Tips Mudah Mengusir Tikus dari Rumah

Mas….ada tikus!!! Ini kok mie instant bolong-bolong, kok sebagian ada yang hilang, pasti ini digigit tikus!… Cepet tangkep dong tikusnya!!!”

Tips Mudah Mengusir Tikus dari Rumah - Kata-kata di atas pasti pernah Anda dengar, atau minimal Anda diminta untuk menangkap dan mengusir tikus yang ada di rumah oleh Ibu atau Istri Anda? Sering sekali kita geregetan kalau mendengar keberadaan hewan yang satu ini di rumah, apalagi sudah ada barang yang rusak atau bahkan bahan makanan yang sudah disimpan dengan baik, ternyata harus dibuang karenan digigit oleh hewan yang satu ini. Sebenarnya keberadaan hewan apa pun di rumah, seperti kehadiran tikus menjadi hal yang sangat menyebalkan kalau sudah mulai merusak, memakan dan juga mengotori rumah, dan yang terburuk menjadi biang keladi sumber penyakit seperti penyakit pes, oleh karena itu dengan kehadiran tikus menjadikan banyak orang berusaha untuk mengusir tikus ini dari rumah.

Di internet sudah banyak yang memberikan dan membagikan cara untuk mengusir tikus, mulai dari cara yang alami sampai dengan menggunakan berbagai alat yang harus dibeli dari toko, mulai dari pengalaman pribadi sampai dengan cara mudah dan menghemat uang.

Tips Mudah Mengusir Tikus dari Rumah;
Menangkap tikus di rumah

Mengusir Tikus Secara Alami dengan Bahan Alami

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir keberadaan tikus ini di rumah, sebelum menggunakan berbagai alat dan bahan yang harus Anda beli di toko untuk mengusir tikus ini, ada baiknya menggunakan bahan alami untuk mengusir tikus.  Namun hal utama sebagai pencegahan agar tikus tidak datang ke rumah, adalah selalu menjaga kebersihan rumah, dan memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih sebelum Anda pergi tidur, karena tikus selalu mencari makanan di malam hari.

Baca juga: Tips Aman Mengendarai Mobil di Saat Hujan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dengan bahan alami yang disadur dari Liputan6.com, sebagai berikut:

  1. Lada Bubuk. Cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan bubuk lada di tempat yang dicurigai sebagai tempat bersembunyinya tikus atau bisa juga tempat yang sering didatangi tikus. Tikus akan pergi, hal ini disebabkan adanya senyawa piperin yang terdapat pada lada yang membuat lada memiliki bau menyengat, sehingga membuat tikus merasa terganggu.
  2. Irisan bawang. Cara ini menjadi salah satu cara alami yang bisa dilakukan, aorma bawang adalah aroma yang menjijikkan bagi tikus. Cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan irisan bawang di tempat yang sering didatangi tikus atau di tempat persembunyian tikus.
  3. Menggunakan kulit telur. Cara menggunakannya sangat mudah dengan menghaluskan kulit telur menjadi bubuk, kemudian taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilalui tikus.
  4. Minyak peppermint. Baunya yang menyengat menjadi salah satu bahan yang tidak disukai tikus, cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan mencelupkan bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkan bola kapas ini di daerah yang dicurigai menjadi sarang tikus.
  5. Saus cabai. Cara ini bisa dilakukan dengan mencampur antara suas cabai dengan deterjen ditambah dengan air, letakkan dalam botol semprot. Untuk mengusir tikus bisa dilakukan dengan menyemprot cairan saat tikus muncul.
  6. Kulit durian. Menggunakan kulit durian menjadi salah satu cara ampuh untuk mengusir tikus secara alami. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan kulit durian, dengan cara memotong kulit buah durian dan meletakkannya  di tempat yang sering didatangi tikus, aroma buah durian yang tajam ampuh untuk mengusir tikus.
  7. Daun mint. Daun mint ini memiliki aroma yang cukup tajam, begitu pula dengan tikus yang tidak tahan dengan bau mint yang tajam, yang bisa membuat tikus akan mabuk dan lemas. Cara menggunakannya sangat mudah dengan menyiapkan satu ikat daun mint, dan ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Kemudian semprotkan ke daerah yang sering dilalui tikus.
  8. Baking soda. Siapa yang mengira bahan ini bisa digunakan untuk mengusir tikus? Caranya sangat mudah dengan cara mencampur baking soda ke makanan yang sering dicuri tikus. Tikus akan menggembung setelah makan makanan yang sudah diberian baking soda, karena mengeluarkan gas yang dihasilkan soda.
  9. Kantung teh. Bahan ini ternyata bisa menjadi cara yang efektif untuk mengusir tikus . Peppermint yang ada dalam kantung teh akan membuat iritasi pada hidung tikus, dengan begitu indra penciuman tikus tidak berfungsi dengan baik. Caranya cukup mudah dengan menempatkan bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau daerah yang sering dilalui tikus.
  10. Buah mengkudu. Cara menggunakannya cukup mudah dengan menghancurkan terlebih dahulu buah ini, baru kemudian dilarutkan dalam air, dan semprotkan larutan tersebut pada daerah yang sering dilalui tikus.

Sebenarnya masih banyak cara dan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah, namun minimal cara di atas bisa dicoba terlebih dahulu agar tikus tidak betah bersarang di rumah Anda.

Cara Mudah Mengusir Tikus dalam Rumah dengan Lem Super Lengket

Selain beberapa cara di atas dengan menggunakan cara alami, terkadang kita geregetan karena beberapa cara tersebut belum optimal untuk menangkap dan mengusir tikus. Untuk itu, Anda bisa menggunakan cara cepat dan menghilangkan tikus dari rumah dengan menggunakan alat yang dibeli dari toko, yaitu jebakan lem.

Salah satu lem yang bisa digunakan adalah menggunakan lem tikus Cap Gajah yang efektif bisa menangkap tikus. Pengalaman menggunakan lem ini, alat ini bisa dikatakan efektif untuk menangkap tikus. Lem tikus Cap Gajah ini adalah lem khusus yang sengaja dibuat untuk menangkap tikus dan juga memiliki tingkat dan daya rekat yang sangat kuat.

Cara Mudah Mengusir Tikus dalam Rumah dengan Lem Super Lengket;
Lem tikus "Cap Gajah"

Selain itu, Lem tikus Cap Gajah ini aman untuk digunakan karena tidak beracun dan tidak berbau sehingga aman diletakkan di mana saja di dalam rumah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Untuk kemasan trap, cukup membuka karton lemasan lem, kemudian letakkan umpan di tengah papan untuk menarik perhatian tikus, dan tunggu, biarkan Lem Tikus Cap Gajah ini bekerja.

Itu dia sedikit informasi dan tips mudah mengusir tikus dari rumah. Semoga bermafaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin segera mengusir tikus dari rumah. 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Mengusir Tikus dari Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel