Tips Menyembuhkan Luka Pada Saluran Pencernaan dengan Trio Herbal

Tips Menyembuhkan Luka Pada Saluran Pencernaan dengan Trio Herbal - Lebaran adalah hari yang spesial dan menyenangkan, apalagi di hari spesial ini banyak sekali makanan yang enak dan lezat yang membuat kita ingin menyantap makanan tersebut. Namun, terkadanag keinginan tersebut harus dihentikan karena perut terasa sakit yang akhirnya mengacaukan rencana untuk menikmati makanan lezat tersebut. Melihat kondisi tersebut dan teringat pernah menyimpan beberapa kliping yang membahas tentang mengatasi sakit akibat luka pada saluran pencernaan, pada akhirnya menemukan tulisan dari Djoko Hargono yang pernah di muat di majalah Intisari Edisi No. 485 yang membahas tentang cara membasuh luka pada pancernaan. Terinpirasi oleh tulisan dari Bapak Djoko dan mengalami rasa sakit pada perut, maka tidak salah kalau pada edisi kali ini bisa berbagi tips mengenai luka dengan ramuan herbal.

Merasakan rasa sakit dan tidak enak, khususnya pada bagian atas perut dengan rasa nyeri yang menusuk tajam, dan hal ini terasa terus menerus menjadikan Anda harus menekan perut dengan jari, menjadikan hari lebaran yang harusnya menyenangkan menjadi terasa tidak enak. Atau rasa nyeri yang timbul saat perut sedang lapar atau terasa pada malam hari yang rasa nyeri tersebut membuat Anda harus terjaga.

Cara Mengobati Lambung Luka

Rasa sakit pada perut seperti yang disampaikan di atas adalah gejala terjadinya tukak peptik atau disebut juga dengan ulcuc peptikum, yaitu luka pada saluran pencernaan diantara lambung sampai usus. Apabila rasa nyeri terjadi pada bagian atas perut, hal ini menandakan tukak tersebut terjadi pada lambung. Rasa nyeri tersebut muncul yang disebabkan  luka tersenggolnya getah lambung. Namun apabila rasa nyeri terjadi saat lapar, hal ini menandakan terdapat luka pada usus dua belas jari.

Tips Menyembuhkan Luka Pada Saluran Pencernaan dengan Trio Herbal
Foto: healthxchange.sg

Luka ini yaitu luka pada saluran pencernaan bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, tidak saja karena menikmati makanan pada saat lebaran saja. Namun, pada kaum pria hal yang umum terjadi terdapat pada usus dua belas jari atau terjadi pada bagian usus paling depan. Namun, pada orang wanita luka sering terjadi pada lambung.

Pada banyak hal, rasa nyeri yang disebabkan tukak pada saluran pencernaan bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan. Bahkan kondisi penyekit bisa semakin memburuk bila seorang penderita mengonsumsi minuman beralkohol, teh atau bisa kopi atau bisa juga disebabkan menyantap makanan yang pedas. Hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tersebut bisa merangsang kerja lambung.

Baca juga: Ramuan Herbal Untuk Anak.

Untuk itu agar tukak tidak menjadi lebih parah, maka pengobatan harus dilakukan, bisa dilakukan dengan obat kimia, bisa pula dengan obat alami berupa ramuan tumbuhan obat.

Terdapat tiga tanaman yang secara klini sudah teruji dalam penyembuhan tukak saluran pencernaan, yaitu:

  1. Kunyit (Curcuma longa L).
  2. Pegagan (Centella asiatica L. Urban).
  3. Pisang raja (Musa sapientum)

Yang menarik, selain bisa mengatasi gejala penyakit, obat nabati ini bisa menyembuhkan luka.

Kunyit (Curcuma longa L)

Pada kunyit, bagian yang dianggap ampuh menyembuhkan luka saluran pencernaan terdapat pada rimpangnya yang berwarna coklat. Rimpang kunyit mengandung minyak atsiri berwarna kuning sampai kuning jingga  dan merupakan campuran kurkumin, monodesmentoksi kurkumin dan juga bisdesmentoksi kurkumin.

Pada penyembuhan tukak saluran pencernaan ini, rimpang pada kunyit bekerja dengan cara menghambat pembentukan getah lambung. Pada beberapa percobaan rimpang kunyit secara nyata bisa menekan pembentukan getah lambung. Kunyit juga bisa meningkatkan pembentukan lendir dalam aliran cerna. Penambahan lendir ini memungkinkan lapisan lendir pada permukaan saluran pencernaan menjadi lebih tebal. Sehingga perlindungan terhadap permukaan saluran pencernaan dari ancaman erosi asam lambung menjadi meningkat. Pada efek positif berikutnya, tukak peptik bisa dicegah semakin parah.

Minyak atsiri kunyit juga memiliki sifat sebagai anti bakteri, termasuk terhadap Staphylococcus aureus. Sifat ini memungkinkan penyembuhan luka bisa menjadi semakin cepat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan rimpang kunyit segar sebanyak 6 gram dengan dijus. Agar rasanya enak bisa ditambahkan madu. Agar cepat sembuh, raman tadi bisa dikonsumsi 4 kali dalam sehari, yaitu tiga kali sebelum makan dan satu kali sebelum tidur.

Pegagan (Centella asiatica L. Urban).

Pegagan ternyata bisa menyembuhkan tukak peptic, bagian yang dipilih pada  tanaman ini yaitu pada bagian tanaman yang terdapat di permukaan tanah (herba), yang mengandung zat-zat triterpena, seperti asam asiatat dan asam madekasat, dan juga senyawa glikosida esternya.

Ekstrak tanaman dengan pelarut air atau bahkan rebusan herbanya diketahui bisa menekan aktivitas susunan saraf pusat, sehingga memiliki sifat menenangkan. Hal ini disebabkan herba pegagan dalam bentuk rebusan atau ekstrak bisa meningkatkan kadar asam amino butirat  di dalam otak. Penderita tersebut menjadi tenang, sehingga menghambat perkembangan tukak saluran pencernaan lebih lanjut.

Pisang raja (Musa sapientum)

Siapa yang menyangka pisang raja bisa menyembuhkan tukak peptic. Namun yang perlu diperhatikan agar pisang raja bisa digunakan sebagai obat adalah buah yang tua namun belum masak. Caranya adalah daging buah pisang raja tersebut dirajang tipis-tipis, kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, baru kemudian ditumbuk sampai menjadi serbuk.

Pada pengobatan tukak saluran pencernaan, daging buah pisang raja memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan lendir dalam saluran pencernaan. Hasilnya adalah saluran pencernaan menjadi semakin tebal. Dengan begitu permukaan saluran pencernaan bisa terlindungi dari erosi asam lambung. Serbuk daging pisang raja memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan tukak dengan cara mempengaruhi proses pembelahan sel-sel jaringan pada luka.

Cara pengobatannya sangat sederhana, yaitu sediakan 1 sampai 2 sendok makan serbuk buah pisang. Kemudian campurlah dengan satu sendok makan madu sebelum dikonsumsi. Konsumsilah ramuan obat tersebut 2 sampai 3 kali sehari sebelum makan.

Itu dia sedikit informasi tentang “Tips Menyembuhkan Luka Pada Saluran Pencernaan dengan Trio Herbal”. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan kita semua selalu sehat dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyembuhkan Luka Pada Saluran Pencernaan dengan Trio Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel