Tips Merawat Radiator Mobil

Saat ini mobil seolah menjadi rumah kedua, selain rumah tempat tinggal. Sebagai rumah kedua yang setiap harinya selalu menyertai perjalanan, tentunya mobil harus dirawat dan dipelihara dengan rutin, layaknya rumah tempat tinggal. Bisa saja kita naik mobil penumpang umum, namun semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu perawatan mobil yang tidak boleh ditinggalkan adalah merawat radiator. Sering kali kita melihat saat tengah diperjalanan, tiba-tiba ada mobil yang harus menepi karena ada masalah, ternyata yang menjadi masalah ada pada radiator. Oleh karena itu, kali ini yang akan dibahas adalah tips merawat radiator mobil, semoga bisa memberikan solusi untuk Anda agar selalu merawat mobil kesayangan.

Radiator merupakan salah satu perangkat pada mobil yang memiliki fungsi sebagai tempat pendingin, yang didukung oleh komponen-komponen, seperti minyak pelumas, cairan pendingin dan juga udara. Ketiga komponen ini menjadi penentu dalam efisiensi performa mesin mobil yang harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya.

Merawat Radiator Mobil, Pendinginan Optmal, Mesin pun Awet

Mobil mogok, terjadi engine overheat menjadi momok bagi pemilik mobil, apalagi mobil yang umurnya sudah tua. Untuk mencegah terjadinya overheat tersebut, maka pemeriksaan dan perawatan secara rutin atas sistem pendingin menjadi menu wajib bagi seorang pemilik mobil.

Tips Merawat Radiator Mobil;Merawat Radiator Mobil, Pendinginan Optmal, Mesin pun Awet;
Foto: istockphoto.com

Terdapat beberapa tips agar mobil tidak mengalami engine overheat, antara lain:

  • Selalu menge-check radiator.
  • Memeriksa tabung cadangan.
  • Selalu melakukan pengecheckan atas tutup radiator.
  • Memeriksa selang pendingin.
  • Memeriksa kipas pendingin.
  • Memeriksa thermostat.

Baca juga: Pentingnya Riwayat Servis Mobil.

Selalu mengecheck radiator. Memeriksa radiator menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan. Terkadang air di dalam tangki cadangan radiator cepat berkurang, tentunya bisa dipastikan terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Hal ini bisa disebabkan dari sekitar radiator, seperti tutup radiator, kisi-kisi atau bisa juga cover atas radiator.  Oleh karena itu, harus dilakukan perbaikan, bila hal ini dibiarkan maka mengikibatkan kebocoran akan menjadi semakin parah.

Memeriksa tabung cadangan. Memeriksa tabung cadangan setidaknya bisa dilakukan semingu sekali. Apabil air di dalam tabung cadangan berkurang atau bahkan di bawah batas minimum, maka segera tambahkan air agar tidak terjadi overheat. Penyusutan air pada tabung cadangan yang sering terjadi, bisa dikarenakan bocornya air di sekitar tabung. Solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti segera tabung cadangan agar tidak terjadi kerusakan yang nantinya malah merembet pada bagian lain di mesin mobil.

Selalu melakukan pengecheckan atas tutup radiator. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui berkurang atau tidaknya air yang ada dalam radiator. Berkurangnya air radiator di dalam tangki, bisa disebabkan penutup radiator yang getas. Tekanan di dalam radiator yang sangat kuat tersebut tidak mampu ditahan penutup radiator dan air perlahan-lahan akan habis. Penggantian tutup radiator harus sesuai dengan rekomendasi pabrik yang tertera pada tutup radiator.

Memeriksa selang pendingin. Kebocoran yang terjadi pada radiator bisa juga disebabkan selang pendingin yang mengalami robek, meskipun robek kecil. Apabila hal ini terjadi maka langkah yang harus dilakukan adalah mengganti dengan segera selang pendingin radiator. Bila tidak diganti, hal ini bisa menyebabkan sirkulasi pendinginan menjadi kurang maksimal dan air yang merembes menjadi semakin banyak.

Memeriksa kipas pendingin. Dari beberapa gejala penyebab overheat, maka penyebabnya, salah satunya adalah kipas pendingin yang tidak berfungsi di mesin, hal ini mengakibatkan pasokan udara di sekitar radiator menjadi terhambat dan mesin menjadi overheat seketika. Oleh karena itu, apabila motor kipas pendingin tidak berfungsi, segera diganti, meskipun mesin kipas pendingin bisa direparasi, namun hal ini sangat tidak dianjurkan, karena umurnya juga tidak akan panjang.

Memeriksa thermostat. Thermostat memiliki fungsi untuk menjaga agar temperatur tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Thermostat yang sudah tidak berfungsi, sebaiknya segera diganti dengan thermostat yang baru agar sirkulasi pendinginan tidak terganggu.

Itu dia sedikit tips merawat radiator mobil, semoga bisa menjadi referensi dan perjalanan Anda selalu menyenangkan dan tidak terhambat hal-hal remeh yang mengganggu perjalanan Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Radiator Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel