Tips Mencuci Motor

Motor sudah menjadi alat transportasi wajib bagi masyarakat Indonesia, selain untuk mempercerpat perjalanan yang akan dilakukan, selain itu menggunakan motor juga untuk memudahkan dalam berakselerasi dijalanan yang sering terjadi macet. Di balik penggunaannya sehari-hari, ternyata motor juga harus dirawat layaknya pemiliknya, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci motor. Meskipun tidak dilakukan setiap hari, namun setidaknya lakukan mencuci motor seminggu sekali untuk mencegah kerusakan yang terjadi. Berikut akan diberikan tips mencuci motor, termasuk dengan menggunakan bahan yang paling murah.

Tips Mencuci Motor
Foto: biker.report

Bagi setiap pemilik motor, mencuci motor sudah menjadi sebuah agenda wajib yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi setelah melewati jalanan di musim hujan, tentunya motor dipenuhi dengan lumpur dan kotoran yang menempel. Selain agar terlihat bersih dan mengkilap, mencuci motor juga bisa melihat berbagai hal yang terjadi, misalnya apabila terjadi kerusakan pada motor itu sendiri.

Mencuci Motor dengan Sunlight, Murah dan Bersih

Ternyata mencuci motor berbeda dengan mencuci barang-brang rumah tangga lainnya, meskipun terlihat mudah, mencuci motor ternyata memiliki teknik tersendiri yang kadang luput dari perhatian.

Baca juga: Tips Memilih Jaket untuk Pengendara Motor.

Oleh karena itu, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan agar motor terlihat rapi dan bagus, antara lain:

  1. Apabila motor dilengkapi dengan berbagai aksesoris, misalnya kotak atau tas, alangkah sebaiknya tas tersebut dilepas terlebih dahulu. Hal ini dengan tujuan agar lebih maksimal dalam mencuci dan mengeringkannya nanti, selain itu agar tas khususnya yang terbuat dari kulit tidak mudah rusak.
  2. Pastikanlah sebelum mulai mencuci motor harus dalam keadaan dingin, dan cucilah di tempat yang teduh. Motor dengan permukaan yang panas akan menjadikan air menjadi lebih cepat menguap dan meninggalkan bekas titik air pada motr.
  3. Cucilah di tempat yang landai agar air bekas cuci cepat mengalir.
  4. Siram motor dengan tekanan air yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Pancaran air yang terlalu keras dikhawatirkan akan membuat kotoran masuk ke sela-sela motor yang sulit dijangkau, sedangkan pancaran air yang terlalu lembut menjadikan tidak kuat untuk mendorong kotoran yang menempel.
  5. Mulailah mencuci dari ban dan sebaiknya gunakan cairan khusus untuk membersihkan ban. Baru setelah itu beranjak ke bodi motor  dari atas ke bawah dengan menggunakan sampo khusus atau bisa juga dengan menggunakan Sunlight. Untuk sampo motor yang digunakan, ikutilah petunjuk pemakaian, begitu pula kalau Anda menggunakan Sunlight dan jangan kaget meskipun hanya berbekal Sunlight, dijamin motor Anda tetap bersih dengan bau harum jeruk nipis.
  6. Jangan menggunakan sikat atau kain yang kasar agar lapisan cat atau bodi motor tidak tergores.

Setelah proses mencuci motor selesai, maka tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengeringkan motor tersebut. Adapun cara mengeringkan motor setelah dicuci, antara lain:

  1. Keringkan dengan segera, motor yang selesai dicuci dengan lap yang terbuat dari bahan sintetis, karena lap sintetis ini memiliki daya serap yang tinggi.
  2. Sangat dianjurkan untuk menyalakan motor selama 3 sampai 5 menit. Sedikit panas dari mesin dan getaran yang ditimbulkan akan sangat membantu proses pengeringan. Bila perlu bisa menggunakan air compressor.
  3. Setelah motor yang dicuci kering, motor bisa dipoles dengan wax agar motor menjadi lebih bagus dan menarik.

Menarik bukan? Menjaga motor tetap bersih menjadi sebuah keharusan yang tidak boleh ditinggalkan oleh para pemilik motor, selain agar selalu terawat, dengan mencuci motor sendiri Anda menjadi lebih tahu apabila terjadi sesuatu pada motor Anda. Semoga sedikit informasi tentang “tips mencuci motor” ini bermanfaat dan mengingatkan Anda betapa pentingnya selalu menjaga kebersihan motor. 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencuci Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel