Tips Memilih “Stereo Head Unit”

Mobil masih menjadi bahasan yang menarik, apalagi mobil saat ini tidak saja hanya digunakan sebagai alat berkendara, namun juga sebagai tempat yang nyaman saat menikmati perjalanan. Karena menjadi sarana yang nyaman dalam melakukan perjalanan, tentunya mobil harus ditambahkan dengan perlengkapan yang nyaman, salah satunya alat untuk mendengar musik. Untuk itu, pada kesempatan ini akan diberikan tips memilih stereo head unit yang pas untuk mobil Anda.

Tips Memilih “Stereo Head Unit”;
Foto: adrenalineautosound.com

Head unit sendiri merupakan otak dari perangkat hiburan yang ada pada mobil, sehingga kualitas dari head unit tersebut akan mempengaruhi kapasitas hiburan yang diperoleh. Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kualitas suara yang dihasilkan, namun memilih stereo head unit untuk dipasang di mobil kesayangan bisa jadi membingungkan.

Cara Memilih Head Unit yang Pas untuk Mobil Kesayangan 

Saat ini head unit memiliki banyak jenis dan merek yang menawarkan kelebihan dan juga model yang beragam. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membeli stereo head unit dan ingin mengganti head unit bawaan mobil  terdahulu terdapat hal-hal yang harus dipertimbangkan.

Baca juga: Tips Merawat Power Steering Mobil.

Terdapat beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman apabila Anda ingin mengganti head unit mobil Anda selain harga head unit tersebut, antara lain:

  1. Stereo head unit yang akan dipilih harus mudah dioperasikan, hal ini dikarenakan semua perintah yang berhubungan dengan audio berasal dari head unit ini. Pada intinya, Anda harus nyaman saat menggunakan perangkat ini, Anda bisa menilai poin dengan memperhatikan besar kecilnya tombol.
  2. Pertimbangkan pula apakah Anda cukup menggunakan cassete player atau hanya dengan CD player atau cukup menggunakan USB Flash Disk. Pilihan ini kembali pada kebutuhan dan kemampuan Anda. Saat ini pada masing-masing piranti sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan dalam pengoperasiannya.
  3. Hal yang harus diperhatikan adalah daya yang dibutuhkan oleh stereo head unit. Semakin besar daya maka semakin baik pula kualitas suara yang biasa Anda dapatkan. Untuk itu, agar Anda tidak menyesal dan lebih yakin, Anda bisa mencoba terlebih dahulu head unit tersebut agar yakin pada kualitas suara yang dihasilkan. Jangan sampai terkecoh dengan kata-kata yang menempel pada head unit yang mengacu ada kekuatan dayanya.
  4. Untuk Anda yang hobi mendengarkan musik , pilihlah stereo head unit yang memiliki pre-amp output. Dengan fitur ini maka Anda bisa menghubungkan stereo head unit dengan amplifier secara langsung tanpa kesulitan. Dengan adanya amplifier akan membuat kualitas suara menjadi lebih baik.

Itu dia sedikit tips memilih stereo head unit yang pas untuk mobil Anda. Semoga bermanfaat, sebelum membeli dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya agar mendapatkan stereo head unit terbaik.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih “Stereo Head Unit”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel