Doa yang Harus Dibaca saat Terbangun Tengah Malam

Hidup itu dinamis, kadang naik, kadang turun, begitu pula dengan kondisi hidup yang dialami seseorang, tidak selamanya senang dan kadang-kadang juga mengalami kesedihan. Bagi seseorang yang memiliki keyakinan yang kuat akan hadirnya Sang Pencipta dalam setiap hidupnya, hal yang terjadi dalam hidup pasti diangapnya biasa, karena yakin bahwa Alloh sudah mengaturnya. Namun, ada kalanya terkadang hati juga mengalami down meskipun tidak tahu disebabkan oleh apa. Bahkan, tidak jarang terbangun tengah malam. Namun agar tidak sia-sia, lakukan hal yang baik, seperti memanjatkan doa kepada Alloh. Untuk itu, berikut akan disampaikan doa yang harus dibaca saat terbangun tengah malam.

Doa yang Harus Dibaca saat Terbangun Tengah Malam;
Foto: istockphoto.com

Ada yang menganggap mendadak bangun tengah malam sebagai keadaan karena adanya masalah yang melanda seseorang, sehingga rasa khawatir rasa takut menjadi aktualisasi dalam diri seseorang. Kepribadian seseorang turut mempengaruhi seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Ada yang terbangun di tengah malam dan terbengong-bengong kemudian merenung, ada yang terbangun di tengah malam dan tidur kembali. Namun, bagi Anda yang yakin akan kehadiran Alloh, Anda akan melakukan doa dan berdzikir memohon kehadiran Alloh dalam setiap masalah yang dihadapi.

Doa Saat Terbangun Tengah Malam

Doa dan dzikir yang dipanjatkan kepada Alloh sejatinya adalah sebuah pengharapan agar apa yang diinginkan dikabulkan Alloh, begitu pula saat terbangun di tengah malam, kemudian melanjutkannya dengan berdoa dan dzikir yang dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, doa Anda akan akan dikabulkan Alloh.

Rasuluulah SAW bahkan pernah mengatakan, bahwa jika seseorang bangun terjaga di tengah malam dan jika berdoa maka akan dikabulkan doanya, begitu pula saat dia terbangun kemudian mendirikan shalat maka shalatnya akan diterima Alloh SWT.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam al-Bukhari, dari Ubaidah bin Shamit Radhiallhu’anhu, Rasululluah SAW bersabda:

“Barang siapa yang terjaga di malam hari, kemudian dia membaca:

Doa yang Harus Dibaca saat Terbangun Tengah Malam;Doa Saat Terbangun Tengah Malam;

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Alloh, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Bagi-Nya kerjaan dan pujian. Dia adalah Maha Kuasa atas semua hal. Segala puji bagi Alloh, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Alloh, Alloh Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Alloh.

Kemudian dia berkata:

Ya Alloh ampunilah dosa saya.

Atau bila dia berdoa (dengan doa yang lain), maka akan dikabulkan doanya, jika dia berwudhu dan melaksanakan shalat maka akan diterima shalatnya. (Dalam al-Buhkari 1103, Abu Dawud 5060, Tirmidzi 3414, dan Ibnu Majh 3878, shahih).

Baca juga:  Resensi Buku: Harta Haram – Muamalat Kontemporer.

Keutamaan mengucapkan dzikir ini juga berlaku juga untuk orang yang terjaga di malam hari kemudian mengucapkan dzikir ini cesecara berulang-ulang sampai dirinya tertidur.

Bacaan Dzikir Tengah Malam

Terdapat tujuh ucapan bernilai pahala saat terbangun di tengah malam, antara lain:

  1. La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syain qadir
  2. Alhamdulillah
  3. Subhanallah
  4. La ilaha illallah
  5. Allahu akbar
  6. Wala haula wala quwwata illa billah
  7. Allahummaghfir li

Maka doa yang dipanjatkan Inshaalloh mustajab, dan jika dirinya mendirikan sholat maka sholatnya akan diterima.

Dikutip dari atmago.com, diantara syarat agar doa dan shalatny diterima, antara lian:

“Agar dirinya tidur dalam keadaan memliliki wudhu.” Rasulululah SAW bersabda, “ Tidaklah seorang hamba tidur pada malam hari dalam keadaan suci, kemudia terbangun di tengah malam, kemudian memohon sesutu kepada Alloh dari perkara dunia atau perkara akhirat yang niscaya akan diberikan kepadanya.” (Ibnu Majah No. 3871)

Semoga Alloh SWT selalu mengabulkan doa-doa kita, apalagi dilakukan pada sepertiga malam terakhir yaitu sekitar pukul 02.30 sampai dengan puku 03.30, dan semoga informasi tentang “doa yang harus dibaca saat terbangun tengah malam” ini bermanfaat dan selalu mengingatkan kita untuk selau berdoa kepada Alloh.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Doa yang Harus Dibaca saat Terbangun Tengah Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel