Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”

Menikmati makanan lezat, seperti sate jerohan, atau nasi sambal lauk babat sapi atau usus sapi menjadi favorit kebanyakan para pecinta kuliner. Namun, dibalik kenikmatan makanan tersebut, Anda pasti sering menemui orang-orang yang saat diajak menikmati makanan lezat ini, selalu berusaha menghindari ajakan tersebut, dengan alasan “kolesterol” atau dengan berbagai alasan lain, namun sebenarnya apakah kolesterol ini, sehingga menjadi momok yang menakutkan? Berikut akan disampaikan tips sehat dengan “teknik baru untuk menurunkan kadar kolesterol”.

Kolesterol merupakan lemak yang berguna untuk tubuh, namun bila kadar yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi akan mengakibatkan kolesterol tersebut menumpuk di dalam pembuluh darah dan akan mengganggu aliran darah. Kolesterol adalah zat yang diproduksi secara alami, yang diproduksi oleh hati, namun bisa ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan, seprti susu dan daging.

Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”;
Foto: istockphoto.com

Sebenarnya kolesterol  sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sel-sel sehat, menghasilkan vitamin D dan juga memproduksi hormon. Namun, kolesterol bisa mengganggu kesehatan, bila kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi.

Tips Sehat Alami dengan Menurunkan Kadar Kolesterol

Pola hidup atau pun gaya hidup ternyata sangat menentukan kadar kolesterol jahat atau disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah. Banyak hal yang menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat, mulai dari suka mengonsumsi makanan berlemak, tingkat stress yang tinggi dan juga bekerja dengan tidak mengenal waktu.

Sering sekali terjadi orang yang memiliki kadar kolestrol yang meningkat ini cenderung mengabaikan, sehingga tidak disadari timbul berbagai penyakit berbahaya yang menyerang dalam tubuh. Seperti penyakit jantung koroner hingga stroke.

Baca juga: Tips Menghindari Nyeri Pinggang Bawah.

Dari berbagai referensi seperti alodokter.com yang menyarankan untuk memeriksakan kadar kolesterol secara berkala, hal ini dimaksudkan agar kadar kolesterol bisa terpantau. Jika kadar kolesterol melebihi batas ideal, disarankan agar mengkonsultasikannya pada dokter.

Terdapat beberapa cara pencegahan agar kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat, antara lain:

  1. Mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Contohnya daging sapi atau kambing dengan kadar lemak tinggi.
  2. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan.
  3. Perhatikan proses dalam mengolah makanan. Contoh yang sering terjadi adalah menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng makanan secara berulang kali, hal ini akan meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam darah.
  4. Rutin berolahraga. Lakukan antara 3 sampai 5 kali dalam satu minggu. Olahraga yang disarankan adalah jalan cepat, jogging atau bisa berenang. Lakukan antara 30 sampai 60 menit, hal ini akan memberikan pengaruh positif dengan turunnya kadar kolesterol dalam darah.

Terdapat teknik lain atau bisa dikatakan teknik baru untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu dengan mengonsumsi “air embun”. 

Berdasarkan hasil uji pra-klinis yang dilakukan oleh Puslitbang Biomedis dan Farmasi, Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penggunaan air embun memberikan manfaat, antara lain:

  • Menurunkan kolesterol dan juga kadar LDL dalam darah.
  • Melancarkan penyumbatan sirkulasi darah.
  • Mengurangi risiko terjadinya stroke.
  • Mencegah dan mengatasi sembelit.
  • Membantu mencapai berat badan ideal.

Salah satu prouk yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar kolesterol yang diproses dengan benar dan aman adalah Purence. Purence menjadi salah satu produk air embun yang diproduksi dengan menggunakan teknologi SDP (Systemized Dew Process), yaitu udara lembab akan melalui supporting process, yaitu Micro Particle Separator System (MPSS) yang akan memisahkan partikel berukuran mikro yang berbahaya, kemudian udara lembab yang sudah bersih kemudian diproses untuk bisa menghasilkan air embun alami.

Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”;Tips Sehat Alami dengan Menurunkan Kadar Kolesterol;
Purence (Foto: batampos.co.id)

Selain mencegah agar kolesterol tidak meningkat dan menggunakan air embun untuk menurunkan kadar kolesterol, terdapat hal lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan cermat dalam hal memilih makanan, yaitu makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi yang berhubungan dengan kadar kolesterol dalam darah.

Makanan yang buruk dan berpengaruh dalam kadar kolesterol dalam darah, antara lain:

  • Daging berlemak.
  • Kuning telur.
  • Kepiting.
  • Jerohan.
  • Otak sapi.
  • Cumi-cumi.
  • Udang.
  • Kerang.
  • Santan.
  • Makanan dengan pengawet.

Makanan yang baik dan berpengaruh dalam kadar kolesterol dalam darah, antara lain:

  • Buah-buahan berwarna (seperti jeruk, tomat, mangga, dan buah berwarna lainnya).
  • Sayur-sayuran.
  • Ikan laut.
  • Jus buah.
  • Gandum.
  • Kacang-kacangn.
  • Susu rendah lemak.

Itu dia sedikit informasi dan tips sehat denga “teknik baru untuk menurunkan kadar kolesterol”, semoga bermanfaat dan mengingatkan kita tentang pentingnya kesehatan bagi kita.,


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel