Tips Mengendarai Motor Yang Baik

Indonesia adalah negara yang rakyatnya memiliki banyak kendaraan bermotor, bahkan setiap rumah pasti memiliki sepeda motor, tidak hanya satu bahkan ada yang lebih. Hal inilah yang menyebabkan pasar sepeda motor di Indonesia masih cukup bagus. Namun yang menarik, meski kebanyakan sudah memiliki sepda motor, hal ini belum didukung dengan perlaku berkendara yang baik. Salah satu indikator yang bisa dilihat adalah masih banyaknya kecelakaan terjadi akibat kelalaian dalam berkendara. Oleh karena itu, tips mengendarai motor yang baik, sengaja dibagikan dalam tulisan ini untuk mengingatkan agar jangan sampai terjadi hal-hal buruk yang bisa terjadi pada diri kita semua akibat kelalaian tersebut.

Sebenarnya menghindari kecelakaan lalu lintaa sangatlah mudah dan sederhana, yaitu cukup mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.  Jadi jangan salah kalau Pak Polisi sering melalukan operasi patuh atau operasi terhadap para pengendara, hal ini tidak bukan untuk menertibkan para pengguna kendaraan bermotor, dan juga untuk memberikan informasi mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Mengendarai motor;Tips Mengendarai Motor Yang Baik;Tips Aman Menggunakan Motor di Jalan;
Mengendarai motor (Sumber gambar: gamisjilbabsyari.com)

Tips Aman Menggunakan Motor di Jalan

Ide menuliskan tips berkendara ini berasal dari Kompas Klasika yang beberapa lalu pernah disajikan, sekaligus untuk mengingatkan kita semua agar lebih tertib dalam berkendara. 

Baca juga: Tips Mobil "Memeriksa Timing Belts".

Terdapat beberapa langkah untuk bisa menjadi seorang pengendara motor yang baik, antara lain:

  • Sebelum berkendara persiapkan segalanya, mulai dari mesin dan kesehatan tubuh, termasuk juga pikiran. Oleh karena itu, apabila anda tidak yakin bisa berkonsenstrasi saat akan berkendara yang disebabkan emosi yang tidak stabil, sebaiknya anda membatalkan rencana untuk berkendara. Selain itu , Anda bisa menggunakan perlengakpan keamanan saat berkendara, seperti helm, jaket, dan sarung tangan untuk keamanan dan juga kenyamanan saat berkendara. Apabila merasa perlu, dianjurkan juga memakai celana panjang, masker dan kaca mata (untuk meredam sinar matahari dan melindungi mata dari debu).
  • Rencanakan tujuan Anda dengan memilih jalan yang paling cepat, agar bisa lebih cepat dan efisien sampai di tempat tujuan. Anda bisa menggunakan peta, Google Maps atau radio untuk mengetahui kondisi jalan terkini. Tentunya agar tidak terjebak kemacetan saat di jalan.
  • Dalam mengendarai motor, kendarailah motor dengan batas kecepatan yang wajar, selain demi keamanan diri sendiri juga demi keamanan orng lain. Dengan mengendarai motor dengan batas wajar, setidaknya anda bisa menghemat bahan bakar, dan juga bisa memperpanjang umur mesin dan juga spare part motor lainnya. 
  • Saat di persimpangan atau di belokan jalan, kurangilah kecepatan, dan juga perhatikan kaca spion saat anda ingin berbelok atau melalukan pengereman, dan jangan lupa menyalakan lampu utama pada siang hari dan saat berbelok hidupkan lampu sein.
  • Selalu menjaga sikap dalam berkendara. Dengan cara tidak mengendarai motor seenaknya, tidak zig zag, memotong jalan tiba-tiba atau aktivitas lain yang mengganggu pengendara motor lainnya.

Itu dia sedikit tips mengendarai motor yang baik, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan selalu waspada dan berhati-hati saat di jalan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengendarai Motor Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel