Tips Mengontrol Kadar Glukosa Darah

Siapa yang mengira gaya hidup dan pola makan sembarangan yang dilakukan setiap hari, tanpa disadari telah membawa seorang teman akrab terkena penyakit kencing manis. Hal ini tentunya mengakibatkan kami sebagai kawan yang setiap hari selalu bersama, datang dan bekerja dalam satu kantor, penasaran dan prihatin dengan kondisi tersebut. Sambil mencari berbagai referensi, ternyata gaya hidup yang tidak sehat dan tingkat stress yang tinggi menjadi salah satu faktor pemicu penyakit diabetes atau kencing manis tersebut. Tips mengontrol kadar glukosa darah, sengaja disampaikan dalam bahasan kali ini, yang tentunya dari berbagai sumber untuk memberikan pemahaman tentang penyakit diabetes ini.

Penyakit kencing manis atau yang memiliki nama keren sebagai “Diabetes Melitus” adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan kadar glukosa darah akibat kurangnya hormon insulin  atau kurang efektifnya kerja hormon insulin. 

Tips Mengontrol Kadar Glukosa Darah;
Foto: watsonshealth.com.ph

Penyakit diabetes  ini memang tidak dapat disembuhkan, namun bisa dicegah dan penderita penyakit diabetes ini sering mengalami berbagai komplikasi penyerta yang menyebabkan penurunan kualitas hidup.

Cara Mencegah dan Mengontrol Kadar Glukosa Darah yang Tinggi

Setiap tahunnya, tren jumlah pernyandang penyakit diabetes ini semakin meningkat. Bahkan menurut Dr Pradana Soewondo SpPD-KEMD menyampaikan bahwa faktor lingkungan dan gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan secara berlebihan, berlemak dan kurangnya aktivitas fisik ditambah dengan stress menjadi faktor pemicu timbulnya diabetes melitus, selain faktor lainnya seperti faktor genetik (keturunan) dan juga faktor usia.

Kondisi kadar glukosa darah yang tinggi dalam jangka waktu yang lama disertai dengan peningkatan kadar kolesterol darah akan mempercepat proses aterosklerosis atau penimbunan plak di dalam pembuluh darah, yang mengakibatkan timbulnya komplikasi kronis pada berbagai orang, seperti penyakit jantung koroner, stroke, ganggren tungkai, ganggungan fungsi ginjal dan banyak gangguan lainnya.

Baca juga: Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”.

Masih menurut Dr Pradana, dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa komplikasi diabetes bisa dicegah, ditunda bahkan diperlambat dengan mengontrol kadar glukosa darah.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengontrol kadar glukosa darah pada penderita diabetes, antara lain:

  • Mengatur pola makan dan meningkatkan konsumsi serat dari sayur dan buah.
  • Mempertahankan berat badan ideal. 

- Mengatur pola makan dan meningkatkan konsumsi serat dari sayur dan buah. Komposisi makanan yang direkomendasikan  bagi penderita diabetes adalah karbohidrat  45% sampai 65%, protein 15% sampai 20% dan lemak 20% sampai 25% (lemak jenuh <7%, lemak tak jenuh <10% dan sebaiknya sumber  lemak berasal dari lemak tak jenuh rantai tunggal (MUFA/ omega 9).

- Mempertahankan berat badan ideal. Cara ini bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur  minimal selama 30 menit selama 5 kali dalam seminggu.

Upaya lain adalah dengan rutin memeriksa kadar glukosa darah, kolesterol dan juga tekanan darah dan juga mengonsumsi obat yang dianjurkan  oleh dokter (khusus untuk penderita diabetes).

Itu dia sedikit informasi tips mengontrol kadar glukosa darah. Semoga bermanfaat dan kita semua selalu sehat, dan dengan memahami beberapa tips diabetes tersebut di atas maka diabetes ‘a silint killer’ ini bisa dihindari dengan mengontrol kadar glukosa darah dan mengendalikan penyakit komplikasi yang disebakan oleh diabetes.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengontrol Kadar Glukosa Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel