Pentingnya Riwayat Servis Mobil

Memiliki mobil saat ini sudah menjadi bagian penting dalam hidup, apalagi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan, mobil ibaratnya seperti rumah kedua. Karena sudah menjadi seperti rumah kedua, maka mobil harus tetap dilakukan perawatan secara rutin. Selain untuk menjaga performa mobil dan juga keindahan, merawat mobil bisa menjadi nilai tambah untuk mobil, apalagi untuk Anda yang ingin mengganti mobil. Selain merawatnya, satu hal yang harus diperhatikan adalah mencatat kapan mobil tersebut dirawat atau dilakukan perbaikan, oleh karena itu pentingnya riwayat servis mobil sangat penting untuk mengatahui kapan mobil telah dilakukan perbaikan.

Pentingnya Riwayat Servis Mobil;
Foto: istockphoto.com

Catatan servis yang berisi tentang riwayat perbaikan menjadi catatan khusus yang sangat penting bagi seorang pemilik mobil, namun kebanyakan banyak pemilik mobil yang menyepelekan catatan kecil, selain malas, juga menganggap pekerjaan kecil ini ribet dan menghabiskan waktu saja.

Mengapa Catatan Riwayat Perbaikan Mobil itu Penting?

Memiliki mobil sejatinya tidak hanya menikmati mobil dengan menyetir dan menaiki mobil, namun banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya dengan mencatat secara berkala apa yang harus dilakukan dengan mobil kesayangan, seperti mencatat segala perbaikan yang dilakukan pada mobil tersebut.

Selain berguna bagi diri sendiri, catatan yang berisi riwayat perbaikan mobil ini juga akan sangat membantu mekanik yang akan membetulkan mobil saat terjadi suatu masalah. Catatan tentang riwayat perbaikan mobil tersebut banyak macamnya, Anda pun bisa membuatnya dengan cara yang sederhana, bisa disertai dengan bukti pembayaran, seperti bon atau bisa juga berkas dari bengkel tempat Anda merawat mobil, atau bisa juga dengan menggunakan buku catatan kecil yang ditambahkan lajur kolom tanggal, bentuk perawatan yang dilakukan, nama bengkel, untuk mempermudah bisa juga dengan menggunakan program spreadsheet di komputer seperti Excell.

Baca juga: Mobil Matik, Santai Bisa, Agresif Apalagi.

Selain catatan, juga bisa ditambahkan catatan kecil yang berisi kapan perawatan selanjutnya, seperti saat mengganti oli mesin, minyak rem, dan lain sebagainya. Kelihatannya sepele, namun catatan ini sangat penting dan efektif untuk mengingatkan pemilik mobil. Bahkan anjuran dari mekanik bisa ditambahkan sebagai catatan.

Terdapat beberapa hal mengapa catatan riwayat perbaikan mobil tersebut sangat penting, antara lain:

  1. Bisa membantu para mekanik saat akan memperbaiki mobil. Dengan mengetahui jenis perbaikan yang pernah dilakukan, dan juga berbagai komponen yang telah diganti atau ditambahkan, mekanik akan bisa melakukan perbaikan secara signifikan pada mobil kesayangan Anda.
  2. Terkadang setelah beberapa waktu menggunakan mobil, Anda pun ingin mengganti mobil dengan menjual mobil lama Anda. Dan saat akan menjual mobil, catatan tentang perawatan mobil menjadi sebuah nilai lebih bagi calon pembeli. Hal ini juga akan menunjukkan dan membuktikan bahwa Anda sebagai pemilik mobil sangat perhatian pada mobil yang Anda sayangi.

Oleh karena itu, simpanlah buku tentang catatan riwayat perbaikan mobil, beserta bukti perawatan di tempat khusus. Sebagai saran, gunakanlah buku dengan jilid spiral dan juga cover yang keras agar bisa tahan lama.

Itu dia sedikit informasi tentang pentingnya riwayat servis mobil, semoga bermanfaat dan memberikan referensi untuk Anda agar mobil selalu terawat dan tercatat dengan baik.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Riwayat Servis Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel