Bluetooth, Asal dan Manfaatnya

Masih ingat dengan teknologi yang satu ini, teknologi ini sangat terkenal dijamannya, yang muncul sebelum pengaruh internet dengan WiFi dan teknologi internert yang ditanam dalam HP (handphone). Kali ini tidak hanya sekedar mengingatkan, namun juga ingin mengingat kembali keberadaan teknologi ini, meskipun sampai saat ini bluetooth masih ada di aplikasi bawaan smartphone. Bluetooth, asal dan manfaatnya menjadi bahasan menarik kali ini.

Dahulu sebelum munculnya WiFi, bluetooth menjadi teknologi yang paling sering digunakan. Bluetooth adalah peralatan media komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi satu dengan perangkat komunikasi lainnya, selain itu juga berfungsi untuk mempermudah untuk berbagi file, audio, saat itu bluetooth menjadi perangkat yang menggantikan penggunaan kabel.

Asal Nama Bluetooth

Tentu Anda akan kaget, begitu mengetahui bahwa nama Bluetooth diambil dari nama seorang raja. Nama Bluetooth sendiri diambil dari nama seorang Raja Denmark, yaitu Harald Blatand, namun orang Inggris lebih mengenalnya dengan nama “Harold Bluetooth”, yaitu raja yang menyatukan Denmark dan Norwegia pada abad ke-10.

Bluetooth, Asal dan Manfaatnya;Asal Nama Bluetooth;
Foto: pixabay.com 

Seperti halnya Harald Bluetooth, sistem Bluetooth ini juga menyatukan komunikasi sejumlah piranti digital saat itu, seperti computer, handphone dan juga piranti seperti PDA (Pocket Digital Assistance). Jadi, saat itu, karena belum adanya WiFi, maka bluetooth menjadi hal yang sangat penting dan juga bukaa hal yang aneh bagi pengguna ponsel dan PDA, namun kebanyakan orang-orang hanya memanfaatkannya untuk bertukar gambar dan ring tone.

Manfaat Bluetooth

Sebagai sebuah teknologi yang merupakan komunikasi wireless atau tanpa kabel yang bisa beroperasi dalam frekeuensi 2,4 GHz dengan menggunakan frequency hooping transceiver yang menyediakan komunikasi dengan data dan suara secara real time antara host to host bluetooth dengan jangkauan layanan terbatas.

Baca juga: WiFi Rumah Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasi.

Adapun manfaat Bluetooth, antara lain:

  • Internet Connection Sharing.
  • Mobile Internet.
  • Mobile E-mail.
  • Mengakses PC.
  • Jaringan Bluetooth.
  • Mencetak.
  • Keyboard desktop.
  • Keyboard portabel.
  • Sinkronisasi.
  • Menelepon Kontak.
  • Berbagi kartu nama.
  • Mentranfer file.
  • Chatting.
  • Mendengarkan musik.
  • Menyiarkan musik.
  • Bermain game secara rame-rame
  • Menggelar gambar.
  • Mendapatkan teman baru.
  • Bisa memandu perjalanan.

Internet Connection Sharing. Contoh yang bisa digunakan adalah pada PDA, tidak hanya melalui kabel sinkronisasi dan juga program ActiveSync, dahulu PDA bisa berinternet melalui PC dengan menggunakan jalur koneksi Bluetooth. 

Mobile Internet. Bluetooth pada PDA memungkinkan untuk menghubungkan internet di mana saja, Anda tinggal mendekatkan posisi ponsel yang memiliki fasilitas Bluetooth, maka PDA pun bisa langsung online.

Mobile E-mail. Tentunya karena berbicara sesuai teknologi pada jamannya, yaitu saat masih berjaynbya produk PDA, tentunya PDA biasa sangat menbutuhkan hadirnya smartphone untuk bisa menghantarkan aktifitas yang berhubungan dengan internet. 

Mengakses PC. Menarik berbicara tentang teknologi, meskipun saat ini sudah berkembang dengan kemampuan yang luar biasa, namun berbicara tentang bluetooth terdapat hal yang menarik, seperti PDA dan smartphone, agar PDA bisa digunakan untuk mengakses data, maka dibutuhkan smartphone agar bisa tersambung maka Bluetooth menjadi jembatan penghubung komunikasi tersebut.

Jaringan Bluetooth. Tentunya meskipun saat itu sudah terdapat WiFi yang teknologinya tidak secepat saat ini, dengan Bluetooth Anda bisa melakukan sinkronisasi  dan berinternet dimana saja.

Mencetak. Siapa yang mengira, dulu sudah terdapat anjuran untuk paperless, apalagi dengan berkembangnya dunia digital saat itu. Meskipun anjuran paperless tetap digunakan, namun terkadang masih membutuhkan untuk mencetak dokumen di atas kertas. Untuk mencetak, kita bisa menggunakan alat seperti bluetooth. Dulu sudah ada printer desktop yang menggunakan fasilitas Bluetooth, salah satunya dengan Belkin Bluetooth USB Printer Adaptor. Anda tinggal mencolokkan ke port USB printer, dan piranti Bluetooth tersebut  bisa dimanfaatkan sebagai mesin cetak.

Keyboard desktop. Sampai saat ini Keyboard desktop masih sering dibutuhkan, apalagi untuk kebutuhan bekerja dengan cara mopbile. Kalau dulu menggunakan PDA dengan keyboard Bluetooth, saat ini smartphone dan juga tablet juga sudah dilengkapi dengan keyboard untuk memudahkan dalam bekerja.

Keyboard portabel.  Selain digunakan untuk menyambungkan keyboard desktop, Bluetooth juga bisa disambungkan dengan keyboard portable  yang saat itu sudah mulai banyak dijual dipasaran. Jadi saat menggunakan PDA atau smartphone, Anda hanya menggunakan bluetooth untuk menyambungkannya.

Sinkronisasi. Ini yang dulu dan sampai sekarang banyak yang belum mengetahuinya, termasuk saya saat menggunakan PDA, ternyata Bluetooth juga bisa digunakan untuk melakukan sinkronisasi data, sehingga tidak perlu terikat dengan PC, sehingga tranfer data tidak perlu repot dengan kabel atau sambungan USB, cukup hanya menekan tombol Sync.

Menelepon Kontak. Kalau Anda menggunakan PDA maka Anda tidak perlu bingung saat address book penuh atau kurang lega. Anda bisa mencatat data nomor telepon di PDA ber-bluetooth, dan bisa menyimpan sebanyak-banyaknya. Saat membutuhkannya Anda bisa memanggilnya langsung dari PDA bila sewaktu-waktu memerlukannya.

Itu dia sedikit informasi tentang Bluetooth, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Bluetooth untuk mempermudah beragam uruasan Anda. Semoga informasi tentang Bluetooth, asal dan manfaatnya ini bermanfaat dan mengingatkan kembali tentang asal muasal Bluetooth yang dulu sempat jaya dijamannya.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bluetooth, Asal dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel