Sukses Bisnis Mark Zuckerberg

Tidak ada kesuksesan yang diraih hanya semalam, seperti itu pula yang dirasakan seorang pendiri media sosial terkenal dunia, sukses bisnis Mark Zuckerberg telah menginspirasi anak muda untuk selalu berkarya dan tetap optimis untuk mencapai sukses yang diinginkannya. Keyakinan dan semangat untuk mengembangkan bisnis dan rela bersabar menjalani proses bisnis tersebut membuat sosok Mark menjadi sangat terkenal saat ini, apalagi dengan aplikasi Facebook yang telah digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia.

Mark Zuckerberg adalah seorang pemuda yang lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Yang menarik, Mark lahir dari keluarga yang jauh dengan dunia komputer, ayah Mark, Edward Zuckerberg, hanya seorang praktisi kedokteran gigi, dan ibunya, Karen, hanyalah seorang psikiater. Hobi dan minat Mark pada dunia komputer sudah terlihat sejak umur 12 tahun, saat itu Mark mampu membuat program untuk mengirim pesan dengan menggunakan Atari BASIC, program tersebut diberi nama “Zucknet”. Dengan hasil karya Mark tersebut bisa membantu ayahnya untuk berkomunikasi dengan resepsionis tentang pasien tanpa harus berbicara dengan keras. Sejak dari kecil Mark sudah memiliki minat yang luar biasa pada dunia pemrograman.

Mark Zuckerberg ;Sukses Bisnis Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg (time.com)


Memulai Bisnis Dari Nol

Usaha dan kerja keras pasti tidak mengkhianati hasil, hal ini juga berlaku dengan apa yang telah dilakukan Mark Zuckerberg, sebelum Facebook yang digunakan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Mark membuat situs yang disebut dengan CourseMatch yang bisa digunakan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan teman baru berdasarkan course yang diambilnya.  Setelah situs CourseMatch, dibangun lagi aplikasi Facemash yang bisa menampilkan dua orang secara berbeda untuk bisa dibandingkan. Namun karena data mahasiswa yang dibandingkan didapatkan secara ilegal, akhirnya Harvard melarangnya.

Dari kedua aplikasi tersebut, Mark menyimpulkan bahwa kedua produk tersebut diminati banyak orang, dengan memodifikasi kedua program tersebut dan menambahkan beberbapa fitur akhirnya terciptalah aplikasi Facebook seperti yang bisa digunakan saat ini.

Sukses di Usia Muda Ala Mark Zuckerberg

Passion menjadi kata kunci untuk sukses yang dipegang oleh Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook. Cintailah sesuatu yang dilakukan dan bukan karena uang, menjadi motivasi yang diberikan Mark bagi karyawannya untuk bisa membuat sesuatu yang bisa dibanggakan. Mungkin kalau saat itu, Mark mau menerima tawaran Yahoo pada tahun 2006 untuk membeli Facebook dengan harga $ 1 juta, mungkin saat ini kita tidak akan mengenal kesuksesan Mark Zuckerberg yang mengmbangkan Facebook. Menurut Mark, hal ini bukan tentang uang. Namun tentang apa yang dicintainya dan tentang visi misi di masa yang akan datang.

Dan benar dengan berjalannya waktu, Facebook semakin berkembang dengan pendapatan iklan yang didapatkannya, yang membuat Mark bisa meningkatkan modal ventura dan akhirnya Mark bisa membeli domain Facebook.com dari pemegang sebelumnya dan juga menghilangkan kata “The”  dari nama situs tersebut.

Baca juga: Sukses Bisnis Jeff Bezos.

Pada Oktober 2007, Facebook juga mendapatkan pendanaan dari saham yang dibeli oleh Microsoft sebanyak 1,6% saham Facebook dengan harga US $ 240 juta. Karena kesuksesannya tersebut Mark Zuckerberg telah mengisnpirasi anak muda di dunia.

Cara Sukses Bisnis Mark Zuckerberg

Sampai saat ini Mark telah menjadi anak muda sukses yang menginspirasi tidak hanya anak muda, namun juga orang tua yang selalu ingin mengembangkan keahliannya. Terdapat beberapa hal yang yang bisa diambil dari kesuksesan Mark Zuckerberg melalui Facebook tersebut, antara lain:
  1. Orang sukses hanya memiliki 2 hal pada bibir mereka, yaitu diam dan senyuman.
  2. Orang kaya tetap kaya dengan hidup seperti orang miskin, namun orang miskin tetap miskin dengan hidup seperti orang kaya.
  3. Satu-satunya strategi yang membuatmu gagal adalah main aman.
  4. Orang yang sukses adalah orang yang selalu menciptakan hal baru serta mencari cara untuk membuat peningkatan.
  5. Jika kamu ingin menjadi seperti Mark Zuckerberg, maka berhentilah meniru Zuckerberg, karena Zuckerberg tidak pernah mencoba meniru Bill Gates atau Steve Jobs, melainkan puas menjadi dirinya sendiri.
Tidak ada kata terlambat untuk membangun kesuksesan, semoga sukses bisnis Mark Zuckerberg bisa menginspirasi anda untuk membangun dan mengejar sukses yang anda impikan.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel