Makanan Selingan untuk Anak

Cemilan atau makanan selingan tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa lho. Anak-anak juga membutuhkannya. Makanan selingan merupakan makanan yang dikonsumsi di antara waktu utama. Begitu pula untuk anak, makanan selingan ternyata juga penting untuk diberikan di sela-sela pemberian makanan pokok. Makanan selingan untuk anak, apabila anak sudah mulai makan MPASI (Makaan Pendamping ASI), ternyata tidak melulu harus buah.

Bahkan menurut dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus (haibunda.com), untuk makanan selingan bagi anak yang sudah mendapatkan MPASI tidak harus buah, bisa saja anak diberikan pudding atau bisa juga dam bentuk biskuit bayi.

Makanan Selingan yang Sehat dan yang Harus Dipertimbangkan untuk Anak

Makanan selingan sangat membantu apabila anak tidak cukup menerima porsi makan disaat sang anak tersebut sudah waktunya untuk makan. Namun, dibalik pemberian makanan selingan, pemberian makanan yang berlebihan juga tidak baik, karena bisa mengganggu nafsu dan pola makannya.

Makanan Selingan untuk Anak
Foto: sehatfresh.com

Adapun jenis makanan selingan yang baik adalah makanan yang mengandung zat gizi yang lengkap yaitu sumber karbohidrat, vitamin, protein dan mineral.

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh.

Makanan selingan untuk anak berfungsi, untuk:

  • Memperkenalkan segala jenis bahan makanan yang terdapat dalam bahan makan selingan.
  • Untuk melengkapi zat gizi yang mungkin kurang dala makanan utama, baik pada waktu pagi, siang dan malam.
  • Untuk mengisi kekurangan kalori, yang diakibatkan banyaknya aktivitas anak pada usia balita.

Sebagai catatan bagi para Bunda, apabila terpaksa harus membeli, maka pilihlah makanan yang lengkap gizinya, jangan hanya bersumber dari karbohidrat saja, atau hanya makanan yang banyak mengandung zat gula.

Oleh karena itu, sepatutnya juga para Bunda memberikan gizi seimbang pada menu makanan selingan untuk membantu terpenuhinya kucukupan gizi tersebut. Apabila terdapat hambatan dengan anak sulit makan, saat ini sudah terdapat makanan yang membantu melengkapi gizi anak di masa tersebut, salah satunya dalam bentuk susu atau makanan cair yang diperuntukkan untuk anak di atas usia satu tahun yang memiliki gizi yang lengkap dan juga untuk pertumbuhan anak secara optimal, dan juga yang memiliki kandungan Sinbiotik (Probiotik dan Prebiotik FOS) yang bisa membantu dalam menjaga saluran cerna anak.

Itu dia sedikit catatan tentang makanan selingan untuk anak, semoga bermanfaat untuk para Bunda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Selingan untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel