Plastik Vacuum, Pilihan Pengusaha Kuliner untuk Mengembangkan Bisnis

Sudah hampir satu tahun wabah pandemi Covid-19 ini melanda Indonesia, hal ini mengakibatkan perubahan dalam pola hidup untuk selalu tetap menjaga protokol kesehatan. Namun dibalik itu semua, terdapat hikmah positif yang menjadikan masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Begitu pula dalam bisnis, juga tetap harus menjaga protokol kesehatan, mulai dari pencarian bahan baku, proses produksi sampai konsep penyajian makanan. Dengan berjalannya waktu, mulai banyak inovasi, khususnya dari pengusaha kuliner yang menyediakan berbagai makanan setengah matang yang diletakkan dalam plastik khusus. Plastik vacum, ini menjadi pilihan pengusaha kuliner untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi yang menyediakan produk makanan setengah matang yang bisa dimasak lagi di rumah atau makanan jadi yang bisa dinikmati untuk beberapa waktu.

Plastik vacuum merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengemas makanan dan menjadi tahap penting dalam bisnis kuiner. Dengan pengemasan yang baik, akan membuat produk kuliner dalam kemasan tersebut menjadi lebih menarik, tahan lama dan membuat makanan tidak cepat rusak.

Plastik Vacuum Menjadikan Makanan Menjadi Tahan Lama

Meskipun saat ini masih terjadi pandemi, seorang pebisnis kuliner harus memiliki solusi dan alternatif agar bisnisnya bisa bertahan, selain sebagai cara agar bisnis tetap berjalan, juga hal ini menjadikan sebuah peluang untuk produk yag diproduksinya agar tetap bisa laku. Mengemas makanan dalam plastik vacuum menjadi solusi yang bisa dilakukan saat ini.

Plastik Vacuum, Pilihan Pengusaha Kuliner untuk Mengembangkan Bisnis;Plastik Vacuum Menjadikan Makanan Menjadi Tahan Lama;
Makanan dalam plastik vacuum (Sumber gambar: plastikvacuum.com)

Sebenarnya apakah plastik vacuum itu? Plastik vacuum adalah plastik yang digunakan khusus untuk membungkus atau untuk mengemas berbagai jenis makanan. Saat ini mulai banyak produk makanan yang sengaja di letakkan dalam plastik vacuum dengan tujuan agar bisa diolah kembali, seperti makanan beku, bahan makanan yang bisa diolah kembali, bumbu dapur dan masih banyak bahan makanan lainnya.

Penggunaan plastik vacuum memberikan mafaat bagi makananan yang ada di dalamnya, sehingga makanan akan tetap terjaga kualitasnya karena tidak terkontaminasi dengan bahan berbahaya lain, juga tidak terkena kotoran juga debu selama proses pendistribusian makanan.

Baca juga: Sukses Berbisnis dengan Instagram.

Keunggulan menggunakan plastik vacuum, antara lain:

  • Produk makanan akan tetap aman, karena kedap udara dan akan menjamin makanan tetap aman dikonsumsi sampai tanggal kadaluarsa habis.
  • Terhindar dari serangan bakteri dan kutu.
  • Terjaga kualitasnya, karena plastic vacuum dibuat dari nylon yang cukup tebal, dengan ketebalan tersebut menjadikan makanan tidak mudah rusak dan lecet. Selain itu, bahan nylon bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi ekstrem.
  • Memperpanjang umur produk, karena plastik vacuum mencegah oksigen masuk ke dalam kantong dan menjaga kelembaban produk.

Keamanan dan daya tahan dalam jangka waktu lama menjadi alasan mengapa plastic vacuum ini dipilih sebagai kemasan terbaik. Plastik vacuum ini terbuat dari bahan PE (Poly Ethylene) Nylon yang sudah dilapisi pada ketiga sisinya atau disebut dengan three side seal, yang menjadikan mudah untuk menyimpan makanan dan juga bahan makanan kedap udara yang membuat produk makanan yang dijual menjadi tahan lebih maksimal.

Plastik Vacum Sealer

Memilih plastik vacuum untuk mengemas makanan yang dijual menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan bisnis kuliner yang Anda miliki, selain banyak pembeli yang memutuskan untuk take away atau bawa pulang. Juga mulai banyak pemebli yang tertarik untuk memasak sendiri di rumah dari bahan setengah matang. Inilah yang menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha kuliner.

Untuk itu dibutuhkan mesin atau alat untuk mengemas makanan yang sudah disimpan dalam plastik vacuum. Plastik vacuum sealer menjadi alat praktis untuk mengososngkan udara dalam plastik sehingga  akan meminimalisir masuknya bakteri pada produk makanan dalam kemasan, selain itu penggunaan mesin plastk vacuum ini akan memudahkan dalam mengemas dengan menggunakan plastik vacuum.

Plastik Vacum Sealer;
Pengemasan dengan plastik vacuum sealer (Sumber gambar: Shutterstock)

Terdapat tiga jenis pilihan mesin plastik vacuum, yaitu:

  • Mesin vacuum table type, yaitu mesin vacuum yang diletakkan di meja. Terdapat dua macam tipe mesin ini, yaitu single seller (satu alat penjepit dan pengemas bungkus makanan) dan double seller (dua alat penjepit dan pengemas bungkus makanan). Mesin model ini sangat pas untuk membungkus daging  buah-buahan, sayuran, camilan, beras atau produk makanan dengan berat 1 sampai 3 kg.
  • Mesin vacuum floor type yaitu mesin vacuum yang diletakkan di lantai dan memiliki ukuran besar, yang berfungsi untuk membungkus dengan berat lebih dari 5 kg, seperti biji kopi, jagung atau bisa juga beras.
  • Mesin vacuum single dan double chamber, mesin ini cocok untuk digunakan bagi Anda produsen makanan yang membutuhkan mesin vacuum dengan tingkat penyedotan udara yang tinggi dan juga cepat.

Baca jugaKonsisten dan Kreatif Kunci Sukses Bisnis di Masa Pandemi.

Cara mudah menggunakan mesin plastik vacuum, antara ain:

  1. Masukkan makanan ke dalam kemasan plastic vacuum.
  2. Nyalakan mesin vacuum plastik.
  3. Atur mesin mulai dari durasi penyedotan (vacuum time), durasi pengemasan (sealer time), suhu atau panas pengemasan sesuai dengan jenis plastik yang digunakan. Semakin lama waktu penyedotan, maka semakin rapat tingkat pengemasannya.
  4. Masukkan kemasan plastik yang akan di vacuum ke chamber,
  5. Tutuplah pintu mesin, maka mesin akan bekerja otomatis bekerja, tunggulah beberapa saat sampai proses vacuum dan sealing selesai.

Keuntungan menggunakan mesin plastic vacuum, antara lain:

  • Produk kuliner seperti makanan akan tahan lama, tidak cepat basi dan terkena jamur, karena tingkat penyedotan udara yang lebih kuat dan juga sempurna.
  • Tidak membutuhkan alat perekat tambahan, seperti karet, staples atau bahkan lem. Dengan menggunakan mesin vacuum, akan bisa menyedot udara dalam kemasan namun juga bisa merekatkan plastik pembungkus makanan tanpa adanya alat perekat tambahan.
  • Hemat listrik karena hanya memerlukan daya listrik yang rendah.
  • Lebih hemat tenaga dan waktu.
  • Dapat mengemas makanan dalam jumlah banyak dalam sekali waktu (bila menggunakan mesin dengan double chamber).

Ternyata selalu ada peluang di balik masalah yang muncul, begitu pula dalam bisnis kuliner, ide plastik vacum, ini menjadi pilihan pengusaha kuliner untuk mengembangkan binis di masa pandemi dan bisa menjadi sebuah pilihan untuk mengemas produk lainnya. Semoga bermanfaat.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Plastik Vacuum, Pilihan Pengusaha Kuliner untuk Mengembangkan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel