Tips Mudah Memakaikan Popok untuk Bayi

Bagi seorang ibu, kehadiran bayi kecil dan mungil ini adalah segalanya. Tentunya bagi seorang ibu baru, kehadiran bayi mungil ini telah merubah segala prioritas hidupnya dan memsukkan bayi mungil ini dalam daftar utama hidupnya. Bahkan tidak saja tentang waktu, kebutuhan bayi seperti popok yang dianggap sepele bagi seorang ayah, justru juga menjadi salah satu prioritas utama. Tentunya bagi orang tua, segala tips yang berhubungan dengan si kecil menjadi sangat penting. Contohnya adalah tentang tips mudah memakaikan popok untuk bayi, meskipun dianggap remeh bagi orang lain, namun tips ini sedikit banyak membantu bagi orang tua, khususnya bagi ibu baru.

Tips Mudah Memakaikan Popok untuk Bayi;
Foto: naturallydaily.com

Tulisan tentang tips memakaikan popok ini sedikit banyak terinspirasi dari berbagai perbincangan yang disampaikan ibu baru tentang kebingungannya saat pertama kali memakaikan popok untuk si kecil. Kebetulan di saat yang sama Majalah Mother & Baby (M&B) juga mengulas hal yang sama tentang hal ini.

Cara Mudah Memakaikan Popok untuk Bayi

Sebagai orang tua, khususnya informasi untuk si kecil menjadi sangat berharga, maka tidak salah, kalau pada saat-saat umur bayi masih di bawah 1 tahun, Anda berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang apa yang bisa diberikan untuk si kecil.

Baca juga: Bayi Kolik dan Tips Mengatasinya.

Terdapat 10 langkah mudah memakaikan popok untuk si bayi, sebagai berikut:

  1. Pastikanlah perlengkapan untuk mengganti popok si kecil berada dalam jangkauan Anda. Sangat berbahaya bila meninggalkan bayi sendiri di atas meja ganti atau meninggalkannya sendirian di tempat tidur, meskipun hanya ditinggal sebentar.
  2. Berikan alas terlebih dahulu pada plastik perlak yaitu dengan tambahan handuk sebelum  Anda mengganti popok si kecil karena plastik perlak itu dingin, agar bayi terasa nyaman.
  3. Untuk memakaikan popok tidak perlu menanggalkan baju, cukup hanya dengan membuka celana, kemudian naikkan bajunya di atas bayi, agar tidak terkena kotoran atau basah saat Anda mengganti popok.
  4. Lepaskanlah popok yang kotor, kemudian pegang kedua pergelangan kaki bayi dengan satu tangan Anda, dan angkat pantatnya. Lipatlah popokyang berisi kotoran, kemudian bersihkan sisa kotoran  yang melekat pada kulit bayi dengan menggunakan  tisu basah atau kapas.
  5. Apabila bayi anda laki-laki, bersihkan bagian bawah buah zakar dan juga penisnya. Apabila bayi Anda perempuan, bersihkan kemaluannya dari arah depan ke belakang agar bakteri tidak tersebar.
  6. Untuk sementara biarkan bayi Anda tanpa popok untuk beberapa saat, agar udara terasa segar saat mengenai kulitnya. Bayi Anda akan senang jika Anda menggelitik atau mencium perutnya saat ia berbaring di meja ganti.
  7. Bukalah lipatan popok yang bru, kemudian kenakan pada si kecil. Rekatkan dengan erat popok pada sebatas pinggang pada sisi kanan dan kirinya, namun jangan terlalu kencang, agar udara tetap bisa mengenai kulit bayi.
  8. Apabila bayi Anda baru lahir, lipatlah bagian atas popok tersebut agar tidak mengenai pusarnya. karena kalau tidak dilakukan, dikhawatirkan pusar tidak terkena udara  dan bisa mengakibatkan iritasi.
  9. Pastikanlah Anda meletakkan si kecil di tempat yang aman saat Anda membuang popok bekas pakai, dan cucilah tangan Anda sesudah membuang popok bekas pakai tersebut.
  10. Apabila si kecil tidak buang air besar atau popok tidak sangat basah. Anda tidak perlu mengganti popoknya saat si kecil tidur, namun jika diperlukan untuk mengganti, biarkan lampu menyala dengan redup, dan gantilah pook dengan cepat dan tenang.

Apabila di kecil sudah tumbuh besar, sering terjadi popok si kecil menjadi bocor, hal ini memberi tanda kalau si kecil sudah membutuhkan popok dengan ukuran yang lebih besar. Untuk itu periksalah berat bayi pada setiap bulannya, agar si bayi bisa menggunakan popok dengan tepat.

Setelah bayi tumbuh besar, maka intensitas mengganti popok menjadi lebih sering. Tentunya dibutuhkan seni tersendiri agar si bayi bisa tenang saat popoknya diganti, karena terkadang bayi juga ingin tahu apa isi di balik popok tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan bermain agar bayi yang mulai besar menjadi tenang dan jari-jarinya tidak mengeksplore kemana-mana.

itu dia sedikit “Tips Mudah Memakaikan Popok untuk Bayi”, semoga bermanfaat untuk Anda, dan juga menjadi referensi untuk Anda apabila dikemudian hari Anda memiliki bayi kecil mungil lagi.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Memakaikan Popok untuk Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel