VIN dan Mengapa Harus Tahu

Sebagai seorang pemilik mobil, tentunya mengetahui hal-hal yang berhubungan tentang mobil menjadi sebuah keharusan, sebenarnya tidak harus mengetahui secara total, namun alangkah baiknya mengetahui berbagai istilah yang berkaitan dengan mobil yang dimiliki. Begitu banyak spare parts dan istilah yang berhubungan dengan mobil. Begitu pula kali ini, terdapat bahasan yang menarik untuk mengenal sebuah mobil, melalui VIN. Tentunya mengenal mobil dengan VIN dan mengapa harus tahu, menjadi tambahan informasi untuk Anda yang belum tahu apa itu VIN?

VIN dan Mengapa Harus Tahu;
Foto: istockphoto.com by ollirg

Tidak hanya Anda sebagai seorang pemilik mobil yang harus memiliki tanda pengenal, mobil ternyata juga memiliki tanda pengenal, yang disebut dengan VIN. VIN adalah singkatan dari Vehicle Identification Number. Dengan adanya VIN tersebut, Anda bisa mengetahui dengan detail tentang  identitas, spesifikasi mobil mulai dari tahun produksi, tipe mobil, negara pembuat dan juga pabrik pembuatnya.

Apa itu VIN Number?

Istilah VIN mobil di Indonesia menjadi populer setelah pemerintah mengizinkan keran mobil impor sekitar November tahun 1999. Pada saat itu, terdapat aturan yang mengharuskan importir harus menyertakan VIN ini untuk disertakan pada saat pengajuan TPT (Tanda Pendaftaran Type) mobil.

Baca juga: ISBN dan Makna Angka Didalamnya.

VIN terdiri atas 17 digit angka dan nomor yang terletak pada sisi pengemudi, lebih tepatnya berada di sudut pertemuan antara dashboard dan kaca depan, masing-masing digit memiliki maksud yang berbeda yang menunjukkan pengertian spesifik dari mobil tersebut, antara lain:

  • Digit pertama, menujukan negara dimana mobil tersebut dibuat, misalnya kode “J” untuk Jepang, kode “S” untuk Inggris,  atau kode “K” untuk Korea.
  • Digit kedua menunjukkan pabrik mobil pembuatnya, seperti “T” untuk Toyota, “A” untuk Audi, atau misalnya “V” untuk Volkswagen.
  • Digit ketiga menunjukkan tipe kendaraan.
  • Digit keempat menunjukkan mesin yang digunakan.
  • Digit kelima tentang keterangan jenis kendaraan, misalnya huruf D menunjukkan bahwa mobil itu jenis truck atau pick up.
  • Digit keenam dari angka 0 sampai angka 9 menunjukkan pergantian model mobil.
  • Digit ketujuh dipakai untuk menunjukkan tipe mobil. Misalnya angka “1” berarti mobil memiliki jarak poros roda standar, angka “2” menunjukkan mobil memiliki sasis panjang, dan angka “4” menunjukkan bahwa mobil termasuk jenis wagon.
  • Digit kedelapan menunjukkan tentang informasi tambahan. Misalnya dengan huruf “S” berarti standar, huruf “Y” menunjukkan model empat penggerak roda (4WD), dan “H” menujukkan mobil untuk jenis tugas besar.
  • Digit kesembilan biasanya digunakan oleh pabrik sebagai identitas khas, misalnya menggunakan huruf “X”.
  • Digit kesepuluh menunjukkan tahun pembuatan mobil, misalnya “J” untuk tahun 1988, “K” untuk tahun 1989 dan kode huruf lainnya.
  • Digit kesebelas, menunjukkan dimana mobil tersebut dirakit dan masing-masing merek mobil memiliki kodenya sendiri.
  • Digit keduabelas menunjukkan nomor urut produksi.

Itu dia sedikit informasi tentang VIN dan mengapa harus tahu. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan informasi untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "VIN dan Mengapa Harus Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel