Tips Memeriksa Accu Saat Motor Mogok

Merawat barang milik kita sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Begitu pula bila Anda merawat motor kesayangan, apalagi motor tersebut selalu digunakan setiap hari. Namun, apa yang harus dilakukan bila perawatan sudah dilakukan, servis rutin sudah dilakukan, namun tiba-tiba motor kesayangan tidak bisa dihidupkan. Tentunya membuat Anda bingung atau malah geregetan karena harus menunda sedikit acara yang disebabkan motor mogok. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan diberikan tips memeriksa accu saat motor mogok.

Tips Memeriksa Accu Saat Motor Mogok;
Foto: belipart.com

Banyak alasan yang membuat motor kesayangan tiba-tiba tidak bisa dihidupkan. Salah satu penyebabnya adalah segala hal yang berhubungan dengan accu atau baterai, mulai dari kondisinya yang sudah lemah atau soak sampai hubungan arus listrik yang terganggu.

Cara Memeriksa Accu Jika Motor Mogok

Diantara berbagai alasan yang muncul apabila terjadi masalah pada motor, maka accu menjadi satu alasan mengapa motor tiba-tiba mogok. Tentunya kalau sudah begini maka rasa marah, cemas dan kesal akan bercampur menjadi satu, apalagi waktu sudah mepet dan Anda harus berangkat bekerja.

Baca juga: Tips Melumasi Rantai Motor.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Memeriksa semua sambungan kabel yang ada pada accu.
  • Ukur tegangan accu dengan menggunakan milimeter.

- Memeriksa semua sambungan kabel yang ada pada accu. Langkah ini menjadi langkah yang paling mudah, yaitu dengan menelusuri kabel yang seharusnya terhubung pada accu, kalau terdapat kabel yang putus atau tidak terhubung pada accu segeralah menyambungkan kembali kabel tersebut dan coba nyalakan motor Anda kembali.

Begitu juga dengan ujung kabel yang terhubung pada accu, apabila terdapat karat atau terkena korosi, segera bersihkan dengan amplas atau sikatlah kawat tersebut sampai benar-benar bersih, karena karat atau korosi yang terdapat pada ujung kabel bisa menghambat arus listrik. Sebelum memasang kabel, sangat dianjurkan untuk melapisi ujung kabel dengan sedikit pelumas agar terhindar dari karat atau korosi.

- Ukur teganggan accu dengan menggunakan milimeter. Langkah ini dilakukan apabila langkah tersebut belum berhasil. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memposisikan multimeter pada posisi DC, dan hubungkan kabel merah multimeter pada kutub positif accu dan kabel hitam pada kutub negatif. Angka yang muncul pada multimeter seharusnya tidak lebih atau sama dangan 12,5 volt. Apabila kurang dari angkat tersebut, berarti tegangan accu berkurang.

Kemudian periksa cairan elektrolit dan pastikan level cairan tersebut sesuai dengan yang dianjurkan. Setelah semua langkah tersebut selesai, baru hidupkan kembali motor. Kalau masih mogok sebaiknya Anda segera membawanya ke bengkel atau bisa juga harus mengganti accu lama dengan accu yang baru.

Itu dia sedikit tips memeriksa accu saat motor mogok. Semoga bermanfaat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memeriksa Accu Saat Motor Mogok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel