Tips Menghindari Nyeri Pinggang Bawah

Menjalani rutinitas dan aktivitas sehari-hari seperti bekerja ataupun olahraga menjadi hal yang biasa, namun apa jadinya kalau ternyata tiba-tiba punggung atau pinggang bawah mengalami sakit atau nyeri yang mendadak. Pada banyak kasus, rasa nyeri pada pinggang bagian bawah biasanya terasa sampai ke bokong dan juga paha, bahkan diantaranya ada yang menjalar sampai pada kaki. Berikut akan disampaikan tips menghindari nyeri pinggang bawah.

Tips Menghindari Nyeri Pinggang Bawah;
Nyeri pinggang bawah (Foto: istockphoto.com)

Pada kenyataannya hampir 80% pernah mengalami nyeri pada pinggang bawah yang disebabkan faktor mekanis atau yang disebut juga dengan mechanical low back pain, hal ini menyebabkan seseorang yang terkena gangguan berupa rasa nyeri akibat saraf tulang belakang mengalami gangguan.

Cara Menghindari Nyeri Pinggang Belakang dan Perut Bagian Bawah

Sering kali dokter akan menyarankan tindakan operasi untuk mengatasi keluhan seperti di atas. Namun tidak semua orang yang terkena sakit nyeri pinggang bawah mau untuk menerima anjuran dokter untuk operasi. Banyk diantaranya yang pada akhirnya mencari second opinion ke chiropractor untuk mengatasi maslah tersebut.

Baca juga: Terapi Tit Tar, Metode Pengobatan dan Penyembuhan Masalah Tulang.

Dr. Heri Suhairi MS, seorang chiropractor yang menjelaskan bahwa pada kasus-kasus tertentu, chiropractic bisa mengatasi penyebab penyakit. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa terhidar dari nyeri pinggang bawah mekanis, sebagai berikut:

  • Angkatlah barang sesuai kemampuan, dengan posisi lutut menekuk setiap kali mengangkat.
  • Janganlah duduk terlalu lama, kemudian lakukan peregangan setiap 20 sampai 30 menit dan untuk kursi yang digunakan sebagai tempat duduk jangan terlalu empuk.
  • Hindarilah pemakaian sepatu berhak tinggi, dan bertumpulah pada kedua kaki.
  • Sesuaikan posisi kursi mobil sehingga nyaman saat menyetir mobil.
  • Untuk matras tidur jangan terlalu empuk dan harus diganti pada periode umur tertentu.
  • Berolahragalah, baik sepeda, lari atau pun berenang selama 20 sampai 30 menit setiap hari.
  • Hindarilah stress yang berlebihan.

Apabila cara mencegah tersebut di atas belum berhasil, segeralah berkonsultasi pada dokter. Dan semoga informasi tentang tips menghindari nyeri pinggang bawah, bermanfaat dan bisa mencegah timbulnya nyeri pinggang bawah pada tubuh Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghindari Nyeri Pinggang Bawah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel