Antioksidan dan Fungsinya untuk Tubuh

Aktivitas dan kesibukan yang luar biasa sudah menjadi rutinitas yang dilakukan setiap hari. Sebagai kelompok masyarakat yang dikenal sangat aktif, smart, modern dan juga peduli dengan kesehatan, tentunya menjaga imun dan dari serangn penyakit menjadi hal yang sangat penting, apalagi ditambah dengan wabah pandemi viruis Covid-19 yang sampai saat ni berusaha ditaklukkan dengan vaksinasi yang terus dilakukan oleh pemerintah. Ancaman penyakit dan lingkungan yang sering kurang mendukung, mengakibatkan tubuh menjadi rentan.  Untuk itu, dibutuhkan sebuah nutrisi penting untuk tubuh. Oleh karena itu dalam kesempatan ini akan disampaikan tentang antioksidan dan fungsinya untuk tubuh.

Seringkali kita mendengar ungkapan, entah di dalam kehidupan sehari-hari atau berbagai iklan televisi tentang antioksidan dan radikal bebas, bahkan dalam hubungannya menjadi tua. Menjadi tua sebenarnya merupakan sebuah proses alami yang dialami setiap orang, namun yang paling penting adalah dengan bertambahnya usia, kulaitas hidup dan kesehatan dapat tetap terpelihara dengan baik, sehingga pada usia tua nanti tidak diserang penyaakit, khususnya penyakit degeneratif yang sekarang dekat dengan kehidupan kita.

Antioksidan adalah Nutrisi Pelindung Diri dari Ancaman Penyakit

Apa sebenarnya antioksidan itu? Antioksidan merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang bisa membantu melindungi diri dari berbagai ancaman penyakit. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan yang merupakan senyawa yang akan bekerja untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Antioksidan dan Fungsinya untuk Tubuh;Antioksidan adalah Nutrisi Pelindung Diri dari Ancaman Penyakit;
Foto: istockphoto.com

Paparan radikal bebas dipercaya menjadi pencetus berbagai penyakit degeneratif. Radikal bebas bisa tersebar di lingkungan tempat kita hidup, dari luar tubuh, atau bisa juga dari udara yang terkena polusi asap kendaraan bermotor, asap rokok dan juga bisa dari radasi sinar ultraviolet dari sinar matahari. Bahkan dari dalam tubuh, senyawa radikal bebas bisa terbentuk dari proses kimia yang terjadi dalam tubuh, seperti proses oksidasi, metabolisme sel, peradangan dan juga olah raga yang berlebihan.

Radikal bebas merupakan atom atau molekul yang memiliki sifat yang tidak stabil dan memiliki sifat sangat reaktif sehingga bisa merusak jaringan. Radikal bebas ini menjadi penyebab pernyakit degenaratif, seperti pengerasan pembuluh darah, jantung coroner, stroke, bahkan penuaan dini.

Baca juga: Tips Sehat dengan “Teknik Baru untuk Menurunkan Kadar Kolesterol”.

Untuk itulah, dibutuhkan antioksidan, untuk mengantisipasi terjadinya penuaan dini dan juga berbagai penyakit degenaratif. Hal inilah yang menyebabkan tubuh membutuhkan antioksidan yang bisa membantu meredam radikal bebas dan juga risiko keruskjan sel  dan jarngan.

Antioksidan Alami Solusi Pelindung dari Ancaman Penyakit

Antioksidan sendiri terdiri dari betakaroten, vitamin C, vitamin E, selenium, dan zinc. Secara alami, betakaroten terdapat pada wortel, apricot, bayam, peach, asparagus dan juga brokoli. Vitamin E banyak terdapat pada bibji-bijian, daging, ikan sayur dan buah-buahan. Sedangkan selenium dan zinc banyak terdapat dalam kerang, daging dan juga kacang-kacangan.

Selain antioksidan alami, untuk melengkapi kebutuhan antioksidan, Anda bisa mengkonsumsi formula antioksidan lengkap, yang terdapat pada Scaven, yang dikemas dalam bentuk kaplet salut selaput dengan komposisi Antioksidan Vitamin (betakaroten, vitamin C dan vitamin E) dan juga antioksidan (selenium dan zinc). 

Antioksidan dan Fungsinya untuk Tubuh;Antioksidan adalah Nutrisi Pelindung Diri dari Ancaman Penyakit;Antioksidan Alami Solusi Pelindung dari Penyakit
Scaven (Foto: sehatq.com)

Dalam hal ini, Scaven akan bekerja sebagai Scavenger, yaitu akan mencegah kerusakan jaringan sel dan juga meredam radikal bebas, yang akan menghambat penuaan dini dan mencegah timbulnya penyakit degeneratif .

Selain mengkonsumsi antioksidan tambahan, Anda bisa melakukan aktivitas rutin yang bisa dilakukan setiap hari, seperti:

  • Tetap dan selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Beristirahat yang cukup 
  • Menghindari stress.

Itu dia sedikit informasi tentang antioksidan dan fungsinya untuk tubuh, semoga bermnfaat dan menjadi informasi yang berguna untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Antioksidan dan Fungsinya untuk Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel