Kerja Keras Menurut Elon Musk

Bekerja bagi setiap orang adalah hal yang sangat penting dalam hidupnya, apalagi untuk mencari uang yang bisa menghidupi keluarga. Namun dalam perkembangannya, banyak hal yang harus dilakukan bagi seseorang yang memilih berbisnis sendiri, bila dibandingkan dengan hanya bekerja sebagai seorang karyawan. Seseorang yang memilih membangun bisnisnya sendiri, harus berupaya sekuat tenaga agar bisnis yang dipilihnya menjadi besar dan bermanfaat. Hal ini pula yang dilakukan seorang Elon Musk, kerja keras menurut Elon Musk melalui akun Twitternya, ”meskipun banyak sekali pekerjaan yang bisa dikatakan mudah, namun tidak ada orang yang bisa mengubah dunia dengan hanya bekerja 40 jam dalam seminggu”.

Benar juga, kalau hanya menyelesaikan pekerjaan rutinitas dan sudah biasa mungkin saja anda tidak membutuhkan waktu yang lama 40 jam dalam seminggu, karena anda tinggal mengerjakan pekerjaan tersebut. Berbeda kalau anda harus memulai sebuah bisnis, memikirkan ide, dan merencanakan serta memproyeksikan bagaimana bisnis yang akan dibangun, hal ini menjadi sesuatu yang memerlukan upaya yang keras. Begitu pula saat bisnis yang sudah dibangun sudah beroperasional, anda harus berpikir lagi agar bisnis bisa menghasilkan.

Elon Musk;Kerja Keras Menurut Elon Musk
Elon Musk (Sumber gambar: teslarati.com)

1. Bekerja untuk Mengubah Dunia

Elon Musk adalah seorang CEO dua perusahaan inovatif dunia, yaitu perusahaan mobil listrik Tesla Motors dan perusahaan roket SpaceX. Terdapat hal penting bagi seorang Elon untuk membangun dua perusahaan ini, yaitu motivasi dan percaya diri yang luar biasa. Ditambah lagi dengan keyakinannya dalam bekerja, menurutnya seseorang harus bekerja 80 hingga 100 jam sepekan untuk bisa mengubah dunia.

Hal ini juga yang dilakukan Elon Musk, yang mengatakan bahwa dirinya pernah bekerja sampai 120 jam dalam seminggu, bahkan hal tersebut juga dilakukan para karyawan Tesla yang bekerja 100 jam dalam seminggu.

Bekerja keras dalam perusahaan yang dipegang Elon, menjadi hal yang sangat penting, dan sangat dibutuhkan agar Tesla bisa bersaing.

2. Cara Elon Musk Bekerja

Tidak ada bisnis yang dibangun dengan cara yang santai dan bermalas-malasan, hal ini pula yang diyakini Elon Musk dalam membangun bisnisnya. Diambil dari businessinsider.com, yang disampaikan Dolly Singh, mantan Head of Talent Acquisition SpaceX, “Berlian dibuat di bawah tekanan, dan Elon Musk adalah seorang pembuat berlian yang luar biasa”.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Berani Gagal.

Elon Musk pernah mengatakan kepada karyawannya bahwa dengan ketabahan dan kekuatan setelah berusaha melewati usaha selama ratusan jam, kita pasti akan berhasil. Bahkan dengan semangat dari Ekon, Tim SpaceX kembali bersemangat dan segera bekerja kembali dan bisa menemukan kesalahan dalam beberapa hari. Setelah tujuh minggu, Falcon 1 pun siap dan berhasil diluncurkan dengan sukses serta menjadikannya roket pertama yang dibuat secara pribadi untuk mencapai orbit bumi.

3. Tips Sukses Elon Musk

Dari semua yang disampaikan di atas, termasuk dengan obsesi sukses dalam membangun bisnis yang menurut orang lain dianggap tidak reallistis, namun banyak sisi positif yang bisa diambil dari sosok Elon Musk, terutama dalam membangun bisnisnya, yaitu dengan:
“BEKERJA KERAS”
“Aku rasa hal pertama adalah kamu harus berkerja, tergantung pada seberapa baik kamu ingin melakukannya dan terutama jika kamu sedang memulai pekerjaan, kamu harus bekerja super keras. Jadi seperti apa bekerja super keras itu?. Jadi saat kakakku dan aku sedang memulai perusahaan kami, daripada membeli apartemen, kita menyewa kantor kecil dan kita tidur di sofa. Kita mandi di YMCA dan kita sangat kesulitan, kita hanya memiliki 1 komputer saja, jadi websitenya berjalan saat siang hari dan saya melakukan coding saat malam; 7 hari dalam seminggu, setiap saat”.

Elon Musk, adalah orang sukses yang memiliki kekakayaan $22,3 Milyar (Instagram.com/5amsuccess), yang merupakan:
  • Founder, CEO, Lead Designer of SpaceX.
  • CEO, Product Architect of Tesla, Inc.
  • Co-Founder, CEO of Neuralink.
  • Founder of The Boring Company.
  • Co-founder of Zip2.
  • Founder of X.com (later became PayPal).
  • Co-founder of OpenAI.
  • Chairman of SolarCity.
Itu dia sedikit tulisan tentang kerja keras menurut Elon Musk, yang sukses dalam membangun bisnisnya.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel