10 Top Kuliner Jember

10 Top Kuliner Jember - Ada apa dengan kuliner?. Kuliner masih memiliki daya tarik tersendiri, sehingga membuat setiap orang tertarik untuk mencobanya. Banyak sekali jenis kuliner enak yang ada di Indonesia, mulai dari sajian masakan nikmat sampai sejenis camilan tradisional semuanya enak. Salah satu daerah yang memberikan keunikan dan pengalaman tersendiri tentang kuliner adalah Kabupaten Jember.

Jember menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki aneka tempat wisata dan juga berbagi pilihan kuliner yang bisa dicoba. Banyak sekali tempat kuliner legendaris yang sangat terkenal di Jember yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Wisata kuliner di Jember memberikan sensasi yang luar biasa dengan sajian kuliner khas yang menggugah rasa.

Informasi kuliner di Jember ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fiti tahun 2019, namun meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relevan untuk bisa menjadi referensi menikmati wisata kuliner di Jember.

10 Top Kuliner Jember

Berikut 10 top kuliner Jember, antara lain:

  1. Kota Cinema Mall.
  2. Gudeg Lumintu.
  3. Bakso Sampoerna.
  4. Prol Tape Wika.
  5. Edamame – Mitra Tani 27.
  6. Rujak DPR.
  7. Kopi Bedhag.
  8. Bebek Galak Jawa.
  9. Soto Ayu.
  10. Domino Ice Cream.

1. Kota Cinema Mall.

Ada yang menarik dengan Jember, terutama tentang kulinernya. Terdapat sebuah tempat yang menggabungkan konsep kenyamanan dalam menikmati bioskop, food court dengan berbagai macam menu dan juga live musik yang berada di Jalan Gajah Mada No. 176 Jember atau tepatnya di sebelah mall Lippo Plaza. Kota Cinema Mall menjadi salah satu tujuan baru bagi warga Jember dan juga wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati sajian kuliner.

Kota Cinema Mall;10 Top Kuliner Jember
Kota Cinema Mall (Sumber gambar: kompasiana.com/asitasuryanto/)
Untuk bioskop dibuat dengan konsep yang menyatu dengan Pujasera atau food court, ditambah dengan tempat nongkrong yang cocok untuk anda yang datang bersama teman atau keluarga. Untuk sajian menu kuliner di KCM ini terdapat  22 gerai makanan yang menyediakan berbagai sajian menu kuliner yang menarik.

2. Gudeg Lumintu.

Satu lagi kuliner Jember legendaris yang bisa dicoba yaitu Gudeg Lumintu, namun biasa disebut dengan Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu, yang berlokasi di Jalan Kertanegara 33, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jember atau disamping Lippo Mall.  Warung gudeg ini sudah ada sejak tahun 1980-an yang menyediakan 3 menu utama, yaitu nasi gudeg, nasi pecel dan juga nasi campur gudeg pecel.

Gudeg Lumintu;10 Top Kuliner Jember
Gudeg Lumintu (Sumber gambar: cewealpukat.com)
Di antara menu yang disediakan menu yang paling favorit adalah menu nasi campur gudeg pecel. Gudeg di warung ini sepertinya sudah disesuaikan dengan cita rasa khas Jawa Timur sehingga rasanya tidak terlalu manis.

3. Bakso Sampoerna.
Anda pecinta kuliner bakso?. Kurang afdol ke Jember kalau belum menikmati sensasi bakso yang satu ini. Bakso Sampoerna atau disebut juga dengan Bakso Solo Asli Sampurna sudah ada sejak tahun 80-an. Bakso enak ini berada di Jalan Diponegoro No. 83, Kepatihan, Jember, yang dekat sekali dengan Johar Plaza Jember. Bakso ini memiliki cita rasa yang khas yaitu gurih dan sedap khas Bakso Solo. Dalam satu porsi disajikan dengan empat bakso daging dan 1 tahu bakso kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi yang segar.

Bakso Sampoerna ;10 Top Kuliner Jember
Bakso Sampoerna (Sumber gambar: loveusaha.com)
Selain cabang utama di Jalan Diponegoro juga sudah dibuka cabang baru di Jalan Gajah Mada No. 53-55 Jember. Selain kenikmatan bakso, anda juga bisa menikmati sajian menu mie ayam yang rasanya tidak kalah nikmat.

4. Prol Tape Wika.
Satu lagi kue khas Jember yang bisa anda jadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Jember, yaitu kue prol tape Wika, yang berada di Jalan Wijaya Kusuma No. 19 Jember. Kue ini berbahan dasar tape singkong, tepung terigu, susu, mentega dan telur, yang disajikan dengan berbagai rasa yaitu coklat, keju, kismis dan original.

Prol tape Wika;10 Top Kuliner Jember
Prol Tape Wika (Sumber gambar: webstagramsite.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Lumajang.

Rasanya yang nikmat dengan rasa prol tape singkong yang khas apalagi dengan bau aroma tape yang asam manis menjadikan kue ini menjadi favorit oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Edamame – Mitra Tani 27.
Di antara sajian nikmat khas Jember yang sangat terkenal adalah Edamame yang diproduksi oleh Mitra Tani 27. Edamame atau kedelai sayur yang sudah dikembangkan sejak tahun 1994. Mitra Tani 27 adalah anak usaha dari PTPN X. Edamame adalah kedelai dengan ciri khas biji kedelainya yang besar  dan rasanya yang lezat.

Edamame;10 Top Kuliner Jember
Edamame (Sumber gambar: wongjember.com)
Nama edamame sendiri berasal dari Jepang yang berarti kedelai besar, karena cuaca Jember yang sangat cocok untuk pengembangan produk kedelai ini, maka Jember menjadi daerah yang sesuai untuk mengembangkan produk pertanian kedelai yang berkualitas ini.

6. Rujak DPR.
Sebagai penggemar rujak, khususnya rujak cingur, anda wajib datang ke rujak cingur Bu eko yang biasa disebut dengan Rujak DPR, yang berlokasi di Jalan Kalimantan, atau di seberang Halte DPRD Kabupaten Jember atau di sebelah tempat fotokopi Sarjana.

Rujak DPR;10 Top Kuliner Jember
Rujak DPR (Sumber gambar: kulinerjember.wordpress.com)
Menu yang disediakan selain rujak cingur, juga disediakan rujak manis atau rujak buah dan beberapa jenis rujak lainnya, selain itu disediakan kolak yang bisa anda nikmati.

Rujak DPR
Rujak DPR (Sumber gambar: kulinerjember.wordpress.com)

7. Kopi Bedhag.
Jember adalah tempat penghasil kopi berkualitas terbaik yang menyediakan kebutuhan kopi di Indonesia. Salah satu tempat menikmati kopi yang bisa dikunjungi adalah Bedhag Kopi, yang menyediakan berbagai kopi asli Jember.

Bedhag Kopi;10 Top Kuliner Jember
Bedhag Kopi (Sumber gambar: lokalkarya.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Bondowoso.

Kopi Bedhag terletak di Jalan Karimata No. 34 Jember yang sudah berdiri sejak Agustus 2016. Kopi yang disajikan adalah kopi arabika dan kopi robusta yang semuanya berasal dari perkebunan di Jember, yaitu Jelbuk dan Ledokombo.

8. Bebek Galak Jawa.
Sebagai pecinta kuliner bebek, anda tidak boleh melewatkan kuliner bebek yang satu ini, yaitu Bebek Galak 88 yang berlokasi di Jalan Jawa No. 13A, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Jember. Bebek yang disajikan memiliki rasa yang enak, dengan dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap.

Bebek Galak 88;10 Top Kuliner Jember
Bebek Galak 88 (Sumber gambar: lumajangsatu.com)
Selain kelezatan bebek galak juga disediakan dua macam sambal istimewa khas bebek galak, yang sangat pedas.

9. Soto Ayu.
Kuliner yang satu ini menjadi kuliner legendaris di Jember, “Soto Ayu”, berada di dalam Pasar Tanjung, Jalan Samanhudi, Jember dan hanya bisa ditemui setelah Magrib. Soto Ayu memiliki ciri khas dengan kuahnya yang bening kekuningan. Dalam satu porsi disajikan dengan potongan ayam, telur dan kubis, ditambah dengan irisan seledri, bawang goreng dan tomat segar.

Soto Ayu;10 Top Kuliner Jember
Soto Ayu (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Untuk menambah kenikmatan soto, anda juga bisa menambah berbagai lauk pilihan yang disajikan seperti usus, brutu (ekor ayam), hati ampela ayam, dan perkedel.

10. Domino Ice Cream.
Ini dia es krim legend di Jember, “Es Krim Domino”, yang berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 43, Jember. Es krim ini sudah ada sejak tahun 60-an. Kedai es krim ini sudah menjadi icon kuliner di Jember. Rasanya yang selalu terjaga dan memiliki bentuk yang sama dengan pendahulunya, menjadikan es krim Domino selalu disinggahi para pecinta kuliner.

Es Krim Domino;10 Top Kuliner Jember
Es Krim Domino (Sumber gambar: duniaira.com)
Semua bahan es krim ini menggunakan susu sapi perah murni dan telur, dan juga tidak pernanh menggunakan bahan pengawet, sehingga kualitas produk menjadi selalu terjaga.

Tertarik menikmati 10 Top Kuliner Jember legendaris? Sayang kalau sudah menikmati wisata ke Jember belum menyempatkan singgah ke berbagai tempat kuliner legendaris tersebut.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel