Tips Merawat Mobil “Sun Visor” dan “Headliner”

Saat ini mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan, selain sebagai sarana untuk mengantarkan Anda ke tempat kerja, mobil juga sebagai sarana untuk menikmati kenyamanan saat berlibur. Karena sudah menjadi rumah kedua, apalagi untuk Anda yang harus menghabiskan waktu di jalan, tentunya mobil menjadi salah satu sarana yang harus dirawat. Tidak hanya mesin dan body yang harus dirawat, interior mobil pun harus menjadi perhatian. Kali ini tips merawat mobil “sun visor” dan “headliner” menjadi pilihan kita kali ini.

Tentu saja banyak cara untuk merawat interior mobil, bahkan dari berbagai sumber, entah dari internet, buku yang membahas tentang cara merawat mobil dan juga majalah, sudah mulai banyak yang membahas tips merawat interior mobil.

Tips Perawatan Interior Mobil, Menjaga Sun Visor dan Headliner tetap Bagus

Diantara berbagai bagian pada interior mobil yang sering terlewatkan adalah sun visor dan headliner. Sun visor adalah komponen interior mobil yang berfungsi untuk membuat pengemudi mobil memiliki visibilitas yang baik saat akan berkendara di siang hari. Letak sun visor memang berada di sisi kanan dan kiri sebelah atas, yang membedakannya, adalah pada sun visor sebelah kiri biasanya terdapat kaca yang sering digunakan oleh ibu-ibu untuk berdandan.

Tips Merawat Mobil “Sun Visor” dan “Headliner”;Tips Perawatan Interior Mobil, Menjaga Sun Visor dan Headliner tetap Bagus;
Sun Visor (Sumber gambar: istockphoto.com)

Sebenarnya sun visor adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk melindungi mata dari terpaan sinar matahari lansung yang berada di bagian depan di atas kemudi.

Baca juga: Tips Memilih Velg untuk Mobil.

Berikut tips merawat sun visor, antara lain:

  1. Periksa kondisi sun visor dengan membuka atau mengoperasikan alat tersebut, apabila terdapat baut yang kendor segera kencangkan kembali.
  2. Saat membersihkan jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia yang bisa merusak permukaan vinyl karena bisa membuat warna berubah. Hal ini disebabkan sun visor terbuat dari bahan vinyl, sehingga untuk membersihkan gunakan kain katun dan bisa menggunakan bahan pembersih khusus.
  3. Saat membersihkan jangan menggunakan sikat atau bahan kasar untuk membersihkan, karena bisa merobek vinyl. Apabila terdapat bagian vinyl yang rusak Anda bisa menghubungi bengkel langganan agar bisa mendapat perbaikan. Untuk bahan vinyl, bisa menggunakan vacuum cleaner kecil agar kotoran bisa terisap.

Selain sun visor, terdapat perangkat lain yang harus diperhatikan, yaitu “headliner”, yang merupakan  langit-langit kabin mobil adalah perangkat interoir yang dipasang di langit-langit kendaraan, selain untuk dekorasi, isolasi suhu, perlindungan penumpang, juga sebagai kedap suara.

Terdapat beberapa cara untuk merawat headliner, sebagai berikut:

  1. Perhatikan dengan detail apakah terdapat bagian yang terkelupas atau lepas dari pinggir kabin, jika terdapat bagian yang terlepas segera bawalah ke bengkel agar bisa mendapat perawatan.
  2. Apabila terdapat noda membandel, bawa ke bengkel agar masalah ini bisaaterselesaiakan.
  3. Gunakan bahan pembersih khusus dan gunakan kain katun yang lembut untuk mengusap permukaan headliner.

Itu dia tips merawat mobil “sun visor” dan “headliner”, semoga bermanfaat dan menjadi pengingat untuk Anda agar selalu merawat dengan rutin mobil kesayangan Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Mobil “Sun Visor” dan “Headliner”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel