Bibir Sumbing dan Langit-langit

Melihat bayi sehat dan menyenangkan pasti menjadi hal yang menggembirakan. Namun bagaimana bila ternyata bayi tersebut memiliki kelainan, seperti terdapatnya kekurangan pada wajah, yaitu tidak sempurnanya bibir atau yang sering disebut dengan bibir sumbing dan langit-langit. Tentunya hal ini menjadi perhatian bagi orang tua, dan pihak sekitar untuk membantu agar bayi tersebut menjadi normal kembali.

Bibir sumbing merupakan suatu kelainan bawaan yang bisa dilihat dengan adanya celah pada bibir. Celah tersebut bahkan bisa muncul di tengah, kanan atau bahkan pada bagian kiri bibir. Bibir sumbing ini sering juga disertai degan munculnya celah dilangit-langit mulut yang juga sering disebut langit sumbing.

Penyebab Sumbing Bibir dan Langit-langit

Meskipun sumbing bibir dan atau langit-langit merupakan kelainan lahir yang bisa terlihat, namun hampir semua anak menderita kelainan  bisa menjalani operasi koreksi dengan sukses. Bahkan perawatan lanjutan untuk memperbaiki keadaan lain yang menyertainya, seperti masalah pada kemampuan bicara, pendengaran dan juga pertumbuhan gigi, bisa diatasi dengan baik.

Bibir Sumbing dan Langit-langit;Penyebab Sumbing Bibir dan Langit-langit;
Foto: spillednews.com

Bagaimana hingga terjadi sumbing? Sumbing adalah terdapatnya belahan pada gusi, bibir atau bahkan langit-langit rongga mulut. Kondisi ini terbentuk pada kehamilan 6 minggu, dimana pembentukan pada bagian wajah dan langit-langit rongga mulut akan menyatu. Namun tidak tahu atau karena adanya sebab tertentu, menjadikan proses ini tidak tuntas.

 Baca juga: Mitos dalam Persalinan.

Penyebab timbulnya bibir sumbing ini tidak diketahui, namun sumbing bisa terjadi dalam garis keluarga. Pada studi tertentu menyimpulkan bahawa merokok pada masa kehamilan sangat berhubungan dengan kondisi ini. Agar terhindar pada kondisi ini, mengonsumsi suplemen folic acid secara teratur sebelum dan selama hamil, dipercaya bisa mencegah timbulnya bibir sumbing.

Antisipasi dan Pengobatan bIbir Sumbing

Tentunya agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan, harus dilakukan antisipasi yaitu dengan melakukan diagnosa, pada separuh kasus bibir sumbing bisa dideteksi pada saat pemeriksaan USG saat usia kandungan 18 minggu, namun sumbing langit-langit ini sulit untuk dideteksi.

Apabila sudah terjadi dan bayi sudah diahirkan dalam keadaan bibir sumbing, biasanya bayi dengan bibir sumbing memiliki masalah dengan makan, dan pada bayi yang mengalami masalah dengan sumbing langit-langit ini mengalami kesulitan dalam menghisap. Solusinya adalah digunakan botol khusus yang lembut.

Pengobatan. Sumbing pada bibir, biasanya akan diperbaiki oleh spesialis bedah pada kurun waktu 3 bulan pertama  kehidupan bayi. Untuk sumbing pada langit-langit, biasanya akan diperbaiki pada usia antara 6 sampai 9 bulan. Operasi dan perawatan sangat efektif, sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau tidak melakukannya sehingga bayi bisa hidup normal kembali.

Itu dia sedikit informasi tentang bibir sumbing dan langit-langit, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan bagaimana pencegahan dan cara mengobati bibir sumbing.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bibir Sumbing dan Langit-langit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel