Gempa dan Antisipasi yang Bisa Dilakukan

Gempa dan Antisipasi yang Bisa Dilakukan - Baru-baru ini kita sempat merasakan getaran yang membuat kita kaget, getaran tersebut sangat keras dan membuat berbagai benda sempat berjatuhan. Baru kemudian menyadari bahwa telah terjadi gempa dengan guncangan yang lumayan besar pada Sabtu 10 April 2021 yang lalu yang mengguncang Kota Malang, Jawa Timur, yang terjadi sekitar pukul 14:00:15 WIB. Tidak hanya itu, efek gempa juga sempat dirasakan di berbagai kota di Jawa Timur, bahkan guncangan gempa ini juga sempat terasa di Yogyakarta dan sejumlah tempat di Bali. Sudah lama sekali sejak terjadinya musibah di Palu yang luar biasa dan merenggut banyak korban jiwa, Jawa Timur tidak pernah diguncang gempa, oleh karean itu, dengan munculnya gempa beberapa hari kemarin mengharuskan kita untuk mengerti tentang gempa, dan bisa mengantisipasinya.

Gempa dan Antisipasi yang Bisa Dilakukan
Gempa Bumi (Foto: nationalgeographic.com)

Berbicara tentang gempa, tentu saja kejadian gempa selalu datang dengan cara yang tidak bisa diduga. Mungkin yang pernah merasakan getaran gempa, begitu terjadi guncangan, ruangan terasa bergoyang, benda-benda mulai bergetar dan di saat yang sama suasana menjadi senyap, tidak lama akan terjadi kepanikan dengan berhamburan ke luar ruangan atau rumah.

Gempa Bumi dan Antisipasi yang Dilakukan Bisa Menyelamatkan Banyak Jiwa

Gempa memang bisa terjadi kapan saja, kondisi yang tenang, bisa saja berubah menjadi gaduh dan terguncang karena gempa. Mengutip apa yang disampaikan T. Tjahjo Widyasmoro yang sempat dimuat dalam Tabloid Intisari beberapa waktu yang lalu, bercermin dari sejumlah gempa yang terjadi di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, maka kita harus mengetahui segala tindakan yang bisa dilakukan di saat gempa. Hal ini disebabkan karena tidak ada siapa pun yang bisa memprediksi datangnya gempa tersebut. Baik gempa yang sifatnya kecil sampai gempa bvesar yang bisa mengkibatkan guncangan hebat. 

Yang menjadi masalah pada saat terjadi gempa adalah pada saat terjadi gempa, ada sebagian orang yang berada di dalam bangunan, entah di dalam kantor, di rumah atau bahkan di tempat umum. Sangat beruntung apabila bangunan sebagai tempat berteduh tersebut, aman dan bisa menahan guncangan. Yang mengkhawatitrkan bahkan menakutkan adalah apabila bangunan yang dijadikan sebagai tempat berteduh tadi tidak bisa menahan guncangan dan runtuh, yang pada akhirnya bisa menimbulkan kematian.

Baca juga: Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”.

Pada beberapa negara yang rawan gempa, misalnya Jepang, tindakan pencegahan dan penyelamatan diri sudah diperkenalkan dan dilatih sejak usia dini. Antisipasi yang dilakukan adalah:

  1. Memberikan sistem peringatan dini.
  2. Melakukan latihan rutin.
  3. Kewaspadaan secara terus meneurus.
  4. Persiapan perlengkapan menghadapi bencana.

Dari segala persiapan dan pendidikan atas antispiasi gempa tersebut, telah terbukti menurunkan jumlah korban gempa secara signifikan dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Gempa Terkini dan Tindakan Saat Terjadinya Gempa

Pada beberapa orang yang pernah mengalami dan merasakan gempa menceritakan bahwa pada saat terjadi gempa, maka tanah, lantai atau ruangan terasa bergetar. Bahkan getaran yang awalnya sangat perlahan, tiba-tiba bisa menjadi sangat hebat, pada saat itu bahkan untuk berdiri atau bahkan berlari menjadi sangat sulit.

Tindakan yang bisa dilakukan dan harus segera dilakukan saat terjadinya gempa, antara lain:

  • Tetaplah bersikap tenang, dan tunggulah sampai gempa mereda.
  • Cariah tempat yang kokoh, seperti di kolong meja, di bawah kusen pintu atau berada di dekat tiang beton.

Gempa Terkini dan Tindakan Saat Terjadinya Gempa
Ilustrasi

  • Segera lindungilah tubuh, terutama kepala, dengan menggunakan buku yang tebal atau bisa bantal.
  • Apabila sempat, buka pintu untuk persiapan jalan keluar. Dan matikan sumber api, seperti kompor, sakelar listrik dan saluran gas.
  • Hindarilah berlari di lorong atau koridor, karena tempat seperti itu sangat tidak stabil.
  • Bagitu gempa mereda, carilah jalan keluar yang cukup aman.
  • Jauhilah bangunan dan segera cari tempat terbuka yang aman.

Gempa yang dahsyat pasti membuat berbagai kerugian bagi masyarakat di kawasan terdampak. Oleh karena itu, memahami dan antispiasi yang bisa dlakukan saat terjadinya gempa menjadi sangat penting. Semoga sedikit tulisan tentang “Gempa dan Antisipasi yang Bisa Dilakukan” ini bermanfaat dan bisa menjadi pegangan apabila sewaktu-waktu terjadi gempa sehingga bisa mempersiapkan segala hal yang bisa dilakukan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Gempa dan Antisipasi yang Bisa Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel