Tips Memancing Aki dari Mobil Lain

Mobil sudah menjadi bagian penting dalam hidup, apalagi mobil tersebut digunakan sebagai sarana untuk berangkat bekerja atau melakukan perjalanan darat. Sebagai rumah kedua, tentunya mobil harus dilakukan perawatan terbaik seperti layaknya rumah tempat tinggal. Namun, apa yang terjadi meskipun mobil tersebut sudah dirawat, namun ada hal sepele yang membuat mobil tiba-tiba mogok. Tentunya akan sedikit menjengkelkan. Memang banyak parts atau suku cadang di dalam mobil yang tentunya tidak bisa dicheck setiap hari, salah satunya aki atau baterai yang lemah, sehingga mengakibatkan mobil mogok secara tiba-tiba. Begitu juga kali ini, yang akan membahas tentang tips memancing aki dari mobil lain.

Banyak penyebab mobil mogok secara tiba-tiba, namun diantara banyak penyebab tersebut, yang mudah dan sering ditebak sebagai penyebab adalah baterai mobil atau aki yang sudah lemah atau sering disebut dengan soak. Yang menjadi masalah, apa lagi sudah berkendara dan jauh di rumah dan tiba-tiba mobil mogok ditengah jalan, adalah timbulnya rasa cemas dan bingung, ditambah mobil yang mogok tersebut jauh dari bengkel.  

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Sebenarnya tidak perlu khawatir saat terjadi masalah dengan aki tekor atau aki yang sudah soak ini, karena yang diperlukan hanyalah bagaimana agar membuat aki yang lemah tersebut menjadi bisa memberi tenaga untuk mobil. Tentunya berbeda saat ini berbeda dengan jaman dahulu. saat ini dengan kemajuan teknologi dan kemajuan layanan bengkel mobil, bisa saja Anda menghubungi pihak bengkel atau menghubungi layanan pembelian spare part mobil termasuk aki mobil, dan segera setelah dibeli, bisa langsung dipasang ditempat. Sangat sederhana.

Tips Memancing Aki dari Mobil Lain;Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor;
Foto: istockphoto.com by business

Namun bagaimana bila hal tersebut tidak bisa dilakukan, misalnya Anda tidak bisa menghubungi siapa pun karena HP Anda sedang mati kehabisan baterai juga, tentunya memancing aki dari mobil lain menjadi solusi terbaik saat itu.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Di Dalam Mobil.

Berikut akan disampaikan cara memancing aki mobil dari mobil lain, yaitu dengan meminta bantuan dari mobil lain, sebagai berikut:

  1. Siapkan jumper leads atau kabel penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan aki mobil Anda dengan mobil lain.
  2. Usahakan agar kedua mobil tersebut tidak saling bersinggungan, dan jangan lupa untuk mematikan semua komponen dalam sistem kelistrikan, seperti lampu, radio dan AC, agar energi aki tidak tersedot.
  3. Lepaskan semua tutup aki pada kedua mobil, kemudian letakkan sehelai kain di atasnya untuk mengurangi bahaya letupan yang bisa saja terjadi.
  4. Hidupkan mobil pemancing beberapa saat sampai putaran mesin mencapai 2000 rpm. 
  5. Kemudian ambillah jumper leads yang sudah disiapkan untuk menghubungkan kutub positif aki dari mobil pemancing, begitu pula dengan kutub negatifnya.
  6. Biarkan selama beberapa saat sampai dirasa cukup, kemudian coba untuk menghidupkan mobil yang mogok tersebut.
  7. Lepaskan jumper leads dengan urutan negatif dilepas terlebih dahulu, baru kemudian kabel positif. Lepaskan juga kain penutup aki dan pasang penutup aki tersebut.

Catatan: 

  • Berhati-hatilah dalam memancing aki tersebut, agar tidak terkena loncatan bunga api atau larutan elektrolit aki.
  • Apabila langkah memancing aki tersebut di atas tidak berhasil, berarti Anda harus membeli aki yang baru, dan belilah aki yang memiliki charge indicator yang memiliki fungsi untuk mengetahui tingkat keasaman cairan elektrolit.

Itu dia sedikit tentang tips memancing aki dari mobil lain yang mogok. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda, agar selalu menjaga dan memelihara mobil kesayangan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memancing Aki dari Mobil Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel