Kredit Mobil, antara Keinginan dan Kebutuhan

Mobil memang sudah menjadi sebuah kebutuhan, apalagi saat ini, kondisi jalanan yang tidak memungkinkan untuk naik mobil penumpang umum, kecuali di kota Anda sudah tersedia sarana umum yang memadai, seperti di Jakarta yang keberadaan bussway yang sudah bagus. Namun bagaimana bila ternyata Anda berkeinginan untuk memiliki mobil? Banyak cara untuk memilikinya, mulai dari membeli dengan harga yang murah terlebih dahulu, atau Anda ingin membeli mobil terbaru dengan catatan harganya yang agak mahal, karena harganya mahal tidak ada cara lain kecuali Anda harus berhutang. Dan hal ini sangat pas dengan tema kali ini tentang “kredit mobil, antara kebutuhan dan keinginan”.

Kredit Mobil, antara Keinginan dan Kebutuhan;
Foto: pixabay.com

Di era yang serba wah, terdapat banyak alasan mengapa mobil seolah menjadi sesuatu yang harus dimiliki, mulai dari alasan kebutuhan, ingin punya, sampai dengan ingin dibilang keren. Namun, dengan berbagai alasan tersebut, Anda sendirilah yang harus memutuskan mobil apa yang Anda inginkan, sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan Anda.

Kredit Mobil? Pikirlah Lagi Sebelum Anda Memutuskannya

Sebenarnya sah-sah saja membeli dan memiliki mobil dengan cara berhutang atau dengan cara mengambil kredit, dan hal ini sudah biasa dilakukan, apalagi saat ini semain banyak tawaran dan kemudahan yang ditawarkan oleh dealer mobil untuk memiliki mobil dengan menawarkan pembelian mobil dengan cara kredit, dan hal ini akan membuat Anda menjadi semakin tergiur untuk bisa mendapatkan mobil idaman dan impian Anda.

Baca juga: Restrukturisasi Kredit.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil kredit mobil, sebagai berikut:

  1. Pertimbangkan secara matang alasan untuk memiliki mobil dengan cara kredit. Tanpa adanya pertimbangan yang matang, dikhawatirkan akan mendatangkan timbulnya masalah pada kemudian hari. Jangan sampai membeli mobil hanya karena gengsi.
  2. Selain berbagai pertimbangan, juga yang harus dipersiapkan adalah timbulnya pos pengeluaran baru, seperti pajak tahunan, bahan bakar dan juga servis berkala yang harus dilakukan. Selain itu, kebanyakan setelah memiliki mobilakan terjadi perubahan gaya hidup, misalnya jadi lebih senang jalan-jalan atau senang pergi  ke pusat perbelanjaan atau ke mall.
  3. Periksalah penghasilan atau pemasukan keuangan Anda. Lakukan kalkulasi, jenis mobil apa yang sanggup untuk dibeli. Dan pikirkan juga biaya yang tersembunyi, seperti biaya administrasi atau bahkan asuransi.
  4. Carilah informasi tentang mobil yang Anda inginkan, bisa dengan berkeliling ke dealer atau showroom atau bertanya pada teman atau dengan mencari informasi melalui internet. Bahkan di dealer, Anda bisa mencari harga pasti, karena harga yang tercantum dalam daftar harga biasanya masih bisa ditawar. (Jangan lupa menanyakan aksesoris atau souvenir yang diberikan, misalnya kaca film atau anti karat).
  5. Apabila sudah memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit, maka yang harus dilakukan adalah pilihlah kredit dengan jumlah yang paling kecil dengan jangka waktu pembayaran yang pendek.
  6. Setelah menemukan dealer yang bisa meberikan tawaran kredit yang paling ringan. Dari harga yang sudah disepakati dari rencana kredit, hitung berapa uang muka dan rencana cicilan setiap bulannya. Tanyakan juga tentang syarat-sayart kredit, dan jangan ragu untuk menyanggah persyaratan kredit yang memberatkan, misalnya metode penghitungan bunga (kalau bisa mintalah bunga efektif, yaitu beban bunga dihitung berdasarkan jumlah utang yang tersisa).
  7. Biasanya kredit mobil wajib menggunakan asuransi kendaraan. Meskipun secara resmi harus menggunakan all risk, namun biasanya hal ini bisa diakali dengan cara lain untuk tenor. Misalnya untuk kredit 3 tahun, pada tahun pertama bisa mengambil asuransi all risk (wajib), pada tahun kedua dan ketiga bisa dengan asuransi TLO (total loss only) sehingga akan lebih murah.

Catatan: Jangan lupa untuk mengajak  keluarga atau bahkan sahabat untuk bisa mendapatkan second opinion. Dan jangan mudah tergiur dan terjebak dengan tawaran yang akan diberikan.

Itu dia sedikit informasi dan tips apabila Anda ingin memiliki mobil dengan cara kredit. Semoga informasi “kredit mobil, antara kebutuhan dan keinginan” bermanfaat dan memberikan masukan untuk Anda sebelum membeli mobil dengan cara kredit.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kredit Mobil, antara Keinginan dan Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel