Tips Menghilangkan Bau Di Dalam Mobil

Mobil yang bersih akan selalu menyenangkan, namun apa yang terjadi kalau mobil sudah dibersihkan namun pada akhirnya muncul bau yang tidak sedap pada kabin mobil. Pasti akan membuat jengkel Anda sebagai pemilik mobil, dan tentu saja pasti mengurangi kenyamanan saat melakukan perjalanan. Meskipun tidak mempengaruhi kinerja mesin dan juga tidak berpengaruh pada penampilan mobil, namun munculnya bau yang tidak sedap akan mengurangi kenyamanan. Tips menghilangkan bau di dalam mobil akan memberikan cara tersendiri agar bisa menghilangkan bau yang tidak enak dalam mobil Anda.

Bau yang muncul di dalam kabin memang harus segera dihilangkan, apalagi bagi Anda yang menfungsikan mobil sebagai rumah kedua. Bau tidak sedap di dalam mobil bisa saja disebakan oleh banyak hal. Mulai dari makanan atau minuman yang tumpah, kotoran hewan peliharaan, atau bisa saja terdapat bagian interior mobil yang basah atau belum benar-benar kering.

Langkah Menghilangkan Bau Tidak Sedap Di Dalam Mobil

Banyak cara sebenarnya untuk menghilangkan munculnya bau tidak sedap ini, ada juga yang menyarankan dengan menambahkan pengharum mobil dengan aroma buah-buahan, namun ternyata penambahan aroma buah-buahan ini juga tidak cukup untuk menghilangkan berbagai bau yang muncul di kabin.

Tips Menghilangkan Bau Di Dalam Mobil;Langkah Menghilangkan Bau Tidak Sedap Di Dalam Mobil;
Foto: istockphoto.com by Mihajlo Maricic

Terdapat langkah-langkah yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil, antara lain:

  1. Carilah sumber bau tidak sedap tersebut.
  2. Keringkan dengan kain apabila sumber bau basah.
  3. Membersihkan sumber bau dari debu dan kotoran lainnya.
  4. Gunakan pembersih khusus.
  5. Setelah proses pembersihan selesai, gunakan pengharum mobil.
  6. Gunakanlah bahan khusus apabila bau yang tidak sedap masih membandel.

Baca juga:  Tips Merawat Radiator Mobil.

1. Carilah sumber bau tidak sedap tersebut. Untuk bisa menghilangkan bau tidak sedap secara tuntas, tentunya harus dicari terlebih dahulu sumber bau tidak sedap tersebut, dengan cara memeriksa seluruh bagian interior mobil, mulai dari jok, karpet, langit-langit kabin sampai dengan ventilasi AC.

2. Keringkan dengan kain apabila sumber bau basah. Anda bisa menggunakan hair dryer untuk memastikan daerah yang diperkirakan basah tadi benar-benar kering. Apabila memungkinkan, jemurlah sumber bau tersebut di bawah sinar matahari. Begitu pula kalau sumber bau ternyata berada di dalam lubang AC, bisa menggunakan pembersih telinga, dan selanjutnya Anda bisa menyalakan AC pada posisi paling hangat selama beberapa waktu.

3. Membersihkan sumber bau dari debu dan kotoran lainnya. Untuk membersihkan sumber bau ini bisa menggunakan vacuum cleaner agar semua kotoran menghilang.

4. Gunakan pembersih khusus. Pembersih khusus ini bisa digunakan bila terdapat kotoran yang masih membekas. Satu yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan bahan kimia yang terlalu keras agar bagian mobil tidak rusak atau kusam. Apabila ingin menggunakan bahan pembersih lain seperti baking soda pada noda, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada bengkel yang Anda percaya.

5. Setelah proses pembersihan selesai, gunakan pengharum mobil. Gunakanlah pengharum mobil yang sesuai dengan  Anda, agar bau yang tidak enak tersebut benar-benar hilang. 

6. Gunakanlah bahan khusus apabila bau yang tidak sedap masih membandel. Namun, meskipun ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap, yang menjadi perhatian adalah ikutilah aturan pemakaian bahan dan patuhi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan bahan pembersih khusus tersebut.

Catatan: Sebagai rumah kedua, tentunya mobil harus memberikan rasa nyaman apalagi saat menikmati perjalanan. Begitu pula saat timbul bau yang dirasakan tidak bisa diatasi, maka saran terbaik adalah bawalah pada bengkel yang Anda percaya untuk mengatasi bau yang tidak sedap tersebut.

Itu dia sedikit saran dan tips menghilangkan bau di dalam mobil. Semoga bermanfaat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghilangkan Bau Di Dalam Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel