Tips Mobil “Mengatur Muatan Bagasi”

Traveling dan pandemi sepertinya menjadi hal yang bertolak belakang, namun bagaimana ceritanya kalau di masa pandemi seperti saat ini, mengharuskan Anda untuk berangkat melakukan perjalanan, entah karena perjalanan dinas atau harus mengunjungi rumah saudara atau orang tua karena suatu keperluan? Tentunya tetap menjaga protokol kesehatan menjadi syarat utama agar perjalanan tetap aman, selain protokol kesehatan, agar perjalanan menjadi nyaman, maka yang harus diperhatikan adalah cara membawa barang bawaan. Oleh karena itu, kali ini akan diberikan tips mobil “mengatur muatan bagasi” agar barang bawaan bisa tertata dengan rapi dan juga bisa menyeimbangkan beban bagasi.

Terinspirasi dari tulisan Afid S.Y. Uno dalam Majalah Mobil Motor, tentang bagaimana cara mengatur bagasi yang didasarkan atas prioritas penggunaan dan beban, hal ini yang jarang dipahami oleh para pengendara yang sering membawa banyak barang bawaan. Mobil pribadi menjadi pilihan masyarakat apalagi dengan membawa anggota keluarga dan barang bawaan, namun dibalik itu semua, satu hal yang harus diperhatikan yaitu mobil akan penuh dengan muatan, baik penumpang atau pun barang.

Tips Mobil “Mengatur Muatan Bagasi”;
Foto: istockphoto.com

Cara Mengatur Bagasi

Seperti fungsi bagasi pada umumnya, maka bagasi berfungsi untuk mengakomodasi barang bawaan, baik perlengkapan perjalanan, pakaian, makanan dan minuman, juga yang pasti, buah tangan atau oleh-oleh untuk sanak saudara.

Dengan menata muatan di bagasi, akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, dan juga menjadi lebih mudah menjangkaunya saat dibutuhkan di perjalanan. Dengan menata barang-barang di bagasi akan membuat barang-barang yang tidak dibutuhkan berceceran di kabin, khususnya kendaraan MPV atau SUV yang bagasinya menyatu dengan kabin penumpang.

Baca juga: Tips Merawat Mobil “Sun Visor” dan “Headliner”.

Terdapat beberapa langkah untuk mengatur muatan bagasi agar bisa menyeimbangkan beban bagasi yang diatur berdasarkan prioritas penggunaan dan beban, sebagai berikut:

  • Tentukanlah dulu prioritas.
  • Susun barang bawaan.
  • Berilah wadah khusus.
  • Atur dengan rapi.
  • Perhatikan tinggi barang bawaan.

Tentukanlah dulu prioritas. Hal ini agar mudah dalam mencari barang bawaan, apalagi saat perjalanan, dengan barang yang sering digunakan dalam perjalanan dan dipisahkan pada tempat tersendiri, dan untuk barang yang akan digunakan di tempat tujuan ditempatkan pada tempat yang kuat.

Susun barang bawaan. Proses penyusunan barang bawaan juga harus diatur dengan menempatkan barang yang berat atau yang akan digunakan di tempat tujuan diletakkan pada posisi paling bawah. Sedangkan barang yang ringan dan selalu digunakan dalam perjalanan, seperti pakaian ganti, lap keringat, makanan dan minuman diletakkan di atas dan mudah untuk dijangkau.

Berilah wadah khusus. Berikanlah tempat khusus untuk meletakkan makanan dan minuman, dan kebutuhan lainnya yang mudah tumpah dan bisa mengotori kabin.

Atur dengan rapi. Cara pengaturan barang bawaan bisa diatur sedemikian rupa, dengan melihat berat total bawaan dan penumpang, jangan sampai kelebihan beban. Jangan lupa untuk membaca buku manual kendaraan tentang beban maksimum. Pengaturan barang bawaan tersebut dimaksudkan agar beban tambahan bisa terbagi rata antara berat beban pada dek bagasi.

Perhatikan tinggi barang bawaan. Pengaturan ini dimaksudkan agar jangan sampai menutupi kaca belakang, karena apabila sampai menutupi kaca belakang akan mengurangi visibilitas ke arah belakang dan akan merepotkan perjalanan.

Tips Mengatur Barang Bawaan untuk MPV atau SUV

Terkadang dengan semakin banyaknya barang bawaan menjadikan bagasi tidak cukup, apalagi kalau hanya menggunakan cargo net. Untuk itu terdapat beberapa cara mengatur barang bawaan pada mobil dengan tipe MPV atau SUV, antara lain:

  • Rebahkan atau lipat jok pada baris belakang agar bisa mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas.
  • Jika terdapat klip pada pilar untuk menjepit sabuk keselamatan, gunakan fitur tersebut agar sabuk keselamatan tersebut tidak mudah rusak dan tidak mengganggu saat jok dilipat atau menata muatan.

Semoga informasi tentang tips mobil “mengatur muatan bagasi” bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang serig melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi dan membawa banyak barang bawaan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mobil “Mengatur Muatan Bagasi”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel