10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo

Yogyakarta masih menjadi tujuan wisata yang menarik, tidak ada rasa bosan untuk menikmati semua daerah di tempat ini. Semua hal tentang Yogya selalu membuat kangen, entah hanya sekedar duduk santai menikmati suasana di Malioboro atau menikmati keindahan alam di tempat wisata, semuanya sangat menyenangkan. Setelah kemarin sempat membahas tempat wisata  di daerah Bantul dan Sleman, kini saatnya membahas tempat wisata lainnya yaitu Kulon Progo. Kulon Progo, baru-baru ini menjadi sorotan karena tempat wisatanya yang sangat indah dan memiliki tempat wisata alam yang masih asri. 10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo  ini, mencoba sedikit menelusuri keindahan wisata di Kulon Progo, meskipun tidak semua dibahas dalam artikel ini.

Kulon Progo merupakan kabupaten yang masuk dalam bagian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas daerah 586,3 km2, dan  Wates menjadi ibukota dari Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten ini berbatasan dengan Bantul dan Sleman di sebelah timur, dengan Purworejo di sebelah barat, dengan Samudra Hindia di sebalah selatan, dan di sebelah utara berbatasan dengan Magelang.

Saat ini, Kulon Progo mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai daerah yang juga memulai mengembangkan tempat wisatanya, sedangkan tema yang diusung adalah “Kulon Progo the Jewel of Java”, cukup memberikan data tarik tersendiri bagi para wisatawan.

10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo

Berikut 10 destinasi wisata Kulon Progo yang bisa menjadi referensi tempat wisata di Yogyakarta, sebagai berikut:
  1. Kalibiru.
  2. Pantai Glagah.
  3. Waduk Mini Kleco.
  4. Bukit Ngisis.
  5. Gardu Pandang Gunung Gajah.
  6. Air Terjun Grojogan Sewu.
  7. Air Terjun Sidoharjo.
  8. Kedung Pedut.
  9. Taman Sungai Mudal.
  10. Embung Banjaroya. 

1. Kalibiru.

Ini dia tempat wisata yang selalu menjadi favorit di Yogyakarta, yaitu Kalibiru, yang memiliki spot foto panggung yang luar biasa. Tempat wisata ini berada di Perbukitan Menoreh, di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap yang memiliki ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, yang merupakan Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan.

Kalibiru;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Kalibiru (Sumber gambar: instagram.com/m_taufiq2201)
Di atas puncah Bukit Menoreh, anda bisa melihat pemandangan indah seperti deretan Perbukitan Menoreh dan juga ombak pantai selatan dari kejauhan. Di tempat wisata ini juga terdapat prasasti batu, menara pandang dan juga fly over.

2. Pantai Glagah.

Ini dia salah satu wisata alam yang tetap digemari di tengah munculnya tempat wisata baru di Kulon Progo, yaitu Pantai Glagah, pantai ini berada di Desa Glagah, Temon, Kulon Progo. Meskipun tempat wisata lama, namun keindahan pantai ini, tetap memiliki magnet dan menjadi ikon wisata di Kulon Progo.

Pantai Glagah;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Pantai Glagah (Sumber gambar: pantainesia.com)
Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dibanding pantai lainnya dengan hamparan pasir besinya yang indah, memiliki laguna yang pas untuk dijadikan sebagai wisata air, dan juga memiliki perkebunan buah naga yang bisa anda kunjungi.

3. Waduk Mini Kleco.

Ada yang menarik dengan tempat wisata yang satu ini, Waduk Mini Kleco atau disebut juga dengan “Waduk Mini Embung Kleco” adalah sebuah wisata buatan yang berada di Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecataman Girimulyo, Kulon Progo atau tepatnya berada di salah satu puncak bukit Perbukitan Menoreh.

Waduk Mini Embung Kleco;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Waduk Mini Embung Kleco (Sumber gambar: tuguwisata.com)
Waduk ini termasuk salah satu tempat wisata baru, anda bisa menikmati suasana santai, tenang dan syahdu di Waduk Kleco ini. Di tempat ini, anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah karena berada di atas Perbukitan Menoreh.


4. Bukit Ngisis.

Bukit Ngisis adalah salah satu obyek wisata menarik di Kulon Progo yang memberikan keindahan alam dari sebuah puncak pegunungan. Obyek wisata ini terletak di Kebun Teh Nglinggo, Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Diberi nama ngisis karena tempat ini memiliki udara yang sejuk, dalam Bahasa Jawa, kata Ngisis berarti sebuah aktivitas untuk mencari angin yang sejuk.

Bukit Ngisis ;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Bukit Ngisis  (Sumber gambar: instagram.com/indaaholshopjogja/)
Di tempat wasata ini,  anda bisa menikmati suasana pedesaan yang unik beserta perkebunan teh, dan menikmati sunrise dan sunset dengan menggunakan gardu pandang sambil berfoto dengan background pemandangan yang sangat indah.

5. Gardu Pandang Gunung Gajah.

Gardu Pandang Gunung Gajah, ditempat ini anda bisa menikmati panorama indah Perbukitan Menoreh dengan bentuk bukit seperti kepala gajah menjadi salah satu spot yang menarik untuk dinikmati. Tempat wisata ini berada di Jalan Sermo – Girimulyo, Donorejo, Kaligesing atau disebelah barat Desa Wisata Kalibiru.

Gardu Pandang Gunung Gajah;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Gardu Pandang Gunung Gajah  (Sumber gambar: instagram.com/suzanese/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Bantul.

Meskipun termasuk wisata baru, anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan yang menawan.

6. Air Terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun Grojogan Sewu  ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatam Girmulyo, Kulon Progo. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan air terjun bertingkat, tempat ini merupakan wisata yang baru dibuka tahun 2014.

Air Terjun Grojogan Sewu;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Air Terjun Grojogan Sewu (Sumber gambar: instagram.com/grojogansewu_kp/)
Air terjun ini tergolong masih alami, karena masih alami menjadikan fasilitas yang ada di tempat wisata ini masih belum lengkap seperti tempat wisata lainnya.

7. Air Terjun Sidoharjo.

Air Terjun Sidoharjo ini berada di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata di Kulon Progo  yang memiliki tebing tertinggi di Yogyakarta.

Air Terjun Sidoharjo;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Air Terjun Sidoharjo (Sumber gambar: instagram.com/jogjatripstory/)
Air terjun Sidoharjo memiliki ketinggian 75 meter dan juga disebut dengan Air Terjun Perawan, karena yang menemukan air terjun ini pertama kali adalah seorang gadis dari Sidoharjo.

8. Kedung Pedut.

Kedung Pedut adalah air terjun yang memiliki keindahan yang eksotis di Pegunungan Menoreh. Yang menarik, tempat wisata ini memiliki keindahan dengan air terjunnya yang memiliki dua warna, yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Warnanya yang sangat unik yaitu biru toska dan putih jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang.

Kedung Pedut ; 10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Kedung Pedut (Sumber gambar: instagram.com/riadita119/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sleman.

Meskipun  perjalanan menuju tempat wisata ini agak berat, namun beratnya perjalanan terobati dengan keindahan air terjun Kedung Pedut yang sangat cantik ini.

9. Taman Sungai Mudal.

Tempat wisata yang satu ini adalah sebuah taman sungai yang berupa kolam pemandian yang airnya sangat jernih dengan warna biru toska. Air di pemandiaan ini berasal dari mata air Mudal. Pesona keindahannya menjadikan para wisatawan datang untuk menikmati suasana di tempat wisata ini.

Taman Wisata Sungai Mudal;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Taman Wisata Sungai Mudal  (Sumber gambar: camerawisata.com)
Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal ini berada di Dusun Mudal, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Di tempat ini sudah disediakan berbagai fasilitas temat wisata danjuga arena bermain seperti flying fox, river tubing dan juga berbagai fasilitas lainnya.

10. Embung Banjaroya. 

Ini dia salah satu tempat wisata yang unik, yaitu Embung Banjaroya, yang merupakan sebuah waduk mini di atas ketinggian dengan suasana perbukitan yang indah. Waduk ini berada di atas ketinggian Kalibawang, Kulon Progo, tepatnya di Jalan Kalibawang-Sendangsono, Banjaroyo, Kulon Progo.

Embung Banjaroya;10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo
Embung Banjaroya (Sumber gambar: dinpar.kulonprogokab.go.id)
Terdapat hal yang unik yaitu adanya patung durian berukuran besar di pintu masuk waduk, yang menandakan bahwa Daerah Kalibawang adalah sentra penghasil Durian Menoreh terbaik di Yogyakarta. Ukuran waduk ini memang tidak besar karena hanya untuk menampung kelebihan air hujan di musim penghujan dan bisa digunakan saat musim kemarau, khususnya untuk pertanian, perkebunan dan kebutuhan masyarakat lainnya.

Tertarik berkunjung ke Kulon Progo?. Semoga 10 Top Destinasi Wisata Kulon Progo ini  bisa menjadi referensi wisata saat anda berkunjung ke Yogyakarta.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel