
  4. Edamame.
  5. Jus Jambu.

Suwar-suwir

Jajanan ini disebut-sebuat sebagai makanan asli Kota Jember. Sehingga tidak salah bila Kota Jember disebut dengan kota suwar suwir. Dan memang tidak lengkap rasanya bila setelah dari Jember tidak membawa oleh-oleh khas Jember yaitu suwar suwir. Dahulu suwar suwir diproduksi masyarakat Jember dari tape sisa. Maksudnya adalah saat itu tape khas Jember penjualannya tersebar di berbagai daerah sekitar, seperti Bondowoso, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Apabila tape tersebut tidak laku, maka dibawa pulang kembali dan diolah menjadi suwar suwir.

Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen;Makanan Khas Jember dan Ciri-cirinya;
Suwar suwir (Sumber gambar: putratravel.net)

Namun, begitu suwar suwir bisa diterima masyarakat dan pada akhirnya bisa diproduksi secara masal, proses pembuatan suwar suwir tersebut tidak perlu lagi menunggu tape sisa dari pasaran. Namun dibuat dari tape yang sengaja diproses sebagai bahan untuk suwar suwir, sehingga rasanya semakin enak. Bahkan yang menarik, setelah menjadi industri rumahan, produksi suwar suwir semakin menarik dengan kemasan yang beragam.

Proses kemasan pun bervariasi, ada yang dikemas dengan plastik, ada pula yang dikemas dengan plastik ditambah dengan kertas kardus didalamnya. Dengan nama merek pada setiap kemasan hasil produksi suwar suwir tersebut.

Dodol

Disamping produk makanan suwar suwir, terdapat jenis jajanan lainnya yang hampir serupa dengan suwar suwir, yaitu dodol. Dodol ini memiliki ciri khas yaitu empuk dengan rasa tertentu, yang tidak kalah enaknya dengan rasa dodol. Bahan dasarnya pun beraneka ragam, mulai dari tape, sirsak, durian dan nangka. Bahan buah-buahan ini sangat melimpah di Jember.

Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen;Makanan Khas Jember dan Ciri-cirinya;
Dodol (Sumber gambar: topijelajah.com)

Sama halnya dengan suwar suwir, produksi dodol di Jember volumenya hampir sama. Kebanyakan para produsen suwar suwir juga membuat dodol. Berbeda dengan suwar suwir  yang mampu bertahan sampai enam bulan, dodol hanya mampu bertahan sampai empat bulan saja.

Baca juga: Lezatnya sop durian di Garasi Durio & Eatery.

Keripik

Keripik ini adalah produk samping dari bahan dasar dodol yang berasal dari bahan buah-buahan. Seperti nangka yang bisa dibuat untuk dodol dan keripik. Tidak hanya diproduksi secara sederhana, keripik nangka juga diproduksi secara massal. Saat ini keripik ini juga dijual dan disandingkan dengan makanan khas Jember lainnya dioutlet atau toko penjual oleh-oleh.

Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen;Makanan Khas Jember dan Ciri-cirinya;
Keripik nangka (Sumber gambar: lokalkarya.com)

Edamame.

Selain berbagai aneka jenis makanan olahan, Jember juga memiliki bahan makanan lezat dan bergizi yaitu edamame. Kondisi alam dan tanahnya yang subur menjadikan Jember sebagai daerah yang bisa ditanami Edamame. Edamame adalah sejenis kedelai yang menjadi favorit masyarakat Jepang, karena kedelai ini memiliki nilai gizi yang tinggi, rasanya yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan.

Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen;Makanan Khas Jember dan Ciri-cirinya;
Edamame (Sumber gambar: Citra-rasa-jember.blogspot.com)

Tidak hanya itu, edamame juga dipercaya mampu mencegah dan menyembhkan penyakit jantung coroner, kencing manis, kanker payudara, kanker prostat, lever, mengurangi kegemukan, untuk menjaga kesehatan kulit dan masih banyak manfaat untuk kesehatan lainnya.

Yang menarik, hasil dari tanaman yang semula banyak diimpor dari Jepang ini, kini bisa Anda dapatkan di Jember. Ada yang dimasak dan langsung dimakan setelah dibuka klitnya, seperti biji koro. Ada pula yang disajikan dalam bentuk kering dengan rasanya yang gurih, seperti kacang tanah.

Produksi edamame kering biasanya dibuat oleh masyarakat atau para produsen  yang khas untuk dipasarkan. Sedangkan edamame basah hanya diproduksi oleh Perusahaan Mitratani Dua Tujuh, yaitu pabrik yang dipercaya oleh Jepang untuk mengolah pemasakan, pembekuan dan packaging yang kemudian diekspor ke Jepang.

Jus Jambu.

Selain berbagai makanan sehat tersebut di atas, terdapat satu bahan minuman sehat yang berasal dari bahan jambu. Jus jambu ini terbuat jambu merah, yang membedakan adalah jambu merah ala Jember sangat berbeda dengan jambu merah dari daerah lainnya dengan rasanya yang enak. Jus jambu merah ini dibuat dari jambu merah yang merupakan hasil persilangan jambu Bangkok dan jambu Australia. Jambu merah ini diyakini memiliki manfaat bisa meningkatkan trombosit atau sel darah merah sehingga sangat berkhasiat bila dikonsumsi penderita demam berdarah.

Tertarik dengan “Makanan Khas Jember yang Biking Kangen”? Semoga sedikit tulisan di atas bisa memberikan informasi dan mengobati rasa kangen akan kuliner khas Jember.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Khas Jember yang Bikin Kangen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel