Tips Aman Mengendarai Mobil di Saat Hujan

"Sedia payung sebelum hujan" menjadi salah satu semboyan penting yang disampaikan orang tua kita, agar mempersiapkan segalanya sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Begitu pula saat ini yang sudah memasuki musim penghujan yang menuntut semua harus berhati-hati, khususnya bagi Anda yang setiap hari harus mengendarai kendaraan bermotor. Bagi anda yang harus mengemudi mobil di saat hujan, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, apalagi pada saat musim hujan pasti akan timbul genangan air, jalanan menjadi licin dan juga jarak pandang menjadi berkurang. Oleh karena itu, akan disampaikan tips aman mengendarai mobil di saat hujan sebagai pengingat, agar kita bisa lebih berhati-hati saat mengendarai mobil, apalagi saat musim hujan.

Berbicara tentang mobil, maka sebenarnya terdapat tiga komponen utama yang harus selalu diperhatikan sebelum mengendarai mobil, yaitu setir, ban dan juga rem. Ketiga komponen mobil ini menjadi hal penting, terutama untuk keselamatan dalam berkendara.

Mengendarai mobil di saat hujan;Tips Aman Mengendarai Mobil di Saat Hujan;Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan;
Mengendarai mobil di saat hujan (Sumber gambar: ototrend.co.id)

Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan

Sama halnya dengan tubuh, mobil juga memerlukan pengechekan yang terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Tips Mobil "Membuat Karpet Menjadi Bersih".

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar aman mengendarai mobil di saat hujan, antara lain:

  • Selalu memeriksa kondisi wiper dan juga lampu. Kedua komponen ini menjadi senjata utama saat hujan yang harus bekerja dengan baik, agar jarak pandang saat berkendara tidak terganggu.
  • Perhatikan juga tekanan ban. Hal ini diperlukan untuk menambah daya cengkeram ban pada aspal. Pengurangan tekanan ban ini bisa dilakukan dengan mengurangi satu sampai dua poin dari tekanan normal.
  • Selalu menjaga kecepatan, agar tidak terjadi pengereman mendadak. Karena pengereman mendadak yang dilakukan di jalanan yang licin akan membuat mobil yang dikendarai menjadi tidak terkendali. Hendaknya kecepatan mobil di saat hujan, tidak lebih dari 60 km/jam.
  • Apabila harus melewati genangan air, taksir dulu ketinggian air, hal ini bisa dilakukan dengan memperhitungkan batas ketinggian maksimum air yang bisa menyebabkan air masuk ke dalam kabin atau masuk ke dalam ruang pembakaran mesin melalui saringan udara.
  • Kurangilah kecerpatan apabila akan melewati genangan dengan melakukan pengereman dan segera memindahkan gigi pada titik yang lebih rendah, dan usahakan rpm di antara 1.000 sampai degan 1.500 agar air tidak masuk ke dalam knalpot.
  • Selalu amati kendaraan yang berada di depan, hal ini untuk mengantiasipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diingnkan, misalnya kendaraan di depan terperosok pada lubang, sehingga kita bisa menghindarinya.
  • Tetap perhatikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya, seperti pejalan kaki dan pengendara motor, dengan mengurangi kecepatan saat melwati genangan di dekat trotor agar tidak menimbulkan cipratan yang bisa mengenai para pejalan kaki.

Itu dia sedikit tips aman mengendarai mobil di saat hujan, semoga bermanfaat dan kita semua bisa saling waspada dalam mengendarai mobil.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Mengendarai Mobil di Saat Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel