5 Kuliner Khas Probolinggo Nikmat dan Lezat

Probolinggo masih menjadi tujuan wisata yang menarik, tidak hanya berbagai wisata alamnya yang sangat bagus, namun juga wisata kuliner yang bisa kamu cicipi saat singgah di Probolinggo. Probolinggo memiliki banyak sajian kuliner, namun hanya beberapa yang menjadi kuliner khas yang selalu dicari para pecinta kuliner.

Ini dia 5 kuliner khas Probolinggo yang bisa kamu coba saat singgah di Probolinggo, dijamin pasti kangen ingin datang ke Probolinggo lagi.

1. Ketan Kratok

Salah satu sajian khas Probolinggo adalah sejenis ketan, yang sangat pas dinikmati sambil minum kopi di pagi hari. Sebenarnya olahan ketan kratok ini sama dengan olahan dari ketan lainnya, yang membedakannya hanya penambahan kacang kratok atau kacang koro, baru kemudian ditambahkan parutan kelapa dan disiram dengan cairan gula merah.

Ketan Kratok;5 Kuliner Khas Probolinggo Nikmat dan Lezat
Ketan Kratok (Sumber gambar: anomharya.com)
Buat kamu yang baru mencoba ketan kratok ini pasti agak asing dengan penambahan kacang koro, namun jangan khawatir rasanya yang gurih, dan ada rasa manis karena gula merah akan membuatmu kangen kuliner khas Probolinggo ini.

2. Rawong Nguling

Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur, dan di Probolinggo, rawon menjadi salah satu sajian utama yang selalu dicari, bahkan banyak warung dan restorang yang menyediakan sajian kuliner dengan kuah hitam dan potongan daging sapi yang empuk ini. Rawon Nguling memiliki ciri khas dengan kuahnya yang encer dan warna agak coklat dengan rasa yang agak manis, warna coklat disebabkan adanya bumbu kluwek dalam campuran bumbu rawon ini.

Rawon Nguling;
Rawon Nguling (Sumber gambar: Instagram.com/koki_lanang/)
Rawon Nguling menjadi salah satu tujuan kuliner yang bisa anda tuju setelah anda menikmati wisata alam Gunung Bromo, anda bisa turun ke daerah Tongas, dari pertigaan Tongas menuju ke arah Surabaya, anda akan menemukan sajian Rawon Nguling yang sangat terkenal.

3. Kepiting Olok

Di antara berbagai sajian kuliner khas Probolinggo yang selalu dicari adalah kepiting olok. Makanan ini selalu dicari oleh pecina kuliner sea food. Dengan bahan kepiting muda atau disebut dengan olok. Kepiting ini terlebih dahulu dikukus, kemudian daging kepiting ini diolah dengan udang, baru ditambahkan bumbu khas. Setelah matang, keptiting tersebut dimasukkan kembali ke cangkang kepiting.

kepiting olok;5 Kuliner Khas Probolinggo Nikmat dan Lezat
Kepiting Olok (Sumber gambar: putratravel.net)
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Kamu harus mencoba kuliner kepiting olok, karena baru di Probolinggo sajian kuliner khas ini ada. Dengan rasanya yang manis dan juga gurih membuatmu kecanduan kuliner kepiting ini.

4. Nasi Glepung.
Sudah pernah mencoba nasi glepung atau nasi glepungan?. Rasanya kamu harus mencoba kuliner khas Probolinggo yang satu ini. Dalam satu prosi terdapat nasi dan sari-sari jagung yang di tambahkan lauk, berupa tempe, tahu, ikan asin, dan sambal pedas.

Nasi Glepung;5 Kuliner Khas Probolinggo Nikmat dan Lezat
Nasi Glepung (Sumber gambar: makananoleholeh.com)
Bentuknya hampir sama dengan nasi campur tradisional, yang membedakan terletak pada tambahan sari jagung sebagai campuran nasi.

5. Sirup Pokak
Di antara berbagai sajian kuliner, maka minuman asli khas Probolinggo bisa kamu coba lho, jangan menganggap ini adalah minuman jamu biasa. Sirup pokak atau disebut juga dengan wedang pokak adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe, gula merah ditambah dengan kayu manis, jeruk purut, pandan dan juga cengkeh. Minuman ini memiliki khasiat yang luar biasa, yang bisa mengobati masuk angin, menurunkan kolesterol dan juga meredakan batuk.

Sirup pokak ;5 Kuliner Khas Probolinggo Nikmat dan Lezat
Sirup pokak (Sumber gambar: Instagram.com/bany_nur_usman/)
Sirup pokak saat ini sudah dikemas dengan bentuk botol, sehingga bisa menjadi oleh-oleh untuk teman dan kerabat di rumah.

Itu dia 5 kuliner khas Probolinggo nikmat dan lezat yang wajib kamu coba saat singgah di Probolinggo.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel