Tips Memilih Mobil Bekas yang Tepat

Mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan, apalagi untuk Anda yang harus bekerja dengan menggunakan mobil selain karena jarak tempuh yang jauh, juga membutuhkan kenyamanan berkendara, ditambah karena adanya wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum selesai secara tuntas, yang mengharuskan setiap orang harus menjaga jarak. Hal ini menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang memilih membelanjakan uangnya untuk membeli mobil, meskipun itu mobil bekas. Agar bisa mendapatkan mobil bekas terbaik, maka di  bawah ini akan disampaikan beberapa tips memilih mobil bekas yang tepat.

Tips Memilih Mobil Bekas yang Tepat;
Foto: istockphoto.com

Meskipun hanya sekedar mobil bekas, tentunya  sebelum membelinya pasti terdapat harapan agar mobil yang dibeli masih memiliki kualitas yang baik, dengan ketersediaan suku cadang dan harga yang masih terjangkau. Namun berbeda teori, berbeda pula dengan kenyataan, untuk bisa mendapatkan mobil yang sesuai harapan tidak semudah yang dibayangkan.

Memilih Mobil Bekas untuk Pemula

Membeli mobil tidak seperti membeli gorengan atau cemilan yang kalau tidak enak bisa tidak dimakan, membeli mobil sejatinya adalah menyangkut komitmen jangka panjang, sehingga Anda dituntut untuk mengeluarkan biaya untuk perawatan dan juga melakukan reparasi. Hal inilah yang harus dipikirkan sebelum mengeluarkan uang untuk membelinya.

Baca juga: Pentingnya Riwayat Servis Mobil.

Terdapat beberapa tips yang bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebagai berikut:

  1. Ketahuilah berapa dana yang Anda alokasikan untuk membeli mobil, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan kembali manfaat yang Anda cari dari mobil yag akan Anda beli. Dengan mencari dan fokus pada kebutuhan tentang sebuah mobil, maka hal ini akan mencegah mengeluarkan lebih banyak uang.
  2. Sebelum terjadi transaksi pembelian, carilah informasi tentang harga pasaran dari berbagai macam merek mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak pilihan dan alternatif, akan semakin baik.
  3. Belilah mobil di agen resmi. Hal ini dimaksudkan agar memberikan kemudahan bagi Anda dan juga tahu harus kemana untuk menyampaikan keluhan jika terdapat masalah pada mobil tersebut.
  4. Pilihlah mobil yang suku cadangnya mudah didapat. Hal ini harus menjadi perhatian yang serius karena tanpa mempertimbangkan keberadaaan suku cadang, dikhawatirkan akan terjadi masalah di kemudian hari.
  5. Jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran yang diberikan. Yang lebih utama adalah harus mempertimbangakan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian di balik tawaran yang menggiurkan tersebut.
  6. Perhatikan kemudahan yang diberikan saat membeli mobil, seperti servis dan garansi. Termasuk yang bisa ditanyakan kepada penjual adalah berapa biaya pemeliharaan dan perbaikan seperti bahan bakar, biaya penyetelan regular, dan juga penggantian komponen, apabila terjadi kerusakan.
  7. Selain beberapa hal diatas, yang bisa menjadi perhatian adalah keunggulan yang dimiliki masing-masing mobil harus diperhatikan secara cermat. Adanya keunggulan yang dimiliki mobil yang akan dibeli menjadi sebuah keuntungan bagi Anda, oleh karena itu bertanya untuk mencari informasi menjadi hal yang harus dilakukan.

Itu dia sedikit tips memilih mobil bekas yang tepat, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Mobil Bekas yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel