Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”

Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti” - Satu lagi novel menarik yang harus anda miliki dan anda baca, yaitu sebuah novel tulisan Rizky Chintya, seorang penulis yang lahir di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, dan saat ini tinggal di Makarti, Kalimantan Timur, telah berhasil membuat sebuah karya menarik yang membius para pecinta novel untuk terus membaca novel hasil karyanya. Berbeda dengan novel percintaan lainnya, novel ini diselingi dengan berbagai falsafah hidup, bagaimana menghadapi masalah yang harus dihadapi, dan kisah nyata yang ada dilingkungan sekitar kita. Ivan Amanda - Pengantin Pengganti “Ketika jodoh Cuma sejengkal”, memberikan sebuah penggambaran bahwa takdir hidup tidak bisa dilawan, begitu pula dengan jodoh yang ternyata ada disebelah Ivan seorang tokoh utama dalam novel ini.

Ivan Amanda (Pengantin Pengganti)  adalah sebuah novel yang menceritakan tentang sedikit kehidupan masyarakat, apalagi saat mengetahui terjadi sebuah pernikahan antara saudara sepupu dalam pandangan keluarga, agama dan pandangan masyarakat saat terjadi pernikahan antara keluarga dekat.

Identitas Buku:

  • Judul buku: Ivan Amanda - Pengantin Pengganti
  • Nama pengarang: Rizky Chintya
  • Penerbit: CV. Biru Magenta Media.
  • Tahun terbit: 2020 (Cetakan I)
  • Ketebalan: 394 halaman.
  • Nomor edisi buku: 978-623-6661-14-7

Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”;Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”;
Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti” 

Resensi Buku – Sinopsis “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”

Sebagai sebuah novel yang mengisahkan sebuah kisah cinta yang secara tidak sengaja harus menikah, apalagi dengan keluarga dekat, novel ini menceritakan kisah dua tokoh utama sesuai judul novelnya, yaitu Ivan dan Amanda.

Kisah pengantin pengganti di awali dari cerita awal dari novel ini yang menjadi sebuah momentum luar biasa bagi keluarga Om Wahyu dan Tante Yasmin, saat mengetahui pernikahannya putranya “Ivan” harus terancam batal karena calon istri dan beserta keluarganya tidak hadir dalam upacara pernikahan yang sudah direncanakan dan dipersiapkan. Dalam kebingungan dan untuk mencegah rasa malu keluarga maka atas inisiatif Oma, nenek dari Ivan, dicarilah pengganti dari calon istri Ivan dan tanpa mengurangi rasa terkejut, tawaran Oma tersebut jatuh pada Amanda, yang merupakan adik sepupu dari Ivan. 

Sepupu jadi suami, Tante jadi mama mertua, rasanya menjadi kisah yang unik dalam novel ini. Hal ini berlaku pula dengan Amanda Salsabila binti Adrian Bagus, yang saat itu menjadi seorang pengantin, istri dari kakak sepupunya. Amanda sendiri hanyalah seorang anak yatim piatu, ayahnya meninggal saat Amanda masih bayi, dan ibunya meninggal saat Amanda berumur 5 tahun karena kanker usus. 

Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”;Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”;Resensi Buku – Sinopsis “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”;
Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti” 

Amanda sendiri digambarkan sebagai seorang gadis yang hanya lulus sekolah menengah tingkat atas, kedekatannya dan kekhawatiranya pada Oma sebagai sosok seorang nenak yang susah payah membiayai sekolah Amanda, menjadikan Amanda hanya lulus dengan nilai standar saaja. Begitu pula dengan karir, Amanda adalah tipe orang yang mudah stress saat merasa tertekan, sehingga kehadiran Oma sebagai sosok yang selalu mangayomi Amanda menjadi sangat dibutuhkan Amanda.

Begitu pula saat sudah menjalani pernikahan dengan Ivan, kakak sepupunya, kehidupan pernikahannya tidak seindah yang dibayangkan, banyak gossip yang menderanya. Peran Tante Yasmin atau saat itu sudah dipanggil dengan Mama Yasmin sebagai seorang pemberi saran yang handal, meskipun juga seorang mama yang cerewet. Bahkan saat Amanda meminta saran, hal apa yang bisa membuat Ivan suaminya agar bisa betah dan selalu ingin untuk kembali ke rumah, saran yang diberikan Mama Yasmin juga sangat menarik, yaitu “Saat papa dan masmu jauh dari rumah, kamu tahu apa pertama kali yang mereka minta saat pulang?”. Jawab Mama Yasmian, sangat singkat dan pas, yaitu “Dimasakin Mama”.

Baca juga: Resensi Buku “Hidden Wounds”.

Yang menarik dalam novel ini adalah dalam perkembangan selanjutnya adanya riak kecil dalam kehidupan pernikahan Ivan dan Amanda yaitu sejak hadirnya Linda, Sekretaris Ivan yang juga berstatus janda beranak satu yang juga mengharapkan bisa menjalin hubungan dengan Ivan sebagai atasannya.

Tentunya sebagai kisah percintaan, terdapat unsur klimaks dengan kehadiran Giovani Gazali Rahman, buah cinta Ivan dan Amanda, dan keberhasilan Ivan membeli rumah idaman dan memboyong keluarga kecil mereka di sebuah rumah idaman.

Kelebihan Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”

Selain menceritakan sebuah kisah percintaan dua saudara dekat, namun siapa yang menyangka novel ini memberikan pelajaran tentang hidup, seperti yang tercantum dalam halaman 368, yaitu:

Begitulah kehidupan berputar, bukan? Boleh jadi kemarin seseorang menangis karena tidak dihargai. Namun di masa yang akan datang bisa saja nasibnya lebih baik dari orang yang meremehkan tersebut.”

Pengorbanan Ivan untuk mendapatkan rumah impian, sama halnya seperti bisnis yang harus berproses untuk mendapatkannya, bahkan untuk mendapatkan rumah impian tersebut, Ivan harus berkorban cukup banyak, dengan seringkali lembur, menekan gaya hdup dan keinginan yang tidak terlalu mendesak, hanya berbelanja seperlunya. Bahkan berkomitmen  dengan lebih banyak menabung dengan cara berinvestasi emas. Karena logam mulia tersebut lebih mudah dijual dengan harga yang selau naik.

Kekurangan Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”

Sebagai penikmat kisah cerita, khususnya novel, sebenanya dalam alur cerita ini tidak terdapat kekurangan yang berarti, hanya tidak adanya lanjutan kisah “Amira” calon istri dan calon pengantin Ivan sebelum Amanda yang menjadi istrinya. Begitu pula dengan Linda sang Sekretaris Ivan setelah menjalani hidupnya sebagi kasir di kafe milik teman Ivan.

Semoga Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”  memberikan informasi untuk anda, yang ingin mendapatkan novel menarik karya Rizky Chintya.

 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Novel “Ivan Amanda - Pengantin Pengganti”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel