Tips Merawat Mobil untuk Daerah Tropis

Sebagai orang Indonesia tentunya kebiasaan menggunakan mobil sudah menjadi kebutuhan, namun apa jadinya kalau ternyata Anda harus tinggal dan bermukim agak lama di luar negeri, tentunya pada saat pulang ke Indonesia terkadang agak lupa, apa saja yang harus dilakukan terhadap mobil kesayangan, mulai dari perawatan dan apa yang harus dilakukan dengan mobil yang biasa dipakai di Indonesia. Tentunya terdapat sedikit perbedaan perlakuan antara mobil yang biasa dipakai di luar negeri dengan mobil Indonesia yang memiliki khas tropis. Oleh karena itu, di bawah ini akan disampaikan tips merawat mobil untuk daerah tropis.

Tips Merawat Mobil untuk Daerah Tropis;
Foto: tireburn.com

Mobil sebagai alat transportasi tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu pula dengan menjaga dan merawat mobil di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Begitu pula, saat Anda ingin membeli mobil yang diproduksi dan biasa dipakai di luar negeri, yang nota bene memiliki banyak musim.

Cara Merawat Mobil untuk Mobil Khas Tropis

Beda negara beda pula perlakuannya, hal ini pula yang berlaku saat akan merawat mobil. Merawat mobil di negara tropis menurut kebanyakan para ahli mobil membutuhkan perhatian ekstra, untuk itu dibutuhkan perhatian ekstra, bahkan perlu dilakukan penambahan komponen dan perhatian ekstra untuk merawat mobil yang biasa dipakai di daerah tropis.

Baca juga: Tips Menjaga Nilai Jual Mobil.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tingkat kelembaban, suhu rata-rata setiap hari dan juga curah hujan di negara tropis relatif sangat tinggi. Tingkat kelembaban ini otomatis akan membuat koneksi kabel yang ada dengan sistem mobil menjadi terganggu mengingat efek karat dan korosi yang ditimbulkannya. Cara mengatasinya adalah saat Anda membeli mobil di dealer  mintalah ECU (electronic control units) dan sistem pendingin yang sudah disetel. Hal ini dimaksudkan agar mobil bisa beradaptasi dengan kondisi dan cuaca tropis yang akan dihadapi.
  • Periksa air karburator mobil, karena temperatur mesin yang tinggi bisa mengakibatkan kerusakan parah pada mesin.
  • Hujan deras juga bisa berpengaruh pada kondisi kabel yang ada dalam mobil. Periksa juga semua kabel dalam sistem jaringan kabel pada mobil.
  • Periksa juga komponen sistem pendingin seperti water pump dan radiator.
  • Pastikan semua panel indikator bekerja dengan baik dan isi radiator sesuai anjuran pada buku petunjuk manual.
  • Dianjurkan juga untuk mengganti kabel-kabel tersebut dengan gold conector, atau sebagai alternatif apabila harga gold conector dirasa lebih mahal, bisa diakali dengan rajin pergi ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan rutin dan jangan sampai terjadi korosi pada kabel. Atau Anda juga bisa menutup kabel konektor dengan silikon dan lapisi kabel tersebut secara merata.

Itu dia sedikit tips merawat mobil untuk daerah tropis, semoga bermanfaaat untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Mobil untuk Daerah Tropis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel