10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul

10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul - New normal? Masih khawatir dengan wabah pandemi virus covid-19 yang belum ada ujungnya? Rasanya berbicara tentang keinginan menikmati traveling menjadi hal yang paling diimpikan, apalagi setelah wabah virus corona menyerang seluruh dunia, begitu juga di Indonesia. Sudah hampir 3 (tiga) bulan wabah ini masih menghantui kehidupan masyarakat. Dan sangat bersyukur, saat ini wabah virus ini sudah mulai bisa dicegah dengan perilaku hidup sehat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kebiasaan menjaga gaya hidup sehat, perlahan namun pasti tempat wisata mulai dibuka sedikit demi sedikit, begitu pula destinasi wisata di Yogyakarta, meskipun tidak semuanya, namun mulai hari ini anda sudah bisa membuat daftar kunjungan tenpat wisata mana saja yang bisa anda kunjungi setelah kebijakan penutupan tempat wisata tersebut dicabut.

Diantara daerah di Yogyakarta yang banyak memiliki tempat wisata menarik, salah satunya adalah Gunung Kidul. Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam bagian Daerah Istimewa Yogyakarta, dan pusat pemerintahan Kabupaten Gunung Kidul terletak di Kapanewon Wonosari. Kabupaten Gunung Kidul sendiri berbatasan dengan Klaten dan Sukoharjo di sebelah utara, dengan Kabupaten Wonogiri di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah selatan, dan berbatasan dengan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di sebelah barat.

Dengan posisinya yang berada di sisi sebelah selatan Yogyakarta, membuat Gunung Kidul memiliki pantai berbatu, namun jangan salah sangka, meskipun pantai di Gunung Kidul banyak yang berbatu namun memiliki keindahan yang luar biasa. Dari banyak keindahan yang dimiliki Gunung Kidul maka kebanyakan wilayah Gunung kidul mayoritas berupa pegunungan kapur dan perbukitan yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu.

10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul

Terdapat 10 destinasi wisata Gunung Kidul yang bisa menjadi bagian kunjungan, saat anda melakukan traveling ke Yogyakarta, antara lain:
  1. Goa Pindul.
  2. Pantai Jogan.
  3. Goa Gelatik Lorong Sewu.
  4. Gunung Api Purba Nglanggeran.
  5. Lembah Karst Mulo.
  6. Pantai Timang.
  7. Air Terjun Sri Gethuk.
  8. Pantai Nglambor.
  9. Pantai Indrayanti. 
  10. Goa Jomblang. 

1. Goa Pindul.

Sebagai salah satu tujuan wisata yang terkenal di Yogyakarta, nama Goa Pindul sudah tidak diragukan lagi. Goa Pindul berlokasi di Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Wisata Goa Pindul menjadi sebuah tempat wisata yang menarik, karena menawarkan cave tubing dan juga pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah.

Goa Pindul ;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Goa Pindul (Sumber gambar: pindul.net)
Terdapat beberapa paket wisata yang bisa dinikmati disini, seperti paket cave tubing Goa Pindul, paket susur Goa Gelatik, paket susur Goa Batu dan paket river tubing Sunyai Oyo. Tentunya sayang kalau melewatkan keseruan menikmati wisata di Yogyakarta tanpa menikmati indahnya berbagai paket wisata di Goa Pindul.

2. Pantai Jogan.

Satu lagi tujuan wisata Yogyakarta yang harus disinggahi yaitu Pantai Jogan. Di Pantai Jogan anda akan mendapatkan suguhan yang menarik yaitu berupa keindahan air terjun dan pantai dalam satu kawasan, ditambah dengan keindahan tebing-tebing di sisi pantai. Bahkan dari tebing tersebut bisa melihat keindahaan air terjun yang berasal dari sungai dan langsung jatuh ke pantai.

Air terjun di Pantai Jogan;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Air terjun di Pantai Jogan (Sumber gambar: pantainesia.com)
Pantai Jogan ini berada di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Di Pantai Jogan banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan, seperti rappeling, menuruni tebing-tebing, menikmati sajian kuliner nikmat dan juga mengabadikan panorama yang indah.

3. Goa Gelatik Lorong Sewu.

Menikmati wisata sambil menyusuri keindahan gua menjadi sensasi tersendiri, hal ini juga akan anda dapatkan bila anda menikmati wisata di Goa Gelatik Lorong Sewu. Goa ini berada di Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Goa Gelatik adalah tempat wisata baru, yang ditemukan tahun 2014 lalu. Goa ini dinamakan Goa Gelatik, karena pada saat pertama kali ditemukan, goa ini berada di bawah permukaan tanah dan pada pintu masuk banyak dihinggapi burung gelatik. Dan untuk nama lorong sewu berasal dari sebutan masyarakat, saat dilakukan penelusuran, goa ini memiliki 7 lapis goa di dalamnya.

Goa Gelatik Lorong Sewu;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Goa Gelatik Lorong Sewu  (Sumber gambar: alodiatour.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo.

Terdapat aktivitas menarik yang bisa dilakukan di goa ini yaitu wisata carving atau wisata susur goa. Wisata Goa Gelatik ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tantangan, namun untuk lebih aman, anda bisa menggunakan jasa pemandu goa.

4. Gunung Api Purba Nglanggeran.
Ada yang menarik di Gunung Kidul, tentunya sebuah tempat wisata yang disebut dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, gunung ini sebenarnya sebuah gunung yang pernah aktif seperti gunung lainnya sekitar 60 juta sampai 70 juta tahun lalu, namun saat ini gunung ini sudah tidak aktif lagi. Saat anda berkunjung ke tempat ini, anda tidak akan menemukan bentuk gunung seperti gunung sebenarnya, namun hanya dapat melihat bentuk gugusan batuan raksasa yang tinggi dan menjulang dan sudah ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Gunung Api Purba Nglanggeran;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Gunung Api Purba Nglanggeran (Sumber gambar: nglanggeran-patuk.desa.id)
Gunung Api Purba Nglanggeran in berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Gunung ini terletak di kawasan karst Baturagung yang tersusun atas batuan beku berupa breksi andesit dan lava.

5. Lembah Karst Mulo.
Tempat wisata yang satu ini adalah tepat wisata yang uniuk yang berada di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Lembah Karst Mulo atau yang juga disebut dengan Lembah Ngingrong adalah bagian dari 13 situs Geopark Gunugsewu yang diakui Global Geopark Network.

Lembah Karst Mulo ;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Lembah Karst Mulo (Sumber gambar: sportourism.id)
Ada yang menarik dengan Lembah Krast Mulo ini, kalau biasanya sebuah lembah yang merupakan bentangan alam terbentuk karena faktor geologis, berbeda dengan Lembah Karst Mulo yang telah terjadi sejak ribuan tahun lalu di Pegunungan Karst Desa Mulo, yang berbentuk cekungan dan juga merupakan sebuah tempat penyerapan air melalui celah-celah, sehingga air yang diserap menjadi semakin banyak dan menjadikan cekungan tersebut bertambah lebar.

6. Pantai Timang.
Satu lagi tujuan wisata yang harus anda kunjungi yaitu Pantai Timang, yang berlokasi di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Salah satu yang menarik saat mengunjungi pantai ini adalah keberadaan bukit Karang di PuLau Timang, keunikan lain yang bisa anda nikmati di pantai ini adalah saat menuju ke bukit karang dengan naik gondola atau kereta gantung yang akan meMberikan sensasi dan keunikan tersendiri.

Pantai Timang;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Pantai Timang (Sumber gambar: instagram.com/fenirose/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Bantul.

Kereta gantung ini sebenarnya adalah alat yang digunakan oleh para nelayan untuk mencari lobster disebuah pulau di seberang Pantai Timang, dan karena besarnya ombak di pantai selatan ini dan juga banyaknya karang yang tidak memungkinkan para nelayan untuk membawa perahu ke pulau karang tersebut.

7. Air Terjun Sri Gethuk.
Nama yang unik, menjadi daya tarik tersendiri saat penasaran ingin ke tempat wisata yang satu ini, Air Terjun Sri Gethuk, menjadi sebuah tempat wisata yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Air Terjun Sri Gethuk;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Air Terjun Sri Gethuk (Sumber gambar: datawisata.com)
Nama tempat wisata ini sudah dikenal sejak lama meskipun tempatnya agak tersembunyi. Warga sekitar air terjun sering menyebut air terjun ini dengan air terjun Slempret karena berada dikawasan Slempret.

8. Pantai Nglambor.
Satu lagi wisata pantai yang bisa dikunjungi yaitu Pantai Nglambor yang berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Tentunya terdapat hal berbeda yang bisa anda lakukan di pantai ini, anda bisa berenang sekaligus melakukan aktivitas yang menyenangkan yaitu snorkeling.

Pantai Nglambor; 10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Pantai Nglambor (Sumber gambar: Instagram.com/hakimsatrio)
Jangan khawatir saat berenang di pantai ini, karena Pantai Nglambor lokasinya sangat menguntungkan karena terlindung dari pulau karang, sehingga aman saat berenang dan melakukan snorkeling. Hal ini dikarenakan adanya dua bukit karang di tengah laut yang berbentuk seperti kura-kura.

9. Pantai Indrayanti.
Di antara wisata pantai yang ada di Yogyakarta, maka Pantai Indrayanti menjadi pantai yang lebih banyak dikenal oleh para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara. Pantai ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik pantai ini terletak pada hamparan pasir putihnya yang eksotis.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sleman.

Pantai Indrayanti;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Pantai Indrayanti (Sumber gambar: piknikasik.com)
Di Pantai Indrayanti anda bisa menikmati keindahan pantai dan menikmati keindahan laut sambil duduk santai di gazebo yang disediakan oleh pengelola, selain itu juga disediakan jet sky yang disediakan oleh pengelola pantai.

10. Goa Jomblang. 
Goa Jomblang menjadi wisata terakhir yang dibahas dalam blog ini, tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tantangan. Bagaimana tidak? Untuk bisa mencapai masuk ke dalam Goa Jomblang anda harus menggunakan tali untuk mencapai bagian dasar goa. Goa ini memiliki kedalaman 15 meter sampai 80 meter. Goa Jomblang ini berada di pegunungan karst di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul.

Goa Jomblang;10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul
Goa Jomblang (Sumber gambar: hargatiket.net)
Menarik sekali membicarakan “10 Top Destinasi Wisata Gunung Kidul” ini, apalagi kebanyakan tempat wisata tersebut adalah tempat wisata menarik yang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Minimal informasi tersebut bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata ke Gunung Kidul Yogyakarta.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel