Tips Melumasi Rantai Motor

Siapa yang tidak kenal dengan motor? Motor di Indonesia sudah menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan dan hampir setiap rumah memiliki motor, entah hanya digunakan untuk kebutuhan asal punya, atau memang digunakan sebagai penunjang dalam bekerja, yaitu sebagai kendaraan pribadi sehari-hari. Melihat penggunaan khususnya untuk keperluan sehari-hari otomatis motor harus dirawat dan dijaga. Hal yang paling mudah adalah dengan menjaga rantai motor agar tidak kering. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips melumasi rantai motor agar rantai motor tetap bersih.

Tips Melumasi Rantai Motor
Foto: autoquarterly.com

Melumasi rantai atau istilahnya melapaisi rantai motor dengan pelumas merupakan hal yang sering dilakukan saat menggunakan sepeda motor yang menggunakan rantai. Tujuan melumasi rantai motor ini adalah agar tidak berisik saat dipakai. Selain itu, juga untuk memperlancar gerakan rantai motor saat dikendarai.

Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Bersih

Bagi kebanyakan orang meminyaki atau memberikan pelumas pada rantai adalah hal yang mudah dan sepele, namun ada juga mereka yang agak takut untuk melakukan hal ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku petunjuk manual. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perawatan apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Tips Mencuci Motor.

Apabila di buku manual tidak ditemukan bagian yang secara khusus membahas cara melumasi rantai, tips berikut ini bisa Anda gunakan, sebagai berikut:

  1. Waktu terbaik untuk melumasi rantai motor adalah setelah motor baru digunakan untuk melakukan perjalanan jauh, dan saat itu rantai masih dalam keadaan hangat. Hal ini bertujuan agar proses pelumasan bisa lebih maksimal. Sangat dianjurkan untuk menggunakan pelumas khusus atau bisa chain lube yang saat ini banyak dijual dipasaran.
  2. Gunakanlah sikat yang lembut untuk melapisi rantai tersebut, dan jangan lupa untuk meletakkan wadah di bawah rantai agar pelumas tidak menetes dan tidak membuat kotor. Sikat yang digunakan tersebut untuk membersihkan rantai dari debu dan kotoran yang menempel. Dan satu lagi, jangan lupa untuk melumasi gir. Dan satu hal yang perlu diingat adalah jangan melumasi rantai dengan menuang langsung oli ke atas rantai, cara ini sangat tidak efektif, selain banyak oli yang terbuang, juga tidak bisa membersihkan rantai tersebut.
  3. Setelah semua bagian rantai sudah diberikan pelumas, kemudain tunggulah sejenak sampai tidak ada lagi yang menetes ke bawah. Apabila ingin dilanjutkan dengan mencuci motor, minimal kendarailah beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar tidak ada lagi oli yang terciprat, karena apabila hal ini terjadi maka mencuci motor akan sia-sia.
  4. Bila menggunakan chain lube, anda bisa melumasi rantai motor tersebut kapan saja. Anda bisa melumasi rantai sebulan sekali dan hal ini juga tergantung pada pemakaian. Dan yang harus diperhatikan adalah jangan sampai rantai kering, karena hal ini bisa mengganggu kenyamaan saat berkendara, karena bisa menyebabkan rantai menjadi cepat putus.

Itu dia sedikit “Tips melumasi rantai motor”, semoga bermanfaat untuk Anda dan motor kesayangan Anda selalu terjaga dan terawat dengan baik.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melumasi Rantai Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel