Ukuran Gambar Instagram

Dunia informasi semakin canggih, dengan kecanggihan teknologi dan internet yang sudah menjadi kebutuhan setiap sorang, terdapat satu hal menarik yaitu semakin berkembangnya media sosial yang sudah menjadi sumber informasi di luar televisi. Di antara media sosial yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Instagram menjadi salah satu media sosial favorit yang paling banyak dipakai oleh setiap orang, selain bisa menjadi alat hiburan, juga bisa membantu dalam proses bisnis online. Yang menarik, meskipun sudah banyak digunakan sebagai alat bantu dalam bisnis, Anda yang menggunakan media sosial ini harus memahami fitur yang ada dalam Instagram, salah satunya adalah mengetahui ukuran gambar Instagram.

Instagram sendiri adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh setiap orang untuk berbagi foto, video dan berita. Sebagai salah satu media sosial yang dirilis pada tanggak 6 Oktober 2010 yang saat itu hanya bisa digunakan untuk iOS, dan baru April 2012, Instagram bisa digunakan di berbagai alat dengan versi Android.

Instagram;Ukuran Gambar Instagram;Ukuran Post Instagram;Ukuran Instagram Feed atau Foto;
Instagram (Sumber gambar: nypost.com)

Dengan berkembangnya teknologi dan pengembangan ide agar Instagram menjadi sebuah perangkat yang menarik, Instagram saat ini juga sudah berbagi video. Yang menarik saat ini, Instagram menjadi alat favorit yang digunakan untuk mempromosikan produk bisnis online oleh para pemilik bisnis, baik pebisnis skala kecil sampai dengan bisnis skala besar.

Ukuran Post Instagram

Sebagai pengguna Instagram yang sangat membutuhkan media social ini untuk berbagi informasi, khususnya promosi produk, maka agar bisa menarik perhatian, hal utama adalah bisa membagikan gambar yang menarik, dengan ukuran yang tepat. Dalam artian gambar tersebut tidak pecah atau sesuai dengan ukuran yang ditetapkan aplikasi Instagram.

Ukuran gambar Instagram;Ukuran Gambar Instagram;Ukuran Post Instagram;Ukuran Instagram Feed atau Foto;
Ukuran gambar Instagram (Sumber gambar:  louisem.com)

Selama ini banyak yang belum memahami bahwa memposting sebuah gambar dalam media social khususnya Instagram terdapat hal yang harus diperhatikan, dan yang terjadi adalah gambar dari hasil foto langsung diposting tanpa memperhatikan aspek rasio dan juga ukuran gambar. Mengetahui kedua hal tersebut akan membuat foto atau gambar yang diposting tidak akan terpotong.

Baca juga: Youtuber Sukses yang Berkarya dengan Menggunakan Adobe.

Pada kenyataannya, saat Anda akan memposting gambar akan terdapat gambar yang terpotong atau terdapat pilihan angka yang harus diperhatikan, ukuran gambar di Instagram yang dinyatakan dalam dua angka, pada angka pertama menunjukkan lebar dan pada angka kedua menujukkan tinggi gambar.

Ukuran Instagram Feed atau Foto

Memilih Instaram sebagai pilihan media sosial selain Facebook, berarti Anda sudah siap dengan berbagai foto dan gambar menarik yang akan diposting. Tentunya agar gambar tersebut bisa menarik, Anda harus mengikuti aturan yang diperbolehkan Instagram.

Rasio gambar Instagram;Ukuran Gambar Instagram;Ukuran Post Instagram;Ukuran Instagram Feed atau Foto;
Rasio gambar Instagram (Sumber gambar: upleap.com)

Terdapat tiga ukuran foto Instagram yang bisa dipakai, antara lain:

  • Foto horizontal. Pada foto horizontal ini, rasio yang dipakai adalah 1,91:1, dan bisa dinaikkan sampai menjadi 16:9, dengan resolusi 1080 x 566 piksel, namun juga bisa menggunanakan ukuran piksel yang lebih kecil, dengan ukuran 600 x 400 piksel.
  • Foto vertical. Pada foto vertical ini menggunakan aspek rasio 4:5 dengan menggunakan resolusi 1080 x 1350 piksel, namun biasanya Instagram akan menampilkannya dengan ukuran 480 x 600 piksel.
  • Foto persegi. Pada tipe ini rasio yang digunakan adalah 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel, namun pada akhirnya Instagram akan menampilakn gambar mendekati 600 x 600 piksel.

Menarik sekali mengetahui cara posting yang baik dan benar agar foto dan gambar yang dipost tidak pecah. Semoga informasi tentang ukuran gambar Instagram ini bermanfaat untuk Anda. 



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Gambar Instagram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel