Tips Download Gambar di Google

Tips Download Gambar di Google - Saat ini begtu banyak pekerjaan yang membutuhkan gambar sebagai ilustrasi agar client atau tulisan yang diposting dalam blog bisa dimengerti. Dengan berbagai kesibukan yang sedang dilakukan, maka mengambil gambar di Google menjadi salah satu cara praktis dan paling mudah. Namun, tahukan Anda bahwa gambar yang ada di Google ternyata juga memiliki lisensi, dan tidak hanya kita orang awam yang tidak tahu tentang cara mengambil gambar di Google yang memiliki lisensi, bahkan seorang desainer grafis pun banyak yang mendownload gambar dari google image untuk kepentinganya projectnya, baik untuk kepentingan pribadi atau pun komersial. Namun, sayangnya tidak semua desainer grafis memperhatikan tentang lisensi gambar tersebut.

Memang bisa diakui bahwa mencari gambar di Google sangatlah mudah, tinggal mengetik kata dan gambar yang diinginkan, dalam waktu beberapa detik gambar yang diinginkan akan segera muncul. Namun, yang harus diperhatikan  adalah saat mencari gambar di Google adalah terdapat lisensi pada gambar tersebut.

Tips Dowload Gambar di Google
Ilustrasi (Sumber gambar: istockphoto.com)

Cara Melihat Lisensi Gambar di Google

Lisensi? Tentunya hal ini sangat jarang dipahami oleh kita semua, dan ternyata sangat disarankan untuk memahami istilah lisensi dalam dunia internet. Artinya jangan asal mengambil gambar dari Google images, karena bisa saja gambar yang ada di Google tidak diizinkan untuk digunakan atau direproduksi untukkeperluan apa pun.

Mengambil ide yang disampaikan dalam www.instagram.com/rubrikgrafis/ tentang cara melihat lisensi gambar di Google yang aman untuk keperluan personal dan komersial, sebagai berikut:

1. Menggunakan fitur hak penggunaan, dengan meng-klik fitur dahulu.

Tips Dowload Gambar di Google;Cara Melihat Lisensi Gambar di Google;
Sumber gambar: instagram.com/rubrikgrafis

2. Kemudian Google akan secara otomatis memfilter gambar-gambar yang bisa didownload secara gratis dan bisa digunakan untuk keperluan secara personal dan komersial.

Tips Dowload Gambar di Google;Cara Melihat Lisensi Gambar di Google;
Sumber gambar: instagram.com/rubrikgrafis

Namun apakah cara ini sudah aman?

Pada gambar diatas, Anda bisa melihat pada bagian bawah terdapat kalimat “Gambar bisa saja memiliki hak cipta”. Yang berarti lisensi juga masih diragukan.

Baca juga:  Tips Menggunakan Internet "Mencegah Pencurian Identitas di Internet".

Dengan adanya lisesni yang ada pada gambar tersebut, jangan sampai malah menghambat pekerjaan n sedang dilakukan, solusinya adalah mendownload gambar pada website penyedia gambar gratis.

Terdapat 3 website penyedia gambar gratis, antara lain:

  1. Pixabay.com. Semua konten yang ada di Pixabay.com bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan komersial atau pun non komersial di seluruh media cetak dan digital.
  2. Pexels.com. Semua foto di Pexels diberikan dan bisa diambil secara gratis untuk digunakan dan bisa dimodifikasi, dan juga tidak diwajibkan menambahkan kredit.
  3. unsplash.com. Semua foto yang diterbitkan di Unsplash bisa digunakan secara gratis, dan bisa digunakan untuk tujuan komersial dan non komersial. 

Itu dia sedikit informasi tentang “Tips Download Gambar di Google”, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Download Gambar di Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel