Kisah Sukses Steve Jobs

Diantara kita pasti mengidolakan berbagai produk gadget dan perangkat elektronik untuk bekerja, salah satunya adalah Apple. Berbagai produk Apple, seperti Mac, iPod dan iPhone pasti menjadi idola dan favorit setiap orang yang mengetahui keunggulan produk ini. Dan pasti bagi siapa pun yang belum pernah memiliki, pasti alasan belum cukup uang menjadi alasan utama belum memiliki berbagai produk Apple ini. Dibalik keunggulan Apple terdapat kisah sukses dan jatuh bangunnya pendiri Apple yaitu Steve Jobs. Kisah sukses Steve Jobs telah menginspirasi siapa saja yang ingin sukses dalam bisnis, bahwa berbisnis adalah proses yang tidak dapat dilakukan secara instant.

Pria yang bernama asli Abdul Latief Jendali atau lebih dikenal dengan Steve Jobs ini lahir di San Francisco, California. Pria yang lahir pada tanggal 24 Februari 1955 ini adalah sosok yang penuh dengan kesederhanaan dan keindahan. Sejak kecil Steve Jobs sudah tertarik dengan hal yang berbau elektronik. Ayah Steve Jobs sebenarnya adalah Abdulfattah Jendali seorang professor ilmu Politik berkebangsaan Syriah dan ibunya bernama Joanne Simpson seorang petalog bahasa wicara berkebangsaan Amerika Serikat, namun sejak bayi Steve Jobs sudah diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs yang tinggal di California.

Kisah Sukses Steve Jobs dan Apple

Siapa yang mengira kalau Steve Jobs adalah seorang mahasiswa yang pernah drop out dari Reed College. Ditambah dengan rasa tidak enaknya pada orang tuanya yang sudah mengeluarkan uang banyak, namun Steve belum bisa memberikan yang terbaik, menjadikan Steve mencoba bertahan hidup dengan menumpang tidur di asrama teman-temannya, dan mencoba bertahan dengan mencari makan dengan cara menukarkan botol cola agar bisa mendapatkan uang untuk makan.

Kisah Sukses Steve Jobs ;Kisah Sukses Steve Jobs dan Apple;
Steve Jobs (Sumber gambar: vineshmaharaj.wordpress.com)

Yang unik dari mempelajari kuliah kaligrafi selama 10 tahu tersebut, Steve bahkan mendapatkan ilham sehingga bisa mendesain computer Macintosh pertamanya. Kisah sukses Steve tidak bisa lepas dengan berdirinya Apple. Saat Steve berumur 20 tahun, Steve mulai mengembangkan Apple selama 10 tahun dengan 2 orang karyawan. Dan pada perkembangan berikutnya berkembang dengan 4000 karyawan dengan pendapatan 2 milyar dolar.

Pada tahun 1983, Steve Jobs mengajak John Sculley untuk membangun dan memimpin Apple, ditambah dengan perkembangan yang cukup bagus diindustri computer dengan diluncurkannya Macintosh. Dibalik berkembangnya Apple, pada tahun 1985 terjadi hal yang mengejutkan dimana Steve Jobs diberhentikan dari Apple karena terjadi konflik dengan Sculley.

Mulai Mengembangkan Bisnis Animasi “Pixar”

Bukan Steve Jobs saat mendapatkan permasalahan harus terus terpuruk. Dan apada akhirnya Steve Jobs memulai usaha kembali dengan mendirikan perusahaan dengan nama “NeXT” dan perusahaan animasi “Pixar”. Diantara kedua perusahaan tersebut, Pixar menjadi kisah sukses Jobs, yang memberi nuansa dan trend baru dalam dunia film animasi.

Baca juga: Sukses Bisnis Mark Zuckerberg.

Pada perkembangannya, Pixar yang hampir bangkrut tersebut mendapatkan tambahan dana sehingga bisa memproduksi film berbasis computer, dan banyak sekali film berbasis animasi yang meledak dan menjadi favorit sampai sekarang, seperti Toy Story, A Bug’s Life, Toy Story 2, Monster, Inc., Finding Nemo, The Incredibles, Cars, Ratatouille, WALL-E, Up dan juga Toy Story 3.

Dibalik Kembalinya Steve Jobs ke Apple

Perginya Steve Jobs dari Apple pada tahun 1985 lalu menjadikan posisi Apple semakin terpuruk, dan kalah dengan Microsoft dan IMB, bisa dikatakan Apple kalah bersaing dengan dua merk computer tersebut.

Maka pada tahun 1997 akhirnya Steve Jobs dipanggil kembali untuk mengisi posisi sementara pimpina Apple. Yang menarik, sejak kembalinya Steve jobs ke Apple, Apple kembali bangkit dan memberikan warna luar biasa, dan bahkan muncul berbagai produk luar biasa, seperti iMac, MacOS X dan yang paling fenomenal dan bisa bersaing dengan OS lain seperti Android yaitu dengan kemunculan iPhone.

Baca juga: Kerja Keras Menurut Elon Musk.

Dibalik kesuksesan Steve Jobs, pada tahun 2004 terdapat masalah dengan kesehatan Steve Jobs yang didiagnosa menderita penyakit kanker pankreas, saat itu adalah masa jaya Apple dan Steve Jobs juga mendapatkan penghargaan CEO terbaik di Amerika Serikat, dan pada tanggal 24 Agustus 2011, Steve resmi mengundurkan diri, dan menunjuk Tim Cook sebagai CEO pengganti dirinya. Pada tanggal 5 Oktober 2011 Jobs meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit komplikasi kanker pankreas.

Steve Jobs Quotes

Terdapat beberapa quote dari Steve Jobs yang bisa menjadi pegangan para entrepreneur dan siapa saja yang saat ini sedang membangun bisnis, antara lain:

6 Dokter terbaik di dunia adalah sinar matahari, istirahat, olahraga, diet, rasa percaya diri dan teman. Pertahankan itu semua di setiap tahapan dan nikmati hidup.”

IKUTI KATA HATIMU. Waktumu terbatas. Jangan habiskan waktumu menjadi seseorang yang bukan dirimu. Miliki keberanian ikuti kata hati dan instuisimu, dalam hatimu sebenarnya kamu tau apa yang kamu inginkan.”

Semoga kisah sukses Steve Jobs bisa menginspirasi kita untuk selalu berproses dan tidak mengharapkan kesuksesan instan, dan keyakinan membangun dan meraih sukses menjadi pondasi awal dalam meraih kesuksesan bisnis.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Steve Jobs "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel